Jelaskan Pengertian Warga Negara

Jelaskan Pengertian Warga Negara

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Warga Negara

Jelaskan Pengertian Warga Negara

Jelaskan Pengertian Warga Negara?

Pengertian WARGA NEGARA secara hukum di sebutkan langsung di dalam Pasal 26 ayat (1) Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Pasal 26 ini adalah pasal yang masuk ke dalam BAB X mengenai warga negara dan penduduk.

Mari Kita Bahas Bersama Jawaban Soal : Warga Negara

Yang di maksud dengan WNI dalam Pasal 1 adalah bahwa mereka adalah penduduk asli bangsa Indonesia maupun yang berasal dari bangsa lain tetapi secara sah dinyatakan sebagai warga negara Indonesia menurut undang-undang.

Warga negara ini terdaftar sebagai penduduk bersama dengan orang asing yang saat ini tinggal di Indonesia. Semua warga negara mempunyai kedudukan yang sama di depan hukum dan pemerintah.

Warga negara adalah orang yang memiliki hubungan hukum dengan suatu negara. Dalam hukum internasional, warga negara merupakan individu yang memiliki kewarganegaraan suatu negara dan di akui oleh negara tersebut sebagai warga negaranya. Warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di depan hukum dengan warga negara lainnya di negara tersebut.

Di Indonesia, warga negara adalah orang yang memiliki kewarganegaraan Indonesia dan diakui sebagai warga negara Indonesia oleh hukum. Warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama di depan hukum dengan warga negara Indonesia lainnya.

Secara umum, warga negara memiliki hak untuk memperoleh perlindungan dari negara tempat ia menjadi warga negara, hak untuk memperoleh pelayanan dasar dari negara, hak untuk memilih dan di pilih dalam pemilihan umum, dan hak untuk mendapatkan keadilan di depan pengadilan. Warga negara juga memiliki kewajiban untuk mematuhi hukum yang berlaku di negara tersebut, membayar pajak, dan memenuhi kewajiban lain yang di tetapkan oleh hukum.

Detil Jawaban

Kelas          : 3 SMP

Mapel         : PPKN

Bab             : Pembelaan Negara

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih