Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas lengkap peta 14 desa

- Author

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kedungbanteng adalah sebuah kecamatan yang secara administrasi berada di bawah pemerintahan Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Di mana secara geografis kecamatan ini berada diantara 109⁰ 10′ 37″ hingga 109⁰ 13′ 39″ BT dan 7⁰ 15′ 3″ hingga 7⁰ 24′ 42″ LS.

Batas wilayahnya sebagai berikut:

  • sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tegal
  • sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Baturraden dan Kecamatan Purwokerto Utara
  • sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Purwokerto Barat
  • sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Karangwelas dan Cilongok

Peta kecamatan Kedungbanteng

Dengan peta kecamatan Kedungbanteng yang kami lampirkan di bawah ini, anda dapat dengan menemukan dimana letak kecamatan tersebut, pembagian wilayah beserta batas-batasnya.

Peta lokasi

Dengan peta lokasi di bawah ini, anda dapat dengan mudah menemukan letak atau lokasi kecamatan Kedungbanteng jika dilihat dari peta kabupaten secara keseluruhan.

peta lokasi Kecamatan Kedungbangteng

Peta administrasi

Dengan peta di bawah ini anda akan menemukan seberapa luas kecamatan Kedungbanteng, pembagian wilayahnya, beserta batas-batas wilayah masing-masing desa.

peta Kecamatan Kedungbangteng

Pembagian wilayah

Kecamatan Kedungbanteng dibagi menjadi 14 wilayah desa/kelurahan, daftar desanya sebagai berikut:

  1. Desa Baseh
  2. Desa Beji
  3. Desa Dawuhan Kulon
  4. Desa Dawuhan Wetan
  5. Desa Kalikesur
  6. Desa Kalisalak
  7. Desa Karangnangka
  8. Dea Karangsalam Kidul
  9. Desa Kebocoran
  10. Desa Kedungbanteng
  11. Desa Keniten
  12. Desa Kutaliman
  13. Desa Melung
  14. Desa Windujaya

Profil

Kecamatan Kedungbanteng merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Wilayah kecamatan ini memiliki karakteristik yang unik dan potensi yang beragam untuk dikembangkan.

Baca juga  Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 6 desa

Lokasi dan Luas Wilayah

Kecamatan Kedungbanteng terletak di bagian barat Kabupaten Banyumas. Secara geografis, kecamatan ini berada diantara 109⁰ 10′ 37″ hingga 109⁰ 13′ 39″ BT dan 7⁰ 15′ 3″ hingga 7⁰ 24′ 42″ LS.

Luas wilayah Kecamatan Kedungbanteng mencapai sekitar 100 kilometer persegi, menjadikannya sebagai salah satu kecamatan terluas di Kabupaten Banyumas.

Wilayah kecamatan ini berbatasan berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal di bagian utara, Kecamatan Baturraden dan Kecamatan Purwokerto Utara di bagian timur, Kecamatan Purwokerto Barat di bagian selatan dan Kecamatan Karangwelas dan Cilongok di bagian barat.

Dengan letaknya yang strategis, Kecamatan Kedungbanteng menjadi titik penting dalam pengembangan wilayah bagi Kabupaten Banyumas.

Wilayah Administratif

Dalam tata kelola administrasi pemerintahan, Kecamatan Kedungbanteng terbagi menjadi 14 desa dan keluarahan, baca di atas.

Masing-masing desa memiliki potensi dan kekhasan sendiri dalam hal sumber daya alam, budaya, serta masyarakatnya. Dengan pembagian wilayah administratif yang teratur, kecamatan ini mampu mengelola potensi yang dimiliki secara lebih efektif.

Kondisi Geografis

Sebagian besar wilayah Kecamatan Kedungbanteng merupakan dataran rendah yang subur. Tanah di kecamatan ini sangat cocok untuk dijadikan lahan pertanian. Penduduk setempat banyak yang bermata pencaharian sebagai petani karena potensi pertanian di wilayah ini sangat besar.

Selain itu, kecamatan ini juga dilintasi oleh sungai-sungai kecil yang memperkaya sumber daya air sehingga membantu dalam irigasi pertanian. Keadaan geografis yang demikian memberikan peluang yang besar dalam pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Kecamatan Kedungbanteng.

Pendidikan

Tahukah kamu bagaimana kondisi pendidikan di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas? Ternyata, di daerah ini terdapat beragam tantangan dan potensi yang menarik untuk diungkap. Mari telaah bersama-sama bagaimana dunia pendidikan di kawasan ini memberikan dampak yang besar bagi masyarakatnya.

Baca juga  Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 16 desa

Di Kecamatan Kedungbanteng, pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang secara aktif dikembangkan. Sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas, Kedungbanteng memiliki beragam jenis sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas.

Pendidikan di kecamatan ini diawasi oleh Dinas Pendidikan setempat untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan berjalan dengan baik.

Jumlah Sekolah

Jumlah sekolah di Kecamatan Kedungbanteng terhitung cukup banyak, mencakup tingkat pendidikan dari SD, SMP, hingga SMA. Dengan total sekolah mencapai ratusan, kebutuhan pendidikan masyarakat di kecamatan ini bisa terpenuhi.

Sekolah-sekolah ini tersebar di berbagai desa dan dusun di Kedungbanteng, memudahkan akses pendidikan bagi seluruh warga kecamatan.

Fasilitas Pendidikan

Fasilitas pendidikan di Kecamatan Kedungbanteng sudah cukup lengkap dan memadai. Setiap sekolah dilengkapi dengan ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, laboratorium, serta ruang guru.

Selain itu, beberapa sekolah juga memiliki fasilitas tambahan seperti lapangan olahraga, taman bermain, dan aula untuk kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih beragam dan komprehensif bagi para siswa.

Program Pendidikan Unggulan

Di Kecamatan Kedungbanteng, beberapa sekolah memiliki program unggulan yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Salah satu program unggulan yang sering ditemui adalah program bimbingan belajar.

Program ini dirancang khusus untuk membantu siswa meningkatkan prestasi akademik mereka. Melalui bimbingan belajar, para siswa mendapatkan tambahan pembelajaran dan dukungan yang dibutuhkan untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Potensi Pendidikan

Prestasi Siswa

Siswa di Kecamatan Kedungbanteng seringkali meraih prestasi baik di tingkat lokal maupun nasional, menunjukkan potensi pendidikan yang baik di kecamatan tersebut. Dengan dukungan guru yang berkualitas dan motivasi yang tinggi, para siswa di Kecamatan Kedungbanteng mampu bersaing dengan baik dalam berbagai kompetisi pendidikan.

Baca juga  Apa Potensi Wisata Alam di Kecamatan Purworejo Klampok Kabupaten Banjarnegara?

Prestasi siswa tidak hanya terbatas pada bidang akademis, tetapi juga dalam bidang non-akademis seperti olahraga, seni, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Hal ini menunjukkan komitmen pendidikan yang kuat di kecamatan tersebut.

Kerjasama dengan Pihak Eksternal

Pendidikan di Kecamatan Kedungbanteng juga didukung oleh kerjasama dengan pihak eksternal, seperti perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya. Melalui kerjasama ini, siswa dan guru di Kecamatan Kedungbanteng dapat mengakses sumber daya dan informasi tambahan yang mendukung proses pembelajaran.

Perguruan tinggi seringkali memberikan pembinaan dan pelatihan kepada guru di kecamatan tersebut, sehingga guru dapat terus meningkatkan kualitas mengajar mereka. Selain itu, lembaga pendidikan lainnya juga turut berperan dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada sekolah-sekolah di Kecamatan Kedungbanteng.

Kerjasama ini membuktikan bahwa pendidikan di kecamatan tersebut tidak terisolasi, tetapi terhubung dengan ekosistem pendidikan yang lebih luas.

Program Pengembangan

Terdapat program pengembangan pendidikan di Kecamatan Kedungbanteng yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan potensi siswa di kecamatan tersebut. Program-program tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari peningkatan infrastruktur sekolah, pelatihan guru, pendistribusian bantuan pendidikan, hingga pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal.

Salah satu contoh program pengembangan adalah program pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi namun kurang mampu, sehingga mereka tetap dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, program pengembangan juga mencakup peningkatan sarana dan prasarana sekolah, seperti laboratorium komputer, perpustakaan, dan fasilitas olahraga. Dengan adanya program pengembangan ini, diharapkan potensi pendidikan di Kecamatan Kedungbanteng dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat setempat.

Berita Terkait

Tentang Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Wonosobo di Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 09:00 WIB

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:47 WIB

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:25 WIB

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 April 2024 - 17:10 WIB

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 10:13 WIB

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 09:51 WIB

Peta Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:56 WIB

Peta Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:40 WIB

Peta Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah

Berita Terbaru

Gambar Peta

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 09:00 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:47 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:25 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 Apr 2024 - 17:10 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 Apr 2024 - 10:13 WIB