Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas lengkap peta dan 12 desa

- Author

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kebasen adalah kecamatan yang secara administratif berada dibawah pemerintahan Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Dimana secara geografis kecamatan ini berada diantara 109⁰ 10′ 5″ hingga 109⁰ 16′ 33″ BT dan 7⁰ 29′ 28″ hingga 7⁰ 35′ 33″ LS.

Batas wilayahnya sebagai berikut:

  • sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Patikraja
  • sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Banyumas dan Kecamatan Kemranjen
  • sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Cilacap
  • sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Rawalo

Peta Kecamatan Kebasen

Dengan peta Kecamatan Kebasen yang kami lampirkan di bawah ini, anda akan dapat menemukan lokasi, pembagian dan batas wilayah.

Peta lokasi

peta lokasi Kecamatan Kebasen

Peta administratif

peta Kecamatan Kebasen

Pembagian wilayah

Kecamatan Kebasenterdiri dibagi menjadi 12 wilayah desa/kelurahan, adapun masing-masing desa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Desa Adisana
  2. Desa Bangsa
  3. Desa Cindaga
  4. Desa Gambarsari
  5. Desa Kalisalak
  6. Desa Kaliwedi
  7. Desa Karangsari
  8. Desa Kebasen
  9. Desa Mandirancan
  10. Desa Randegan
  11. Desa Sawangan
  12. Desa Tumiyang

Profil

Kecamatan Kebasen terletak di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Patikraja di bagian utara, Kecamatan Banyumas dan Kecamatan Kemranjen di bagian timur, Kabupaten Cilacap di bagian selatan dan Kecamatan Rawalo di bagian barat.

Lokasi Geografis

Kecamatan Kebasen terletak di bagian selatan Kabupaten Banyumas. Wilayah Kebasen memiliki luas sekitar 50,32 km². Secara geografis, Kebasen berada di koordinat diantara 109⁰ 10′ 5″ hingga 109⁰ 16′ 33″ BT dan 7⁰ 29′ 28″ hingga 7⁰ 35′ 33″ LS.

Dengan topografi berupa dataran rendah dan sedikit berbukit, kecamatan ini memiliki potensi pertanian yang cukup baik. Sungai-sungai kecil juga mengalir di sepanjang wilayah Kebasen, seperti Sungai Serayu yang membelah kecamatan ini.

Baca juga  Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Penduduk dan Kultur

Kecamatan Kebasen memiliki jumlah penduduk yang cukup padat, dengan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang.

Masyarakat Kebasen terkenal akan adat dan tradisi yang kental, seperti upacara adat dalam merayakan hari besar keagamaan dan kebudayaan. Selain itu, seni dan budaya Jawa juga masih tetap dilestarikan di kecamatan ini, seperti tarian, musik tradisional, dan kesenian lainnya.

Potensi Pendidikan

Tahukah kamu apa yang menjadi peran penting pendidikan di Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas? Pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam perkembangan suatu daerah, termasuk Kecamatan Kebasen.

Dengan adanya sistem pendidikan yang baik, diharapkan masyarakat setempat dapat meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan generasi yang cerdas dan berdaya saing.

Selain itu, pendidikan juga berperan dalam mengangkat potensi-potensi lokal yang ada di kecamatan ini. Mari kita telusuri lebih jauh peran pendidikan di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas!

Meskipun termasuk kecamatan yang tergolong kecil, Kebasen memiliki potensi pendidikan yang cukup baik. Terdapat beberapa sekolah dasar, menengah, dan lembaga pendidikan lainnya yang berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah tersebut.

Beberapa di antaranya adalah SDN Kebasen, SMPN Kebasen, dan SMAN Kebasen. Selain itu, terdapat juga lembaga pendidikan non-formal seperti sanggar seni dan kursus-kursus keterampilan yang memberikan peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi diri.

Fasilitas Umum

Puskesmas dan Kesehatan

Kecamatan Kebasen dilengkapi dengan Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi penduduk. Puskesmas ini dilengkapi dengan tenaga medis yang siap memberikan layanan medis kepada masyarakat setempat.

Selain itu, terdapat juga beberapa klinik dan apotek yang tersebar di sekitar kecamatan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Pentingnya layanan kesehatan yang mudah diakses di Kecamatan Kebasen memastikan bahwa penduduk memiliki akses yang baik terhadap perawatan kesehatan yang mereka butuhkan.

Baca juga  Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah lengkap pembagian wilayah

Pasar Tradisional

Pasar tradisional menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Kebasen. Di pasar tradisional ini, masyarakat dapat membeli berbagai jenis barang dagangan mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga produk-produk lokal yang khas.

Pasar tradisional juga menjadi tempat untuk berinteraksi sosial antarwarga dan menjaga keberlangsungan budaya lokal. Keberadaan pasar tradisional yang ramai juga menciptakan peluang usaha bagi pedagang lokal. Dengan adanya pasar tradisional, perekonomian masyarakat di Kecamatan Kebasen dapat terus berkembang.

Sarana Olahraga dan Rekreasi

Masyarakat Kebasen dapat menikmati berbagai sarana olahraga yang disediakan di kecamatan ini, seperti lapangan sepak bola dan lapangan voli. Lapangan-lapangan ini merupakan tempat berkumpul dan beraktivitas bagi warga, baik untuk berolahraga maupun untuk menyaksikan pertandingan.

Selain itu, Kecamatan Kebasen juga memiliki tempat rekreasi alam yang indah, seperti taman atau hutan yang cocok untuk menikmati waktu bersama keluarga.

Keberadaan sarana olahraga dan rekreasi ini penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental masyarakat, serta sebagai tempat melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Dengan adanya sarana olahraga dan rekreasi yang memadai, masyarakat Kebasen dapat hidup sehat dan berkualitas.

Berita Terkait

Tentang Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Wonosobo di Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah
Tentang Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 09:00 WIB

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:47 WIB

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 April 2024 - 08:25 WIB

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 April 2024 - 17:10 WIB

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 10:13 WIB

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 09:51 WIB

Peta Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:56 WIB

Peta Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 April 2024 - 07:40 WIB

Peta Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah

Berita Terbaru

Gambar Peta

Peta Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 09:00 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:47 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah

Senin, 8 Apr 2024 - 08:25 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah

Minggu, 7 Apr 2024 - 17:10 WIB

Gambar Peta

Peta Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah

Sabtu, 6 Apr 2024 - 10:13 WIB