7 Ciri puisi lama yang wajib Anda ketahui

7 Ciri puisi lama

Puisi lama adalah bentuk sastra yang telah berkembang sejak zaman dahulu dan memiliki kekhasan tersendiri dalam penyajiannya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri puisi lama yang membedakannya dari puisi modern:

1. Terikat pada Aturan dan Struktur

Puisi lama memiliki aturan yang ketat dalam penyusunannya, termasuk jumlah baris, suku kata, dan rima. Contohnya, pantun terdiri dari empat baris dengan rima akhir a-b-a-b, sedangkan syair terdiri dari empat baris dengan rima a-a-a-a.

2. Bahasa Kiasan dan Simbolis

Penggunaan bahasa dalam puisi lama sangat kental dengan kiasan dan simbol-simbol yang memiliki makna mendalam. Hal ini menjadikan puisi lama sering kali mengandung nilai-nilai moral, budaya, dan filosofi.

Baca juga: 4 Contoh Puisi Lama yang telah berkembang sejak zaman dahulu

3. Mengandung Nilai Tradisional dan Moral

Puisi lama sering kali digunakan untuk menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai tradisional. Misalnya, dalam pantun, pesan yang disampaikan biasanya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, nasehat, atau kearifan lokal.

4. Anonim dan Bersifat Lisan

Banyak puisi lama yang tidak diketahui penciptanya karena berkembang secara lisan dari generasi ke generasi. Hal ini menjadikan puisi lama sering kali bersifat anonim dan merupakan bagian dari tradisi lisan masyarakat.

5. Berkaitan dengan Upacara Adat dan Keagamaan

Puisi lama sering digunakan dalam berbagai upacara adat dan keagamaan. Misalnya, mantra yang digunakan dalam upacara ritual atau syair yang dibacakan dalam acara tertentu.

Baca juga: 10 jenis puisi lama yang terikat aturan baku

6. Menggunakan Bahasa Klasik

Bahasa yang digunakan dalam puisi lama biasanya adalah bahasa klasik yang mungkin sudah jarang digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Contohnya, penggunaan kata-kata arkais dalam pantun atau gurindam.

7. Mengandung Unsur-unsur Keindahan

Puisi lama selalu mengedepankan keindahan dalam bentuk dan makna. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan kata yang indah, rima yang harmonis, dan irama yang merdu ketika dibacakan.

Baca juga: Puisi Tentang Guru 4 Bait

Puisi lama merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan karena menggambarkan kekayaan dan keindahan sastra masa lampau. Memahami ciri-ciri puisi lama dapat membantu kita menghargai dan mengapresiasi karya-karya sastra yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *