Matahari Terbit di Sebelah Mana dan Terbenam di Sebelah

Matahari Terbit di Sebelah Mana dan Terbenam di Sebelah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Matahari Terbit di Sebelah Mana dan Terbenam di Sebelah 

 

Jawabannya adalah dari timur dan terbenam di sebelah barat.

Pembahasan detail tentang Matahari Terbit

Matahari terbit adalah proses peningkatan intensitas cahaya yang di terima dari Matahari saat muncul di ufuk timur. Ini terjadi karena rotasi Bumi membuat bagian Bumi yang menghadap Matahari bergeser keluar dari bayangan. Saat Matahari terbit, sinar matahari pertama mencapai atmosfer dan membuat suasana cerah. Waktu matahari terbit bervariasi sesuai dengan lokasi geografis dan musim.

Matahari terbit dari arah timur dan turun dari barat. Hal ini di karenakan Bumi berotasi ke arah timur, sehingga Matahari terbit dari timur.

Matahari terbenam di arah barat, karena arah barat berlawanan dengan arah timur. Dalam navigasi, arah timur di nyatakan 90⁰. Sedangkan arah barat 270⁰.

 

 

Detail Soal

Kelas: VIII

Mapel: Biologi

Materi: Bab 11 – Gerakan Bumi dan Bulan terhadap Matahari

Kata kunci: Timur, barat, matahari

 

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *