Jelaskan Letak Geografis Indonesia

Jelaskan Letak Geografis Indonesia

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Letak Geografis Indonesia

 

Jelaskan Letak Geografis Indonesia

Jelaskan Letak Geografis Indonesia

Jawab :

 

 

Letak Indonesia di nilai strategis. Karena terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia, serta di kelilingi oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Pembahasan detail letak geografis Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga di lintasi garis khatulistiwa. Secara astronomis, berdasarkan lintang dan bujur, Indonesia terletak pada 6° Lintang Utara – 11° Lintang Selatan dan 95° Bujur Timur – 141° Bujur Timur.

Letak geografis Indonesia sangat strategis karena berada di antara dua benua, yaitu daratan Asia dan daratan Australia. Juga terletak di antara dua samudera besar, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Ini adalah pertemuan dua pegunungan sirkum pasifik dan sirkum mediterania.

Batas negara Indonesia

  • Bagian utara → Selat Malaka, Malaysia Timur, Laut Cina Selatan, Filipina, Singapura dan Laut Andaman (Teluk Benggala).
  • Barat → Samudra Hindia
  • Bagian timur → Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
  • Bagian selatan → Timor Leste, Australia dan Samudra Hindia.

 

Detail Soal

Kelas : 7 SMP

Mapel : IPS

Materi : Bab 1 – Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih