Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

 

Bacaan Lainnya
Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

 

Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

A.hidrometer.
B.jembatan ponton.
C.balon udara.
D.dongkrak mobil.

 

Jawab :

 

Teknologi yang tidak menggunakan prinsip Archimedes yaitu dongkrak hidrolik. Jadi jawabannya adalah D. Dongkrak hidrolik adalah salah satu contoh teknologi yang menggunakan prinsip hukum Pascal.

Diskusi terperinci tentang prinsip Archimedes

Bunyi hukum Archimedes yaitu: “Bila suatu benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mengalami gaya yang disebut gaya apung (up force), sama dengan berat zat cair yang dipindahkannya”.

Berdasarkan hukum Archimedes, jika suatu benda dicelupkan ke dalam zat cair, akan terjadi sebagai berikut:

  1. Mengapung

Float terjadi ketika massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis cairan. Pada saat keseimbangan, gaya angkat memiliki nilai yang sama dengan berat benda.

  1. Berkendara

Drift terjadi karena nilai massa jenis benda sama dengan massa jenis zat. Daya apung zat cair sama atau hampir sama dengan berat benda.

  1. Tenggelam

Tenggelam terjadi karena massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis cairan. Gaya apung yang diberikan oleh fluida lebih kecil dari berat benda.

Aplikasi lain dari hukum Archimedes adalah sebagai berikut:

  1. Hidrometer

Hidrometer yaitu alat untuk mengukur massa jenis zat cair. Alat ini berbentuk tabung yang berisi pemberat dan ruang udara sehingga jadi mengapung tegak lurus dan segera stabil.

  1. Kapal selam

Drum besi bisa mengapung di air karena ada tangki di kapal selam yang bila diisi udara bisa mengapung di permukaan air. Saat perahu dimasukkan ke dalam air, tangki akan terisi air sehingga perahu bisa menyelam.

  1. Balon udara panas
  2. Penggunaan ponton

Detail Soal

Kelas: 8

Mapel: Fisika

Bab: Fluida

Kata kunci: hukum archimedes, massa jenis, volume, gaya tekan atas

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *