Tari Gambyong Berasal Dari Daerah

Tari Gambyong Berasal Dari Daerah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tari Gambyong Berasal Dari Daerah

Tarian tersebut berasal dari daerah Surakarta (Jawa Tengah)

Pembahasan detail tentang Tari Gambyong

Tari Gambyong adalah salah satu bentuk tarian tradisional Jawa yang berasal dari wilayah Surakarta di provinsi Jawa Tengah.

Pada awalnya tari gambyong merupakan tari yang di gunakan untuk pada upacara tradisional pertanian untuk Dewi Sri yang bertujuan untuk tanaman padi menjadi subur dan petani mendapat panen yang melimpah. Namun saat ini tari gambyong di gunakan untuk menyambut tamu yang penting dan sebagai pertunjukan wisata.

Tari gambyong di bawakan oleh para penari wanita. Pakaian dari para penari berwarna hijau dan kuning, yang seperti warna padi yang siap di panen dan melambangkan kesuburan.

 

Detail Soal

Kelas: V      

Mata Pelajaran: IPS          

Materi: Bab 3 – Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Kata kunci: Tari Gambyong

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *