Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah

Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah 

 

Bacaan Lainnya
Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah

 

Urutan Takson Yang Paling Tepat Untuk Tumbuhan Adalah 

A.) filum – kelas – genus – spesies – ordo

B.) divisi – kelas – ordo – familia – genus – spesies

C.) filum – familia – kelas – genus – spesies – ordo

D.) divisi – ordo- familia – kelas – genus – spesies

​Jawab :

 

Taksonomi berasal dari bahasa Yunani, taxis berarti susunan atau pengaturan dan nomos berarti aturan atau tata cara. Taksonomi teratas adalah Kerajaan, lalu Divisi. Urutan taksonomi yang paling lengkap adalah KINGDOM-DIVISI-kelas-ORDO-Familia-GENUS-SPESIES Berdasarkan pertanyaan tersebut, urutan taksonomi yang paling cocok untuk tumbuhan adalah B.

Pembahasan detail tentang takson tumbuhan

Pembagian klasifikasi taksonomi adalah sebagai berikut:

  1. Kingdom merupakan kelas tertinggi dalam klasifikasi makhluk hidup.Makhluk hidup terbagi menjadi lima kingdom, yaitu plantae (tumbuhan), animalia (hewan), fungi (jamur), protista dan monera
  2. Divisi/Filum merupakan salah satu tingkatan takson di bawah kingdom. Pengelompokan kategori di dasarkan pada fitur yang dominan. Perlu di tekankan bahwa divisi di gunakan untuk tumbuhan, sedangkan filum di gunakan untuk hewan. Filum pada hewan umumnya di kelompokkan berdasarkan ciri-ciri morfologi, fisiologis dan struktural. Sedangkan pembagian pada tumbuhan di kelompokkan berdasarkan kelengkapan bagiannya. Contoh: Pembelahan spermatosit (berdasarkan organ reproduksi).
  3. Kelas; Filum/divisi di bagi lagi menjadi beberapa kelas berdasarkan ciri-ciri umum, tetapi memiliki beberapa perbedaan sekunder dari prinsip dasar divisi/filum. Contoh: tumbuhan berbiji di akhiri dengan -as, tumbuhan lumut di akhiri dengan -opsida.
  4. Ordo; membagi kelas menjadi kelompok-kelompok yang lebih terspesialisasi. Contoh: urutan tumbuhan mendapat akhiran -ales: Solanales.
  5. Familia; karena anggota setiap ordo memiliki ciri khas dan spesifik, mereka di klasifikasikan dalam taksonomi keluarga. Nama famili tumbuhan berakhiran –eacea. Contoh: Cucurbitaceae.
  6. Genus; jika setiap famili memiliki ciri yang sama di antara anggotanya, maka di klasifikasikan dalam tingkat genus. Contoh: Triticum (gandum).
  7. Spesies; jika setiap genus memiliki anggota dengan jumlah ciri yang sama kemudian secara alami kawin silang dan menghasilkan organisme baru, maka di golongkan dalam takson spesies. Contoh: Solanum lycopersicum dan Rosa Multiflora.

Detail Soal

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Bab: Klasifikasi makhluk hidup

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *