15 Fungsi Dari Membran Plasma Pada Makhluk Hidup

Fungsi Dari Membran Plasma
materi.co.id

Fungsi Dari Membran Plasma sangat penting dalam sebuah sel hidup. Semua sel memiliki membran sel. Membran sel adalah selaput tipis yang mengelilingi sitoplasma sel. Fungsi membran sel sangat penting untuk melindungi keutuhan interior sel.

Membran sel, juga disebut membran plasma, ditemukan di semua sel dan memisahkan bagian dalam sel dari lingkungan luar. Fungsi membran sel adalah untuk memberikan perlindungan pada sel.

Bacaan Lainnya
Fungsi Dari Membran Plasma
i.ytimg.com

Fungsi membran sel adalah untuk memberi sel strukturnya dan untuk mengatur bahan yang masuk dan keluar sel. Membran plasma sel mendefinisikan batas-batas sel dan menentukan sifat kontaknya dengan lingkungan. Fungsi membran sel adalah untuk menopang sel dan mempertahankan bentuknya.

Berikut Fungsi Dari Membran Plasma Pada Makhluk Hidup, simak ulasannya!

Mengenal membran sel

Membran sel, juga disebut membran plasma, adalah membran tipis yang mengelilingi setiap sel hidup dan memisahkan sel dari sekitarnya. Membran plasma atau membran sel memberikan perlindungan bagi sel. Membran sel juga menyediakan lingkungan tetap di dalam sel dan memiliki berbagai fungsi.

Membran sel mengapit bagian penyusun sel, seringkali besar, larut dalam air, molekul bermuatan tinggi seperti protein, asam nukleat, karbohidrat, dan zat yang terlibat dalam metabolisme sel.

Protein dan lipid adalah komponen utama membran sel. Campuran yang tepat atau rasio protein terhadap lipid dapat bervariasi tergantung pada fungsi sel tertentu.

15 Fungsi Dari Membran Plasma Pada Makhluk Hidup

1. Melindungi sel

Fungsi Dari Membran Plasma adalah untuk melindungi keutuhan bagian dalam sel dengan membiarkan zat tertentu masuk ke dalam sel sekaligus mencegah zat lain keluar darinya. Membran sel bertindak sebagai penghalang yang mencegah penetrasi komponen sel dan zat yang tidak diinginkan dari luar.

2. Menyelubungi sel

Membran sel adalah membran yang koheren dan tidak terputus yang membatasi dan menyelubungi suatu ruang (kompartemen). Selaput sel mengelilingi seluruh isi sel, di sebelahnya ada selaput lain yang membatasi inti sel dan ruang-ruang di dalam sitoplasma.

Membran juga merupakan penghalang yang tangguh, memungkinkan beberapa zat terlarut lewat sementara menghalangi yang lain.

3.Interaksi Antar Sel

Pada organisme multiseluler, membran sel bertanggung jawab atas interaksi antar sel. Organ tubuh umumnya terdiri dari berbagai jenis sel yang harus bekerja sama untuk melakukan fungsi secara keseluruhan. Membran sel memungkinkan sel untuk mengenal satu sama lain dan kemudian bertukar bahan dan informasi, terlepas dari apakah sel digunakan di lokasi tertentu, misalnya dari jaringan.

4. mengatur pertumbuhan sel

Fungsi Dari Membran Plasma yang lain adalah mengatur pertumbuhan sel melalui keseimbangan antara endositosis dan eksositosis. Selama endositosis, lipid dan protein dikeluarkan dari membran sel saat zat diinternalisasi. Selama eksositosis, vesikel yang mengandung lipid dan protein menyatu dengan membran sel, menyebabkan sel bertambah besar.

5. transmisi informasi

Fungsi Dari Membran Plasma adalah untuk mengirimkan informasi dari satu sel ke sel lainnya. Di dalam membran terdapat reseptor yang dapat berasosiasi dengan molekul tertentu dengan bentuk yang sesuai, sehingga mereka selalu berasosiasi dengan substrat yang sesuai.

Sel yang berbeda memiliki membran dengan reseptor yang berbeda, sehingga berbagai jenis reseptor bergabung dengan ligan yang berbeda. Ligan adalah molekul atau ion yang dapat bergabung dengan reseptor pada membran.

6. Sebagai perantara

Membran sel merupakan mediator untuk keluar masuknya zat terlarut. Kemampuan membran plasma untuk mengangkut zat tertentu ke dalam atau ke luar sel tetapi membatasi pergerakan zat tertentu disebut permeabilitas selektif. Sebuah membran harus permeabel terhadap zat ini.

7. pembawa reseptor

Fungsi Dari Membran Plasma juga membawa reseptor, yang merupakan tempat pengikatan zat-zat tertentu yang berinteraksi dengan sel. Setiap reseptor terstruktur untuk mengikat zat tertentu. Misalnya, reseptor pada permukaan membran menyebabkan perubahan internal, seperti perubahan enzim pada jalur metabolisme. Jalur metabolisme ini dapat menjadi penting untuk mengisi bahan bakar sel, mengubah zat tertentu di dalam sel, atau memecah limbah seluler atau racun untuk diekskresikan.

8. Transportasi melintasi membran sel

Bagian penting dan berkelanjutan dari kehidupan sel adalah mengambil nutrisi dan membuang limbah. Semua ini harus melewati membran sel. Misalnya, zat tertentu harus masuk ke dalam sel untuk mendukung kehidupan sel, tetapi di sisi lain, produk limbah yang dihasilkan oleh metabolisme sel harus dikeluarkan dari sel untuk dibuang lebih jauh ke luar tubuh. Gerakan kain bisa pasif atau aktif.

9. persiapan enzim

Sistem enzim dalam membran, biasa disebut sebagai adenil siklase, terdapat di hampir semua jaringan mamalia kecuali sel darah merah. Aktivasi adenil siklase menyebabkan konversi ATP menjadi adenosin monofosfat siklik (cAMP) di dalam sel. Peningkatan jumlah cAMP dalam sel kemudian mempengaruhi reaksi fisiologis sel, misalnya: sistem enzim menjadi aktif, ada perubahan permeabilitas membran zat tertentu, berlangsung sintesis atau sekresi hormon, sintesis protein.

10. memberi isyarat

Membran sel juga memainkan peran penting dalam pensinyalan dan komunikasi sel. Membran mengandung beberapa protein tertanam yang dapat mengikat molekul di luar sel dan mengirimkan pesan ke dalam sel.

Ketika sebuah molekul mengikat reseptor target pada membran, itu memulai jalur transduksi sinyal dalam sel yang menyampaikan sinyal ke molekul yang sesuai. Sebagai hasil dari jalur pensinyalan yang seringkali kompleks ini, sel dapat melakukan tindakan yang ditentukan oleh molekul pensinyalan, seperti: B. produksi atau penghentian produksi protein tertentu.

11. Melindungi bagian sel dan membentuk sel

Fungsi Dari Membran Plasma dalam tubuh adalah berperan penting dalam melindungi bagian-bagian seluler organisme. Dapat dikatakan bahwa membran sel juga memiliki fungsi untuk melingkupi inti sel. Bentuk sel juga terkait erat dengan keberadaan membran sel.

12. Sarana komunikasi antar lingkungan seluler

Fungsi membran sel di dalam tubuh, yang pada gilirannya memiliki fungsi penting sebagai alat komunikasi antara lingkungan di dalam sel dan lingkungan di luar sel. Ini memiliki fungsi penting dalam menjaga fungsi sel dan melindungi komponen sel dari lingkungan eksternal.

13. Pemilihan zat yang masuk dan keluar sel

Fungsi membran sel selanjutnya dalam tubuh adalah berperan penting dalam mengatur isi sel dalam tubuh. Alasan untuk ini adalah bahwa semua bahan yang masuk dan keluar harus melewati membran ini. Membran sel dapat mencegah masuknya zat-zat yang dapat merusak sel dan mempermudah masuknya zat-zat yang bermanfaat bagi sel.

14. Tempat terjadinya reaksi kimia

Fungsi membran sel pada tubuh selanjutnya adalah sebagai tempat berlangsungnya berbagai reaksi kimia di dalam sel. Ada banyak reaksi kimia yang dibutuhkan oleh tubuh karena beberapa di antaranya terjadi di bagian membran sel ini.

15. Bertindak sebagai reseptor untuk rangsangan eksternal

Fungsi membran sel dalam tubuh sebagai reseptor rangsangan dari luar sel ke sel juga penting. Melalui mekanisme ini, fungsi nukleus yang terdapat dalam sitoplasma dan organel sel dapat mengatur lingkungan di luar sel sehingga dapat bertahan hidup.

16. Memperkuat sel

Fungsi membran sel memiliki fungsi penting untuk memperkuat sel. Ini tercermin dalam peran pendukungnya untuk sitoskeleton, yang membentuk dan membantu memperkuat sel, yang penting untuk struktur jaringan yang membentuk organ dan sistem.

Itulah artikel tentang 15 Fungsi Dari Membran Plasma Pada Makhluk Hidup, Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *