Karya Seni Rupa Murni Yaitu

Karya Seni Rupa Murni Yaitu

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Karya Seni Rupa Murni Yaitu

 

Karya Seni Rupa Murni Yaitu

Karya Seni Rupa Murni Yaitu

Jawab :

 

Karya seni rupa murni adalah karya seni rupa yang di buat dengan tujuan estetika atau keindahan semata dengan sepenuhnya mengabaikan nilai guna atau nilai pakai dari karya tersebut. Contoh nyata seni rupa murni adalah lukisan, patung, relief, seni grafis, mozaik dan masih banyak lagi lainnya.

Pembahasan detail tentang Karya Seni Rupa

Apabila di dasarkan pada fungsi makna seni rupa di bagi ke dalam dua kelompok besar, yakni:

  1. SENI RUPA MURNI
  2. SENI RUPA TERAPAN

Seperti sudah di jelaskan sebelumnya bahwa yang dimaksud dengan seni rupa murni adalah seni yang pembuatannya sepenuhnya berfungsi untuk memenuhi nilai-nilai estetika atau keindahan sehingga tidak di pergunakan secara fungsional untuk memudahkan hidup manusia. Seni rupa murni ini sepenuhnya mengabaikan nilai guna atau pakai dari suatu karangan.

Adapun yang di maksud dengan seni rupa terapan adalah jenis karya seni yang memiliki nilai guna pakai agar memudahkan hidup manusia dengan tidak mengabaikan unsur estetika.

 

Detail Soal

Kelas          : SMP

Mapel         : Seni Budaya

Bab             : Seni Rupa

Kata Kunci : Terapan, Nilai, Pakai, Guna, Murni, Tugas Seni

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih