Tangga Nada Musik Daerah Nusantara di Dominasi Tangga Nada

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara di Dominasi Tangga Nada

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tangga Nada Musik Daerah Nusantara di Dominasi Tangga Nada

 

Bacaan Lainnya
Tangga Nada Musik Daerah Nusantara di Dominasi Tangga Nada

Tangga Nada Musik Daerah Nusantara di Dominasi Tangga Nada

a. pentatonis
b. minor
c. mayor
d. diatonis

Jawab :

Jawabannya adalah a. pentatonis

Pembahasan detail tentang Tangga Nada Musik

Tangga nada yaitu urutan nada yang di susun secara berurutan. Tangga nada terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu  dan setengah dan memiliki tujuh nada pokok. Contoh alat musik yang bertangga nada di atonis adalah piano dan organ.
  2. Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang  hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis  di bedakan oleh jarak antarnada  serta pilihan nada yang di dengar.

Tangga nada pentatonis terbagi menjadi dua, yaitu  pelog (do – mi – fa- sol – si) dan slendro (do – re – mi – sol – la). Tangga nada pentatonis di gunakan pada alat-alat musik daerah di Indonesia, seperti pada gamelan Jawa,  gamelan Sunda, Bali, Madura, dan Batak.

Contoh lagu daerah  yang menggunakan tangga nada pelog adalah lagu Gundhul Pacul dari  Jawa Tengah. Contoh lagu daerah yang menggunakan tangga nada slendro adalah lagu  Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.

 

Detail Soal

Kelas: IV

Tema 6: Panas dan Perpindahannya

Subtema 1: Suhu dan Kalor

Pelajaran: SBdP

Kata kunci: tangga nada, tangga nada diatonis, tangga nada pentatonis, tangga nada musik daerah

Kategori: Tangga nada

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *