Sebutkan Ciri Ciri Tangga Nada Diatonis Mayor

Sebutkan Ciri Ciri Tangga Nada Diatonis Mayor

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Sebutkan Ciri Ciri Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga nada di atonis mayor merupakan salah satu dari tangga nada yang pada umumnya di gunakan di sebuah musik. Berikut ini  adalah ciri – ciri dari tangga nada di atonis mayor:

  1. Tangga nada di atonis mayor ini bersifat ceria, riang, dan penuh semangat, dan positif.
  2. Pada umumnya di mulai dengan menggunakan nada do dan di akhiri juga dengan nada do.
  3. Melodi dan not di atonis mayor yaitu di gunakan di semua chord mayor yang ada pada semua alat musik.
  4. Pola interval antar nada di atonis mayor adalah 1, 1, ½, 1,1,1, ½.

Pembahasan detail tentang Tangga Nada

Tangga nada yaitu serangkaian nada yang di atur pada jarak atau interval nada tertentu. Tangga nada dapat di bedakan menjadi dua jenis yaitu tangga nada pentatonis dan tangga nada diatonis. Nada di atonis adalah tangga nada yang memiliki tujuh tangga nada dalam satu oktaf. Tangga nada di atonis di bagi lagi menjadi dua. Yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Contoh lagu:

Gundul-gundul Pacul yaitu ciptaan Sunan Kalijaga, Halo Halo Bandung, yaitu ciptaan Ismail Marzuki, Gebyar-Gebyar yaitu ciptaan Gomblo dan Bangun Pemudi Pemuda yaitu ciptaan C. Simanjuntak.

Detail Soal

Kelas  : SD/SMP

Mapel : Seni Budaya

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *