Seni Rupa Yang Memiliki Panjang Lebar Tinggi di Sebut

Seni Rupa Yang Memiliki Panjang Lebar Tinggi di Sebut

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Seni Rupa Yang Memiliki Panjang Lebar Tinggi di Sebut

Memiliki panjang, lebar dan tinggi. Nama lain dari seni tiga dimensi ini adalah TRIMATRA.

Seni Rupa Tiga Dimensi  memiliki 3 elemen ukur yaitu panjang, lebar dan tinggi. Oleh karena itu, karya seni rupa 3 dimensi mempunyai volume sehingga menempati ruang. Karena memakan ruang, karya seni jenis ini bisa di nikmati dari berbagai arah. Berbeda dengan seni rupa DUA DIMENSI yang hanya memiliki dua unsur ukur yaitu panjang dan lebar sehingga tidak memiliki volume dan tidak memakan ruang. Akibatnya, hanya bisa di nikmati lagi.

Pembahasan detail tentang Seni Rupa

Seni rupa di lihat dari fungsinya dapat di bedakan menjadi 2 yaitu seni murni dan seni terapan. Seni rupa murni adalah jenis seni yang tidak mempertimbangkan fungsi praktis dan kegunaan dari karya tersebut, yang di perhatikan hanyalah keindahannya, atau dapat di katakan hanya menitikberatkan pada ekspresi jiwa seorang seniman. Terapan adalah jenis seni yang mempertimbangkan fungsi praktis tetapi kegunaan karya tanpa mempertimbangkan keindahan karya.

Jenis seni:

  • Lukisan: suatu bentuk pengembangan dari gambar yang lebih lengkap dan utuh.
  • Seni grafis : cabang seni yang di buat dengan menggunakan alat atau teknik cetak, biasanya di lakukan di atas kertas, seperti pada poster dan sablon.
  • Handicraft: seni rupa 2 dimensi yang menekankan keterampilan tangan seniman.
  • Seni ilustrasi : salah satu jenis seni rupa yang menarik untuk menyampaikan, atau memudahkan pembaca untuk mengetahui makna dari sebuah cerita, seperti gambar dalam komik.
  • Patung : jenis karya seni 3 dimensi yang di buat dengan cara mematung, seperti untuk bahan biasanya terbuat dari batu, ada juga yang terbuat dari kayu.

Detail Soal

Kelas : X

Mapel : seni rupa

Kategori : pengertian dan jenis seni rupa

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *