Makanan Yang Lezat Namun Dapat Membahayakan Kesehatan Hukumnya Adalah

Pendidikan82 Dilihat

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Makanan Yang Lezat Namun Dapat Membahayakan Kesehatan Hukumnya Adalah

 

Makanan Yang Lezat Namun Dapat Membahayakan Kesehatan Hukumnya Adalah

 

Makanan Yang Lezat Namun Dapat Membahayakan Kesehatan Hukumnya Adalah

a. makruh
b. haram
c. mubah

Jawab :

Dari soal tersebut adalah Hukum memakan makanan yang membahayakan tubuh walaupun halal adalah haram. Di mana semua perbuatan yang dapat membahayakan tubuh di larang dalam islam. Dalam Islam selain halal makan yang di konsumsi juga harus bersifat baik bagi tubuh.

Pembahasan detail tentang Makanan Yang Dapat Membahayakan Kesehatan Hukumnya

Umat islam di wajibkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang halal dan baik bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Dalil tentang mengkonsumsi makanan halal dan baik bagi tubuh dapat kita jumpai di dalam beberapa ayat Al Qur’an dan beberapa hadis nabi.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa di sebut lezat namun dapat membahayakan kesehatan, seperti:

  1. Makanan tinggi lemak dan gula: Makanan seperti gorengan, pastries, dan makanan ringan cepat saji sering kali mengandung tinggi lemak dan gula. Konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.
  2. Makanan olahan: Makanan olahan seperti daging olahan, kentang goreng, dan makanan ringan cepat saji sering kali mengandung tinggi natrium, lemak, dan gula. Konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.
  3. Makanan yang mengandung bahan kimia: Beberapa jenis makanan seperti makanan ringan, soft drink, dan bahan pengawet dapat mengandung bahan kimia yang merugikan kesehatan. Konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti masalah pada ginjal, hati, dan sistem reproduksi.

Walaupun makanan tersebut lezat, penting untuk membatasi konsumsinya dan mencari alternatif makanan yang lebih sehat untuk menjaga kesehatan. Rekomendasi diet sehat meliputi makan banyak sayur dan buah, bahan makanan nabati, dan protein hewani yang di pilih dengan baik.

 

Detail Soal

Kelas : VII

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Perilaku Terpuji

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *