Kadal Berkembangbiak Dengan Cara

Kadal Berkembangbiak Dengan Cara

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Kadal Berkembangbiak Dengan Cara

Kadal berkembang biak dengan cara: bertelur dan melahirkan. Oleh karena itu, kita dapat mengklasifikasikan kadal sebagai makhluk hidup yang bereproduksi secara seksual.

Pembahasan detail Kadal Berkembangbiak

Ovovivipar berasal dari dua kata, ovipar (bertelur) dan vivipar (melahirkan). Oleh karena itu, ovovivipar berarti bertelur dan melahirkan. Hal ini menunjukkan bahwa makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan sekaligus dapat disebut sebagai hewan ovovivipar.

Berikut adalah prosesnya kadal sebagai pasangan ovovivipar :

  • Embrio baru berkembang di sel telur.
  • Telur yang mengandung embrio tetap berada di dalam tubuh induk kadal hingga menetas.
  • Ketika sudah cukup umur, telur akan menetas di dalam tubuh induknya.
  • Individu baru yang menjadi anak kadal berasal dari tubuh induknya (ibu melahirkan anak kadal).

Ada beberapa hewan yang ovovivipar , seperti:

  • Kadal
  • sangat bagus
  • Hai
  • ikan pari

Selain ovovivipar, ada dua jenis reproduksi yaitu:

  1. Oviparous, berasal dari kata ovum (telur), yaitu perkembangbiakan makhluk hidup dengan bantuan telur. Embrio hewan berkembang dan didukung oleh cadangan makanan di dalam telur. Telur-telur tersebut nantinya akan menetas setelah berada di luar tubuh induknya.
  2. Viviparous, yaitu perkembangbiakan makhluk hidup dengan cara melahirkan. Embrio biasanya berkembang dan menerima makanan dari induknya melalui plasenta sampai cukup umur. Nantinya, induk akan melahirkan individu baru yang terbentuk sempurna.

Jadi, kita bisa menurunkannya ovoviviparous sejenis perkembangbiakan yang menggabungkan ovipar (bertelur) dan vivipar (melahirkan).

Detail Soal

Kelas : 7

Mapel : Biologi

Bab : Ciri Makhluk Hidup

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *