Jelaskan Apa Yang di Maksud Dengan Norma

Jelaskan Apa Yang di Maksud Dengan Norma

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Apa Yang di Maksud Dengan Norma 

 

Jelaskan Apa Yang di Maksud Dengan Norma

 

Jelaskan Apa Yang di Maksud Dengan Norma 

Jawab :

Norma yaitu suatu aturan atau kaidah yang di sepakati sebagai pedoman perilaku masyarakat untuk mewujudkan sesuatu yang baik dan di inginkan atau lebih tepatnya norma merupakan pedoman bertingkah laku yang berisi perintah, anjuran, dan larangan.

Pembahasan detail tentang Norma

Proses terbentuknya norma:

Kita sebagai makhluk sosial mempunyai sikap ketergantungan kepada manusia lain serta kebutuhan dan kepentingan manusia juga berbeda-beda, hal tersebut tentunya akan menimbulkan suatu masalah dan benturan, untuk menghindari hal tersebut di buatlah sebuah aturan di antara individu dan  kelompok sehingga aturan tersebut menjadi sebuah pedoman perilaku yang berfungsi sebagai alat penyeimbang di masyarakat.

Macam-macam norma dan sumbernya yaitu :

1. Norma agama

Merupakan sebuah perintah yang berasal dari Tuhan YME yang di sampaikan melalui utusannya (seperti Nabi) yang berisi perintah yang wajib di kerjakan atau di lakukan dan larangan yang harus di tinggalkan.

2.  Norma kesopanan

Norma kesopanan merupakan aturan yang berasal dari hasil pergaulan masyarakat atau berasal dari adat masing-masing daerah dan di anggap sebagai aturan pergaulan dalam menjalani kehidupan.

3. Norma kesusilaan merupakan norma yang berasal dari hati manusia atau tentang baik buruknya suatu perilaku.

4. Norma hukum merupakan sebuah aturan yang di buat oleh negara, tujuannya untuk menciptakan suasana aman dan damai dalam kehidupan masyarakat.

Detail Soal

Kelas:  7 SMP

Mapel:  Ppkn

Bab 2 – Pembelajaran Norma dan Keadilan

Kata kunci: Norma, pengertian norma

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *