Apa Yang di Maksud Asmaul Husna

Apa Yang di Maksud Asmaul Husna

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Apa Yang di Maksud Asmaul Husna

Yang dimaksud dengan ASMAUL HUSNA adalah nama-nama Allah SWT yang baik dan indah. Nama-nama yang baik dan indah tersebut tidak berasal dari manusia karena di ambil langsung dari ayat-ayat dalam Al-Quran yang merupakan kalam ilahi. Masing-masing asmaul husna Allah SWT ini merepresentasikan Sifat-Nya Yang Maha Sempurna.

Pembahasan detail tentang Asmaul Husna

Berdasarkan etimologinya, Asmaul Husna terdiri dari dua kata yaitu ASMA dan  HUSNA. Asma artinya nama atau sebutan atau penyebutan, sedangkan husna artinya indah, baik dan sebagainya. Jadi Asmaul Husna secara harfiah berarti nama yang baik atau nama yang indah.

Secara syariat, Asmaul Husna di sini secara khusus merujuk pada nama Allah SWT yang baik dan indah. Jumlah asmaul husna masih di perdebatkan oleh banyak ulama. Di antara mereka ada yang menganggap jumlahnya ribuan, namun tidak sedikit pula yang yakin jumlahnya hanya ratusan bahkan puluhan.

Jalan tengah perbedaan pendapat ini adalah bahwa yang wajib bagi umat Islam, yaitu dan di ketahui, hanyalah 99 asmaul husna. 99 asmaul husna di antaranya Ar-Rahim, As-Sami’, Al-Khabir, Al-Alim, Ar-Rahman, Al-Quddus, AS-Salam, A-Malik, Al-Jabbar, Al-Khaliq, Al-Mutakabbir, Al-Qahhar, Al-Wahhab dan masih banyak lagi.

Detail Soal

Kelas          : SD

Mapel         : Pendidikan Agama Islam

Bab             : Asmaul Husna

Kata Kunci : Asma, Nama, Baik, Indah, As-Sami

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *