Ekspor Adalah Yuk Simak penjelasanya Beserta Keuntungan Tujuan Ekspor

ekspor adalah 1
gambar : klikpajak.id

Hai sobat pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ekspor,ekspor adalah Pengeluaran barang dari daerah pabean.Ekspor biasanya terjadi antara kerjasama perdaganan minimal 2 negara yang berbeda.

sobat pasti pernah mendengar atau belajar tentang ekspor dan impor bukan? Dalam suatu negara, kegiatan ekspor dan impor memegang peranan penting dan berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi. Kemudian kegiatan ekspor dan impor menjadi kegiatan perdagangan internasional antar negara.

Sederhananya, menjual barang atau jasa ke luar negeri disebut mengekspor. Sedangkan pembelian suatu produk atau aset dari luar negeri disebut impor. Kegiatan ekspor dan impor umumnya dilakukan oleh Indonesia sebagai negara berkembang.

Agar sobat dapat mengingat arti ekspor dan impor, artikel ini menjelaskan secara lengkap arti, tujuan, manfaat dan komoditas dari kegiatan ekspor dan impor Indonesia. Baca artikel ini sampai habis ya.

Ekspor adalah??Mari simak lebih lanjut sobat

Ekspor Adalah
gambar:www.pelajaran.co.id

Pengeluaran barang dari daerah pabean disebut ekspor. Apa itu wilayah pabean? Secara sederhana, daerah pabean adalah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi wilayah perairan, darat, dan udara dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Usaha ekspor juga merupakan suatu sistem perdagangan di mana barang-barang diekspor dari suatu negara ke negara lain ke luar negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebagai salah satu sektor perekonomian, kegiatan ekspor memegang peranan penting di beberapa negara melalui perluasan pasar.

Ekspor adalah kegiatan atau kegiatan di mana produk dan barang diekspor dari satu negara ke negara lain sesuai dengan standar dan ketentuan peraturan yang relevan. Kegiatan ekspor biasanya dilakukan oleh suatu negara yang mampu memproduksi barang dalam jumlah besar dan jumlah tersebut telah dipasok secara internal.

Karena? Jika negara tersebut mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, maka dapat mengirimkan barang ke negara yang tidak mampu berproduksi. Kemudian ada istilah eksportir untuk usaha ekspor.

Apa itu eksportir? Eksportir pada umumnya adalah badan hukum atau orang perseorangan yang melakukan usaha ekspor. Dalam kegiatan ekspor besar-besaran, bea dan cukai akan berperan sebagai pengatur lalu lintas negara.

Setiap barang yang akan diekspor memiliki ketentuan tersendiri tergantung jenis barangnya. Tidak semua individu atau masyarakat dapat melakukan bisnis ekspor karena sejumlah prosedur harus diikuti.

Dibandingkan dengan bisnis impor, bisnis ekspor jauh lebih mudah dilakukan. Karena ada sejumlah persyaratan impor yang harus dipenuhi, terutama soal pajak. Hanya ada beberapa produk yang dikenakan pajak ekspor dalam bisnis ekspor, yaitu ekspor rotan, kayu, dan minyak sawit mentah.

Kegiatan ekspor berpotensi menciptakan permintaan baru yang efisien, memaksa barang untuk mencari inovasi di pasar internal untuk meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, kegiatan ekspor dapat merangsang pertumbuhan ekonomi dan memperluas pasar luar negeri untuk barang-barang tertentu.

Ada dua cara untuk melakukan usaha ekspor yaitu ekspor normal dan ekspor tanpa L/C. Apa perbedaan antara keduanya? Perbedaan keduanya terletak pada penggunaan letter of credit sebagai alat pembayaran.

Bisnis ekspor normal menjual semua ketentuan yang relevan di luar negeri. Oleh karena itu, kegiatan ekspor biasanya disalurkan ke pelanggan melalui L/C. Sedangkan usaha ekspor dapat dilanjutkan tanpa L/C jika Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan izin khusus.

Baca juga: Perhatikan Contoh Kebijakan Pemerintah Untuk Mendorong Ekspor Berikut Ini

Mengekspor posisi dan keuntungan

1. Cek harga produk

Negara pengekspor dapat memanfaatkan surplus tersebut. Oleh karena itu, negara tersebut dapat dianggap mampu mengatur harga produk ekspor yang terjadi di negaranya.

Mengapa? Karena harga produk dalam negeri ini akan lebih murah jika bisa diproduksi dengan mudah dan melimpah. Agar negara tersebut dapat mengendalikan harga di pasar, maka negara tersebut mengekspor ke negara lain yang paling membutuhkan produk tersebut.

2. Industri nasional yang sedang berkembang

Ekspor adalah kegiatan internasional atau komersial yang dilakukan untuk merangsang permintaan dalam negeri. Kegiatan ekspor juga dapat diartikan sebagai kegiatan komersial yang mempengaruhi pasar internasional.

Bisnis ekspor satu negara akan memunculkan industri lain yang jauh lebih besar. Peningkatan permintaan ekspor suatu produk akan berdampak langsung pada perkembangan industri suatu negara.

Dengan cara ini, kegiatan ekspor diterjemahkan ke dalam lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan. Inilah saatnya negara terbiasa bersaing dengan ketatnya persaingan dalam perdagangan internasional.

3. Tambahkan mata uang

Nilai kekayaan suatu negara disebut mata uang asing. Perkembangan ekonomi suatu negara akan dipengaruhi secara positif oleh kegiatan atau kegiatan ekspornya.

Adanya kegiatan ekspor berguna untuk membuka peluang baru bagi pasar luar negeri. Peluang tersebut memudahkan perluasan pasar internal, investasi, dan pasar valuta asing di suatu negara.

4. Meningkatkan kesempatan kerja

Kegiatan ekspor secara tidak langsung akan menciptakan lapangan kerja baru. Dengan cara ini, kegiatan ekspor juga mengurangi tingkat pengangguran. Selanjutnya, peningkatan ekspor ke Indonesia akan menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan.

Baca juga: Berikut Ini Yang Bukan Ruang Lingkup Perdagangan Antar Negara Adalah

Ekspor indonesia

Sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki lima komoditas ekspor terbesar, yaitu tekstil, karet, kelapa sawit, kakao, dan hasil hutan.

1. Produk tekstil

Orang Indonesia sering mengimpor produk tekstil dari luar negeri. Namun, kain Indonesia tidak kalah bagusnya dengan di negara lain.

Indonesia memiliki sejumlah industri tekstil dan berhasil menghimpun devisa negara. Oleh karena itu, produk tekstil asli Indonesia termasuk dalam 5 besar barang ekspor.

2. Gumi

Tak heran jika karet dijadikan komoditas utama dalam bisnis ekspor Indonesia. Mengapa? Karena Indonesia sendiri merupakan negara penghasil karet terbesar kedua di dunia lho sobatt. Produk karet Indonesia terus dikapalkan ke berbagai negara maju, terutama China, Amerika dan Jepang.

3. Minyak sawit

Minyak sawit merupakan produk yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan minyak goreng, mentega, sabun, dan beberapa produk kecantikan. Sebagian besar minyak sawit akan diekspor dalam bentuk minyak sawit dan minyak inti sawit. Produk minyak sawit Indonesia dikapalkan ke banyak negara seperti Pakistan, India dan China.

4. Kakao

Gramed tidak heran jika kakao sudah menjadi ekspor ke Indonesia. Perlu dicatat bahwa Indonesia adalah negara penghasil biji kakao terbesar ketiga di dunia. Biji kakao yang diekspor selanjutnya diolah menjadi cokelat atau makanan lainnya.

Biji kakao, dibagi menjadi beberapa kualitas, dipilih sebelum diekspor. Produk biji kakao yang memenuhi standar nasional Indonesia atau SNI dikirim ke luar negeri.

5. Hasil hutan

Indonesia sebagai negara tropis memiliki prospek yang baik dan melimpah untuk pengembangan industri perkayuan. Pulp dan kayu merupakan salah satu hasil hutan yang dikirim ke luar negeri.

Baca juga: Yang Bukan Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional Adalah

Definisi impor

Apa itu bisnis impor? Impor adalah kegiatan atau kegiatan yang menyangkut pendistribusian barang dari daerah pabean atau pembelian barang dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam negeri. Transaksi impor adalah perdagangan yang dimasukkan dari luar negeri ke dalam daerah pabean Indonesia dan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan pemasukan barang dari suatu negara ke dalam daerah pabean negara lain dapat juga diartikan sebagai kegiatan impor. Kegiatan impor yang melibatkan kedua negara diwakili oleh kepentingan antara kedua negara.

Contoh sederhana: Indonesia yang tidak memiliki produk berbasis gandum, harus mengimpor produk berbasis gandum dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan gandum nasionalnya.

Bantuan otoritas pabean diperlukan dalam hal pengiriman barang impor dalam jumlah besar. Sederhananya, pemerintah akan menerapkan tarif pajak kepada setiap importir untuk setiap produk.

Karena tarif pajak, harga produk impor relatif lebih tinggi karena ada beban pajak yang harus dibayar konsumen. Dibandingkan dengan produk lokal, barang impor umumnya lebih mahal.

Perlu diketahui bahwa tidak semua produk atau barang dapat diimpor. Direktorat Bea dan Keuangan telah mengeluarkan peraturan yang membolehkan dan melarang masuknya barang impor. Barang impor yang mengandung unsur pornografi, obat-obatan terlarang, hewan dan senjata api adalah barang yang dilarang.

Baca juga: Salah Satu Hambatan dalam Perdagangan Internasional

Tujuan dan keuntungan impor

Tujuan utama dari kegiatan impor adalah untuk memenuhi kebutuhan internal. Bisnis ekspor dan impor itu sendiri merupakan bentuk komunikasi atau kerjasama di negara manapun.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, kegiatan impor juga bertujuan untuk memperbaiki neraca pembayaran dan mengurangi arus keluar mata uang asing dari negara lain. Sehingga kegiatan impor bermanfaat untuk meningkatkan potensi suatu negara.

Kegiatan impor berguna untuk memperoleh barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi oleh suatu negara karena faktor geografis dan sebagainya. Selanjutnya, bisnis impor berguna untuk pengadaan bahan baku dan teknologi modern. Kegiatan impor secara tidak langsung mendukung stabilitas negara.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada tiga poin dalam bisnis impor.

  • Memenuhi kebutuhan dalam negeri
  • Penguatan posisi neraca pembayaran.
  • Pengurangan arus masuk devisa.

Ekspor dan impor barang

Suatu produk barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan disebut komoditas. Jenis barang yang akan diekspor ke suatu negara tentu memiliki kelebihan. Oleh karena itu, sobat harus mewaspadai tiga faktor yang dapat mempengaruhi keunggulan suatu komoditas, yaitu faktor alam, teknologi, dan biaya produksi.

1. Faktor alam

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keunggulan suatu komoditas adalah letak geografis suatu negara. Indonesia, misalnya, sebagai negara beriklim tropis, memiliki ciri-ciri geografis yang memungkinkan pohon karet tumbuh subur.

2. Faktor teknologi

Penerapan teknologi dalam produksi barang sangat mempengaruhi kualitas produk itu sendiri. Dari sini dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi yang diterapkan akan mempengaruhi keunggulan suatu komoditas.

3. Faktor biaya produksi

Selain faktor alam dan teknologi, keunggulan suatu komoditas juga dipengaruhi oleh biaya produksi. Harga suatu barang dipengaruhi oleh biaya produksi. Semakin rendah biaya produksi, semakin rendah harga suatu produk.

Baca juga: Tujuan di Adakannya Perdagangan Internasional

Ekspor barang terlarang

Keputusan n. 18 Menteri Perdagangan Tahun 1821 tentang Barang Yang Dilarang Ekspor dan Impor, yang memuat:

  • Barang-barang tersebut dilarang untuk diekspor di sektor kehutanan
  • Barang-barang yang dilarang untuk diekspor di sektor pertanian
  • Ekspor pupuk bersubsidi dilarang
  • Ekspor pertambangan barang terlarang
  • Barang yang dilarang ekspornya barang budaya
  • Dilarang mengekspor besi tua dan skrap ke barang.

Bisnis ekspor-impor belum berakhir. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Serta barang-barang yang dilarang dalam kegiatan ekspor-impor. Barang yang dilarang untuk diekspor harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Ini tentang melindungi hewan, kesehatan, ikan, tanaman, keselamatan manusia dan lingkungan.
  • Ini adalah keamanan nasional, kepentingan nasional, kepentingan umum, termasuk moralitas sosial, budaya dan masyarakat.
  • Tumbuhan alami dan satwa liar.

Barang-barang berikut juga dilarang:

  • Impor beberapa gula dilarang
  • Impor beberapa varietas beras dilarang
  • Impor zat yang merusak lapisan ozon dilarang
  • Dilarang mengimpor dalam bentuk tas bekas, tas bekas, baju bekas
  • Impor barang berdasarkan sistem pendingin dilarang
  • Impor berupa limbah bahan berbahaya dan beracun atau limbah B3 dilarang. Limbah tidak berbahaya dan tidak beracun atau limbah non B3.
  • Impor perkakas tangan dilarang
  • Impor alat kesehatan yang mengandung merkuri dilarang

Jika Anda tertarik dengan ekspor-impor dan transaksi, sobat dapat membaca dan memperoleh buku yang tersedia di www.gramedia.com.

Baca juga: Mengapa Bangsa Eropa Berhasrat Memonopoli Perdagangan Rempah Rempah

Prosedur ekspor dan impor

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengekspor artikel. Berikut adalah dasar-dasar prosedur ekspor, sebagai berikut:

1. Surat Perjanjian Penjualan atau Proses Perjanjian Penjualan

Dalam kasus pertama, membuat perjanjian dalam bentuk dokumen antara eksportir dan importir. Dokumen tersebut mencakup syarat pembayaran, harga, kualitas, kuantitas, cara penyerahan atau penyerahan, asuransi, dan sebagainya.

2. Surat jaminan pembayaran dari penerbit kepada eksportir atau prosedur pembukaan letter of credit (L/C).

Berikut proses setelah sales letter, yaitu:

Importir meminta bank devisa untuk membuka letter of credit. Surat jaminan atas uang yang akan dibayarkan kepada calon eksportir sesuai dengan kesepakatan yang diatur dalam kontrak penjualan.
Bank devisa membuka letter of credit dengan bank jaringan negara pengekspor. Bank ini disebut bank penasihat.
Bank Penasihat akan memverifikasi kebenaran letter of credit dari bank devisa calon importir. Advisory Bank kemudian akan mengirimkan letter of credit yang menjamin barang ekspor tersebut.

3. Dokumen transportasi atau pengiriman atau proses pengiriman

Setelah eksportir menerima letter of credit dari Bank Konsultan, calon eksportir perlu:

  • Eksportir potensial memesan kapal dari perusahaan ekspor-impor.
  • Calon eksportir selanjutnya harus mengajukan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) di kantor pabean pelabuhan. Selain itu, calon eksportir wajib membayar pajak ekspor dan tambahan pajak ekspor kepada bank penasehat atau bank yang digunakan untuk jasa ekspor dan impor, sebagaimana diatur dalam kontrak penjualan.
  • Pengirim kemudian memuat barang dan menunjukkan beberapa dokumen yang membuktikan pengiriman. Eksportir menyerahkan bukti tersebut ke bank penasehat untuk dikirim ke bank mata uang tempat importir didirikan.
  • Importir akan menerima dokumen pengiriman jika mereka telah membayar bank devisa. Merupakan dokumen penting bagi importir karena merupakan syarat penerimaan barang. Untuk menerima barang, importir harus menunjukkan bukti pembayaran kepada penyedia jasa angkutan barang impor.

Baca juga: Bagaimana Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia

4. Pembayaran dokumen impor atau kredit untuk barang yang dibayar oleh importir atau prosedur negosiasi untuk dokumen pengangkutan;

Menunjukkan penarikan uang yang dibayarkan oleh importir ke bank. Berikut adalah prosedurnya:

  • Setelah menerima dokumen pengapalan, eksportir menyiapkan dokumen lain yang dipersyaratkan dalam letter of credit, seperti invoice, packing list, sertifikat negara asal, packing list dan lainnya. Setelah selesai, itu akan dikirim ke Bank Penasihat untuk menerima pembayaran yang sesuai dalam Letter of Credit.
  • Bank Penasihat memverifikasi kelengkapan tanda terima dan keakuratan dokumen pengiriman untuk menerbitkan pembayaran.
  • Dokumen pengiriman yang lengkap akan dikirim ke bank devisa negara pengimpor untuk menerima pembayaran dari eksportir
  • Bank devisa memeriksa kelengkapan dokumen yang diterima. Bank devisa kemudian membayar jumlah tersebut ke bank penasehat di Jakarta.
  • Bank devisa kemudian memberi importir dokumen yang digunakan untuk menagih barang impor.

Juga, jika Anda ingin mengimpor item, Anda dapat melakukan prosedur impor berikut:

  • Jika ingin mengirim barang impor ke Indonesia dari luar negeri, gunakan kapal laut atau pesawat terbang.
  • Meminta dokumen impor asli yang lengkap dari pemasok luar negeri untuk segera dikirim ke Indonesia.
  • Membayar bea masuk dan pajak impor sesuai dengan jenis barang yang diimpor.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui bank yang telah bekerjasama dengan pemerintah dalam membayar pajak impor.
  • Pemberitahuan kepada otoritas pabean melalui dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan dokumen impor yang menyertainya.
  • Otoritas pabean kemudian menetapkan jalur hijau, kuning, merah atau prioritas untuk proses impor.
  • Jika impor Anda disetujui, otoritas pabean akan menerbitkan SPPB atau surat persetujuan pengeluaran barang.
  • Jika SPPB diterbitkan, maka barang impor tersebut dapat masuk ke wilayah Indonesia secara sah atau legal.
  • Juga angkutan barang yang didatangkan dari daerah pabean (TPS atau bandara) ke tempat Anda. Angkutan barang biasanya menggunakan angkutan darat, seperti truk, bus, mobil.

Untuk informasi lebih lanjut tentang ekspor dan impor, sobat dapat membaca dan memperoleh bukunya, tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #Friends Without Borders, kami selalu berusaha memberikan informasi terbaik dan terkini untuk Anda.

Baca juga: Dalam Perdagangan Internasional Indonesia Memiliki Keunggulan

Contoh kebijakan ekspor dan impor

Ada sejumlah kebijakan dalam perdagangan internasional untuk ekspor dan impor barang. Berikut ini adalah contoh kebijakan ekspor dan impor, sebagai berikut:

1. Kebijakan dumping

Kebijakan dumping terdiri dari penetapan harga barang atau jasa di luar negeri dan di bawah harga domestik. Tujuan dari kebijakan dumping ini adalah untuk meningkatkan pasar luar negeri dan mematikan persaingan. Cara ini sering digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Kebijakan dumping bertujuan agar harga beli di pasar domestik tidak turun. Ada berbagai jenis kebijakan dumping, sebagai berikut:

Dumping sporadis Artinya dumping terjadi dalam jangka pendek. Tujuan dari dumping sporadis adalah untuk mencegah penumpukan barang di pasar internal karena kelebihan produksi suatu barang.

Dumping persisten adalah praktik yang terus-menerus dan terus-menerus karena perbedaan pasar antara negara pengimpor dan pengekspor, juga dikenal sebagai diskriminasi harga internasional.

Pembuangan predator bertujuan untuk menjatuhkan saingan. Ketika pesaing gagal, pengangkut menaikkan harga produk mereka sesuka hati.

2. Kebijakan perdagangan bebas

Merupakan perjanjian antara kedua negara yang tidak memuat peraturan tentang kegiatan yang berkaitan dengan penjualan barang. Oleh karena itu, perdagangan antar negara memungkinkan arus barang ke dan dari wilayah tersebut tanpa hambatan.

3. Tarif

Tarif adalah pajak yang dikenakan atas benda atau barang yang masuk ke dalam wilayah suatu negara. Barang yang memasuki negara atau wilayah mana pun akan dikenakan bea masuk atau pajak berdasarkan nilai barang.

Baca juga: Salah Satu Dampak Positif Perdagangan Internasional Adalah

4. Pembatasan impor atau kuota impor

Pembatasan impor diberlakukan jika suatu negara mengalami peningkatan dalam proses produksinya. Kuota impor adalah pembatasan langsung terhadap jumlah barang yang diimpor. Cara ini dilakukan agar produk dalam negeri tidak tergerus oleh kehadiran produk luar sehingga pedagang lokal bisa bersaing secara sehat.

Selanjutnya, cara pembatasan masuknya barang adalah pemberlakuan tarif dan batas kuota, yang berguna untuk perbaikan neraca pembayaran.

5. Pengembalian dana ekspor

Subsidi ekspor merupakan kebijakan pemerintah yang mendorong ekspor barang dan mengurangi penjualan barang di pasar domestik. Subsidi ekspor adalah subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan untuk meningkatkan jumlah ekspor barang.

Pasar internal mengiklankan pembayaran langsung, pinjaman berbunga rendah, kredit pajak ekspor atau subsidi pemerintah di negara lain.

Untuk gambaran ekspor dan impor, sobat dapat membaca dan memperoleh buku-bukunya, tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #Friends Without Borders, kami selalu berusaha memberikan informasi terbaik dan terkini untuk Anda.

Baca juga: Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau

UNTUK MENGETAHUI LEBIH LANJUT:

  • Cari tahu tentang eksppor impor: definisi, tujuan, keunggulan dan barangnya
  • Perdagangan internasional
  • Efek negatif dari perdagangan internasional
  • Teori perdagangan internasional
  • Efek positif dari perdagangan internasional

Nah, sobat, bagi yang bertanya tanya mengenai “ekspor adalah” itu artikel di atas mungkin bisa mengobati kebingugan kalian selama ini.semoga bermanfaat ya ,terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *