Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Dalam 1 Hari

Rambut yang di penuhi kutu dan telur kutu pasti membuat kepala Anda cukup gatal. Jika Anda, anak atau saudara Anda terkena kutu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab dan Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dengan cepat hanya dalam 1 hari.

Kutu adalah serangga berwarna coklat atau keabu-abuan, kecil dan menyerupai biji buah strawberry. Kutu rambut memakan darah dari kulit kepala manusia. Bau kaki adalah sebutan untuk penyakit yang di sebabkan oleh kutu yang menular.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Apakah kutu bisa hilang dengan sendirinya? Kutu rambut biasanya tidak hilang dengan sendirinya, karena kutu yang mati juga dapat meninggalkan telurnya.

kutu bsa hidp melalui 3 tahap: telur, kepompong dan dewasa. Jika di biarkan, telur kutu akan menetas dan berkembang menjadi kutu dewasa dan berkembang biak kembali.

Rambut banyak telur kutu hari ini? Tentu Anda tidak menginginkan itu. Jadi kita perlu tahu Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dengan cepat.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

salah satu faktor utamanya adalah saat Kepala dan rambut bersentuhan dengan kepala seseorang yang terkena kutu

Berbagi barang-barang pribadi seseorang dengan kutu kepala. Kutu rambut dapat menyebar melalui barang-barang pribadi seperti handuk, sisir, tempat tidur, jepit rambut, ikat kepala, headphone, atau barang lain yang menyentuh rambut.

Kutu rambut sendiri bisa menular, tetapi mereka tidak menularkan bakteri atau virus penyebab penyakit. Sedangkan hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, tidak bisa menularkan kutu ke manusia karena mereka berbeda spesies.

Mengutip situs Cleveland Clinic, kutu tidak bisa melompat. Jadi, kutu rambut menyebar dengan merangkak atau merayap dari satu orang ke orang lain selama kontak dekat.

Saat kutu merayap dan pindah ke rambut di kepala Anda. Anak-anak atau siswa sekolah dasar berisiko tinggi terkena kutu karena sering bermain bersama.

Kutu rambut juga bisa menyebar saat pakaian tertinggal di ruangan yang sama. Misalnya, topi atau syal di gantung dan di simpan di lemari. Ini juga termasuk sarana penyebaran kutu.

Berikut 12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya yaitu Anda bisa menggunakan obat kutu yang di jual bebas (OTC). Namun, Anda juga harus memeriksa label produk perawatan kutu Anda untuk memastikan produk tersebut aman di gunakan.

Biasanya obat kutu bereaksi sedemikian rupa sehingga kutu mati setelah 9 atau 10 hari. Biasanya, obat kutu bisa berupa sampo, hair tonic, atau kondisioner. Pengobatan kutu rambut juga bisa di lakukan tanpa resep dokter.

Ada juga Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya secara alami yang bisa di lakukan di rumah lho. Berikut cara menghilangkan kutu dan telurnya dengan cepat:

1. Menggunakan Piperonyl Butoxide

Ada beberapa obat kutu yang di jual bebas, termasuk piperonyl butoxide. Piperonyl butoxide adalah obat yang di gunakan untuk mengobati kutu rambut dan telurnya di rambut.
Pilih piperonyl butoxide dengan kandungan pyrethrin (A-200, Pronto, R&C, Rid, Triple X, Xeglyze). Anda dapat menggunakan perawatan ini untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas yang memiliki kutu rambut.

2. Gunakan Ivermectin (Sklice)

Menggunakan hair tonic dengan ivermectin adalah Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya. Mengutip dari situs web kesehatan WebMD, ivermectin membunuh sebagian besar kutu, bahkan kutu yang baru menetas, hanya dengan satu aplikasi.

3. Benzil Alkohol (Ulesfia)

Lotion yang mengandung benzyl alcohol membantu membunuh kutu aktif lebih efektif daripada telur. Produk Benzil alkohol yang di gunakan untuk mengobati kutu rambut dapat di gunakan pada bayi berusia 6 bulan dan aman untuk ibu hamil atau menyusui.

Untuk menggunakan penghilang kutu berbasis alkohol benzil:

  • Sikat rambut terlebih dahulu.
  • Cuci produk.
  • Biarkan selama sekitar 10 menit sebelum di bilas
  • Anda dapat mengulangi perawatan ini dalam seminggu.

4. Menggunakan Sampo Lindane

Lindane adalah insektisida organoklorida. Perawatan kutu ini tersedia dalam bentuk lotion atau sampo.

Namun, produk ini juga dapat menyebabkan efek samping yang serius. Oleh karena itu, lindane tidak boleh di gunakan pada bayi prematur atau mereka yang memiliki riwayat kejang.

5. Sampo Lotion Permetrin

Lotion 1% (Nix), adalah sampo kutu. Shampo anti kutu ini juga aman di gunakan pada bayi dan anak usia 2 bulan.

6. Dimethicone

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya salah satunnya menggunakan Dimethicone adalah bahan silikon yang tidak mengandung pestisida yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kutu. Anda bisa memilih sampo yang mengandung bahan ini.

7. Malathion (Ovide)

cara berikutnya adalah menggunakan Malathion Hair Cream sangat ampuh untuk membunuh kutu dan beberapa telur kutu pada rambut. Produk ini cocok untuk anak di atas 6 tahun dan orang dewasa. Jika Anda masih melihat kutu setelah 7-9 hari, Anda memerlukan perawatan kedua dengan produk ini.

Ingatlah bahwa produk ini mudah terbakar. Jadi hindari semua jenis tembakau dan sumber panas, termasuk pengering rambut, pemanas ruangan, dan kompor saat menggunakannya.

8. Spinosad (Natroba)

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya adalah dengan menggunakan produk Spinosad. Biasanya seseorang hanya membutuhkan satu kali perawatan dengan produk ini. Produk Spinosad membantu membunuh telur kutu dan kutu hidup. Produk ini juga aman digunakan untuk anak di atas 4 tahun.

9. Keringkan Rambut dengan Blow Dryer

Sebuah studi tahun 2006 oleh Brad M. Goates dan rekan yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics. Namun, itu kurang efektif dalam membunuh kutu hidup.

Pengering rambut yang menggunakan panas langsung akan menghilangkan hampir 98% telur kutu dan 55% kutu hidup. Jadi Anda bisa menggunakan pengering rambut pada rambut yang baru dicuci.

Jangan pernah menggunakan udara panas setelah menggunakan bahan kimia kutu. Mengapa? Karena beberapa obat mungkin mengandung bahan yang mudah terbakar.

10. Menyisir Basah Rambut

Jika Anda tidak ingin menggunakan perawatan kutu berbasis insektisida, Anda dapat menghilangkan kutu secara alami di rumah dengan membasahi rambut secara teratur dan menyisirnya dengan sisir bergigi jarang.

  • Pengobatan rumah alami untuk kutu rambut:
  • Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke rambut Anda sebelum menyikat. Ini akan membantu kutu dan telur kutu menempel pada sisir.
  • Sisir kulit kepala Anda, mulai dari ujung rambut Anda dan turun ke bawah.
  • Lakukan ini setiap 2-3 hari atau sampai tidak ada lagi tanda-tanda kutu atau telur kutu.
  • Sisir kutu dengan gigi kecil akan membantu menghilangkan kutu aktif dan telurnya. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan ini setiap minggu selama minimal 3 minggu.

11. Menggunakan Minyak Esensial

Ini merupakan termasuk obat-obatan, untuk mengusir kutu secara alami. Minyak atsiri adalah minyak yang diperoleh dari penyulingan berbagai ekstrak biji tanaman dan buah.

Minyak atsiri dari tanaman seperti pohon teh dan adas manis dapat mencekik dan membunuh kutu. Namun, minyak esensial ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit kepala yang sensitif.

12. Rutin Membersihkan Alat Rambut

Setelah Anda mengetahui bahwa Anda memiliki kutu, Anda perlu lebih sering merawat alat penata rambut Anda. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya, Anda perlu merendam sisir dan aksesoris rambut lainnya dalam air sabun yang dicampur dengan air panas selama 5-10 menit.

Akhir Kata

Ini adalah informasi tentang Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya secara alami dan cepat. Jadi, jika Anda memiliki kutu di rambut Anda, Anda dapat mencoba metode di atas untuk menghilangkan kutu. Semoga informasinya bermanfaat!