Cara Menghilangkan Memar Di Kaki

Cara Menghilangkan Memar Di Kaki Dengan Mudah dan Cepat

Ada beberapa Cara Menghilangkan Memar Di Kaki dengan cepat dan mudah yang harus Anda ketahui. Memar adalah akibat dari beberapa jenis trauma atau cedera pada kulit yang menyebabkan pembuluh darah pecah. Dan memar adalah reaksi normal terhadap cedera.

Pembuluh darah kecil di bawah kulit dapat rusak dengan sedikit benturan, meninggalkan darah di bawah kulit. Darah yang terperangkap ini akhirnya di serap kembali oleh tubuh saat luka sembuh.

Cara Menghilangkan Memar Di Kaki

Selama waktu ini, darah yang terperangkap dapat meninggalkan noda abu-abu, kebiruan, atau ungu yang lembut saat di sentuh. Memar biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi keparahan penampilannya.

Pengobatan rumahan tertentu dapat mempercepat penyembuhan, meminimalkan kejadiannya, dan mencegahnya terjadi. Pengobatan rumahan berikut ini aman untuk memar ringan dan dapat membantu menghilangkan memar lebih cepat.

Tahapan Perubahan Warna Luka Memar

Cepat atau lambat Proses penyembuhan memar tergantung pada berat ringannya benturan atau lokasi luka.

Nah, untuk mengetahui proses penyembuhan luka memar, ibu-ibu bisa melihat tahapan-tahapan perubahan warna memar sebagai berikut:

1. Pertama Akan Berwarna Merah

Segera setelah terkena biasanya kulit langsung merah. Bagian yang terkena juga menjadi sedikit bengkak dan nyeri saat di sentuh.

2. Kebiruan Sampai Ungu Tua

Memar berwarna ungu kebiruan dan biasanya terjadi selama 1-2 hari.

Hal ini di sebabkan kurangnya penyerapan oksigen dan munculnya pembengkakan di area sekitar memar.

Akibatnya, hemoglobin merah berubah menjadi biru.

3. Hijau Pucat

Pada hari keenam, warna memar biasanya berubah menjadi hijau.

Ini normal karena proses penyembuhan sedang berlangsung dan hemoglobin dalam darah mulai rusak.

4. Kuning Kecokelatan

Setelah seminggu, memar berubah menjadi warna yang lebih terang, yaitu coklat muda atau kuning muda, bunda.

Langkah ini merupakan proses penyembuhan memar terakhir.

Memar tidak lagi berubah warna dan perlahan memudar kembali ke warna kulit aslinya.

Perlu di ingat bahwa memar yang terasa sakit saat di sentuh, membesar dan tidak sembuh-sembuh harus di waspadai oleh para ibu.

Memar yang terjadi setelah minum obat pengencer darah atau tanpa cedera fisik juga harus di pertimbangkan.

8 Cara Menghilangkan Memar Di Kaki Secara Alami

1. Mengompres dengan Es batu

Cara Menghilangkan Memar Di Kaki yang pertama adalah dengan menggunakan es batu. Oleskan es segera setelah cedera untuk mengurangi aliran darah di sekitar area tersebut. Pendinginan pembuluh darah dapat mengurangi jumlah darah yang mengalir ke jaringan sekitarnya.

Ini dapat mencegah memar yang terlihat dan mengurangi pembengkakan. Oleskan es ke memar selama 10 menit setiap kali. Beristirahatlah selama 20 menit setiap kali.

2. Panas

Cara Menghilangkan Memar Di Kaki yang kedua adalah dengan menggunakan panas. Anda dapat menerapkan panas untuk meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah. Ini akan membantu menghilangkan darah yang terperangkap setelah memar terbentuk.

Menerapkan panas juga dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan menghilangkan rasa sakit. Anda dapat menggunakan bantal pemanas atau botol air panas. Anda juga dapat membenamkan diri dalam mandi busa.

3. Kompresi

Selanjutnya yang Ketiga Cara Menghilangkan Memar Di Kaki adalah dengan menggunakan kompresi. Bungkus area yang memar dengan perban elastis. Ini akan menekan jaringan dan membantu mencegah kebocoran pembuluh darah.

Menggunakan kompresi dapat mengurangi keparahan memar dan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

4. Tempatkan Memar di Tempat Tinggi

Cara keempat untuk menghilangkan memar adalah dengan menempatkan bagian yang memar ke atas. Tinggikan area yang memar sehingga berada di atas jantung.

Ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengalirkan cairan dari area memar. Ketinggian juga dapat mengurangi tekanan dan kompresi. Ini memberi Anda kesempatan sempurna untuk beristirahat dan bersantai, yang juga dapat membantu proses penyembuhan.

5. Mengoleskan Krim Vitamin K

Cara kelima untuk menghilangkan memar adalah dengan mengoleskan krim vitamin K. Vitamin K adalah nutrisi penting yang membantu pembekuan darah.

Dalam satu penelitian, krim vitamin K di temukan untuk mengurangi keparahan memar setelah perawatan laser. Untuk menggunakan perawatan ini, gosok perlahan krim vitamin K pada memar setidaknya dua kali sehari.

6. Menggunakan Aloe Vera

Cara Menghilangkan Memar Di Kaki adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya telah terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya secara topikal ke area yang terkena atau memar. Pastikan untuk menggunakan gel yang mengandung lidah buaya murni. Baca label dengan cermat untuk memeriksa aditif.

7. Kandungan Vitamin C

Cara menghilangkan memar selanjutnya adalah dengan vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat sebagai anti inflamasi yang bisa di gunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Anda juga dapat menemukan gel, krim, atau serum yang mengandung vitamin C.

Anda dapat mengoleskan produk ini secara topikal atau meminumnya sebagai suplemen. Di sertai dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur segar dengan juga vitamin C.

8. Mengonsumsi Buah Nanas

Cara Menghilangkan Memar Di Kaki berikutnya yaitu dengan menggunakan nanas. Bromelain adalah campuran enzim yang di temukan dalam nanas. Bromelain bisa membantu mengurangi keparahan memar dan mengurangi peradangan.

memakan atau mengonsumsi suplemen buah nanas atau suplemen yang mengandung bromelain bisa meredakan memar. kamu juga bisa mengoleskannya secara topikal sebagai krim ke area yang memar.

9. Lidah buaya

Tidak hanya baik untuk perawatan kulit, manfaat lidah buaya Pin Health juga dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Penggunaannya juga cukup mudah, kamu bisa mengaplikasikannya pada area yang memar.

Namun, pastikan menggunakan gel lidah buaya murni untuk hasil yang maksimal.

10. Penggunaan Arnica

Arnica montana yaitu obat tradisional homeopati yang diyakini bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Ini menjadikannya pengobatan yang ideal untuk memar.

Arnica mengandung senyawa yang dikenal memiliki efek anti-inflamasi yang dapat diserap melalui kulit.

Dikutip dari British Journal of Dermatology: Salep arnica topikal dapat mengurangi memar secara efektif dan merupakan cara yang cukup efektif untuk mengobati memar.

Sebelum digunakan, Anda bisa mengoleskan salep atau gel arnica pada memar beberapa kali sehari.

Salep yang mengandung 20% ​​arnica dapat mempercepat waktu penyembuhan dibandingkan dengan plasebo.

11. Menggunakan Bromelain

Bromelain adalah campuran enzim yang ditemukan di tanaman nanas.

Enzim ini memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi memar dan bengkak saat dioleskan ke kulit.

Seseorang dapat mengoleskan krim atau gel yang mengandung bromelain 2 hingga 3 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter.

Suplemen bromelain oral dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, termasuk:

  • Masalah Pencernaan
  • Peningkatan denyut jantung

Orang dengan alergi nanas tidak boleh mengonsumsi bromelain.

Terkadang suplemen bromelain direkomendasikan setelah operasi untuk meminimalkan memar.

Itulah artikel tentang 10 Cara Menghilangkan Memar Di Kaki secara alami yang aman dan sudah teruji ampuh. Semoga bermanfaat yaa!