Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat Secara Alami

Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat

Timbilan adalah munculnya benjolan yang terlihat seperti bisul atau jerawat di kelopak mata. Munculnya bisul atau jerawat terkadang mengganggu aktivitas dan kenyamanan mata. Jika tidak diobati dengan benar, Timbilan dapat menyebabkan kalazion atau penyebaran infeksi bakteri ke bagian tubuh lainnya, sehingga harus segera di obati. Berikut Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat Secara Alami, simak ulasan berikut!

Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat

10 Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat dan Aman

berikut cara mengobati Timbilan dengan aman dan cepat. simak ulasan berikut!

1. Kompres Dengan Air Hangat

Kompres hangat membantu kelembapan atau nanah pada bintil keluar secara alami. Ini akan memungkinkan tembel lebih cepat sembuh.

Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat cukup sederhana, siapkan air hangat dan handuk bersih yang lembut. Kemudian rendam handuk dalam air hangat. Peras handuk sampai airnya tidak habis.

Letakkan handuk hangat di atas area mata yang terkena selama 5-10 menit. Ulangi 2-4 kali sehari.

Meskipun bintil biasanya hanya terjadi pada satu mata, namun jika kedua mata merasakan bintil secara bersamaan, Anda dapat menggunakan beberapa handuk hangat untuk menekan bintil secara bersamaan.

2. Gunakan Kantong Teh yang Hangat

Teh hitam di percaya memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu melawan infeksi bakteri penyebab bintil. Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat  siapkan air panas dan teh celup hitam. Kemudian seduh teh seperti proses pembuatan teh.

Setelah teh di rendam dalam air hangat selama satu menit, keluarkan kantong teh dan peras agar air tidak bocor. Kemudian letakkan kantong teh di area mata yang terkena bintil selama 5-10 menit. Kompres dua kali sehari sehingga peradangan dan pembengkakan dapat membaik.

3. Membersihkan Kelopak Mata

Membersihkan kelopak mata dengan lembut jika mengalami bintil bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati bintil. Area di sekitar mata masih perlu di bersihkan untuk mencegah bakteri berkembang biak.

Dalam upaya membersihkan area mata saat bintil, setiap orang di sarankan untuk menghindari penggunaan bahan kimia sintetis yang keras. Sebaliknya, gunakan bahan yang lembut dan tidak mengiritasi.

Ini karena kulit di sekitar mata jauh lebih tipis daripada bagian wajah lainnya. Penderita Timbilan, misalnya, bisa menggunakan sampo bayi bebas sengat dan mencampurnya dengan sedikit air hangat.

Gunakan dengan kapas bersih atau waslap untuk menyeka kelopak mata dengan lembut. Orang dengan tembel dapat melakukan ini setiap hari sampai gejala tembel hilang. Pembersihan kelopak mata secara teratur juga dapat membantu mencegah Timbilan di masa depan.

4. Hindari Memakai Riasan dan Lensa Kontak

Hindari pemakaian riasan jika memiliki bintil. Pasalnya, make-up atau riasan wajah bisa semakin mengiritasi mata dan memperlambat proses penyembuhan.

Riasan dan lensa kotak juga dapat memindahkan bakteri dari riasan dan peralatan dan menyebarkan infeksi ke mata lainnya. Cuci sikat yang dapat di gunakan kembali secara teratur.

Buang juga produk mata yang berumur lebih dari 3 bulan untuk menghindari Timbilan. Jika Anda biasanya memakai lensa kontak, Anda mungkin ingin menggunakan kacamata sementara sampai Timbilan sembuh.

Bakteri Bintitan bisa masuk ke lensa kontak dan menyebarkan infeksi. Beralih ke satu set lensa kontak baru saat Timbilan sembuh untuk mencegah infeksi ulang.

5. Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Pijat Daerah Bintil

Pijat daerah bintil saat berjerawat, ini bisa menjadi cara mengobati bintil secara alami. Saat tembel pecah, pijat lembut di sekitar area tembel dengan kain lembab untuk menghilangkan kebocoran.

Sebelum memijat area tersebut, pastikan tangan Anda bersih agar tidak memperburuk kondisi. Namun, hentikan pemijatan jika ternyata terasa menyakitkan. Setelah tembel mengering, jaga kebersihan area tersebut dan hindari menyentuh mata.

6. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat Minum obat penghilang rasa sakit yang di jual bebas jika bintil membuat Anda tidak nyaman. Ada beberapa obat pereda nyeri yang di jual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen (acetaminophen) untuk meredakan nyeri.

Saat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, Anda harus mengikuti petunjuk pada kemasan untuk memastikan Anda menggunakan dosis yang benar. Jika bintil yang Anda alami menyebabkan rasa sakit yang parah dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, Anda harus segera mencari bantuan medis.

7. Menggunakan Salep Antibiotik

Menggunakan salep antibiotik Gunakan salep antibiotik seperti bintil untuk meredakan bintil ringan. Ada banyak salep antibiotik yang di jual di apotek yang bisa dioleskan dengan aman ke mata.

Seperti halnya pereda nyeri, pastikan untuk mengikuti petunjuk kemasan atau berkonsultasi dengan apoteker Anda sebelum menggunakan salep antibiotik. Salah satunya adalah memastikan bahwa produk salep yang akan di gunakan di dalam atau di luar mata.

Sementara itu, di sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter mata jika Anda memiliki bintil dengan kondisi berikut:

  • Sangat menyakitkan
  • Mengganggu penglihatan
  • Tidak akan hilang dengan obat-obatan yang dijual bebas

Dokter dapat membantu Anda meresepkan obat terbaik untuk bintil . Terutama dalam kasus Timbilan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan salep antibiotik dengan dosis tertentu. Jika terjadi peradangan, dokter akan memberikan suntikan steroid untuk mengurangi pembengkakan. Untuk bintil yang ada di mata atau mempengaruhi penglihatan, dokter bisa mengobatinya secara profesional.

8. Menghilangkan Timbilan Dengan Menoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk masalah kulit seperti bintil. Minyak kepala telah terbukti memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Oleh karena itu, minyak kelapa di percaya dapat membantu menyembuhkan Timbilan dan juga mengurangi rasa sakit. Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat secara alami dengan minyak kelapa yaitu :

  • Masukkan setengah cangkir minyak kelapa ke dalam wadah yang bersih
  • Cuci tangan dan wajah (termasuk bintil) dan setelah semuanya kering, oleskan sedikit minyak pada bintil tersebut
  • Biarkan minyak meresap rendam dalam minyak, jangan di cuci
  • Ulangi sebanyak mungkin dan biarkan minyak meresap ke dalam kulit di antara pengulangan tusukan

9. Menggunakan Pasta Kunyit

Kunyit dapat di gunakan tidak hanya untuk menambah warna dan rasa pada makanan, tetapi juga untuk meredakan peradangan pada masalah kulit seperti Timbilan.
Kunyit telah digunakan sebagai obat herbal selama bertahun-tahun dan merupakan cara yang sangat efektif dan aman untuk menghilangkan Timbilan. Jika tembel terlalu dekat dengan mata, larutan kunyit bisa disiapkan.

Berikut cara menghilangkan bintil secara alami menggunakan kunyit:

  • Campurkan 1 sendok teh kunyit dengan air, minyak kelapa, atau minyak jarak secukupnya untuk membuat pasta
  • Cuci tangan, bersihkan tembel dengan air hangat dan cuci tangan lagi
  • Oleskan pasta ke area bintil dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat
  • Ulangi hingga 4 kali sehari
  • Anda juga dapat mencampur 2 sendok teh kunyit dalam 1 cangkir air panas dan pastikan cukup dingin untuk dioleskan ke kulit.
  • Celupkan ujung handuk bersih ke dalam campuran dan oleskan pada bintil sampai mengering
  • Ulangi menggunakan area bersih kain hingga 5 kali sehari

10. Gunakan gel lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki banyak khasiat penyembuhan, di antaranya dapat membantu mengobati kulit terbakar sinar matahari, menyembuhkan luka dan juga efektif untuk pengobatan bintil. Ramuan ini bersifat antibakteri dan mengurangi pembengkakan dan kemerahan yang disebabkan oleh bintit.

Yang terbaik adalah mengambil gel langsung dari tanaman lidah buaya. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati bintil:

  • Keruk gel dari daun lidah buaya ke dalam wadah yang bersih.
  • Oleskan sedikit gel langsung ke bintil. Diamkan dan meresap ke dalam kulit.
  • Ulangi ini hingga 4 kali sehari.

Itulah artikel tentang 10 Cara Menghilangkan Timbilan Dengan Cepat secara alami dan tentunya juga aman bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *