Buatlah Kesimpulan dari Cerita Imam Syafii

Buatlah Kesimpulan dari Cerita Imam Syafii

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Buatlah Kesimpulan dari Cerita Imam Syafii

Buatlah Kesimpulan dari Cerita Imam Syafii

Buatlah Kesimpulan dari Cerita Imam Syafii

 Jawaban : 

Di karenakan tidak di jelaskan cerita tentang Imam Syafi\i pada peristiwa apa, maka kali ini akan kita bahas sejarah singkat dari Imam Syafi\i Rahimahullah sebagai berikut:

  • Imam Syafi\i merupakan salah satu imam Mazhab dari 4 mazhab yang terkenal.
  • Imam Syafi\i memiliki nama lengkap Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin Al Abbas bin Utsman bin Syafi.
  • Secara Nasab Imam Syafi\i bertemu memiliki silsilah Hasyim bin Al Muthollib bin Abdu Manaf di mana Abdul manaf merupakan kake moyang dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.
  • Imam Syafi\i lahir di Ghaza pada tahun 150 Hijriyah dalam keadaan yatim, sehingga yang membesarkannya adalah sang Ibunda tercinta.

Pembahasan : Cerita Imam Syafii

Imam Syafi’i Rahimahullah adalah salah satu dari 4 Imam yang di akui umat Islam. Ia belajar di Masjidil Haram untuk menghafal Al-Qur’an dan mampu menghafal seluruh isi Al-Qur’an pada usia 7 tahun. Kemudian pada usia 10 tahun ia hafal isi kitab AL Muwatho karya Imam Malik sebelumnya. akhirnya bertemu di Madinah pada usia 12 tahun. Imam Malik sangat terkesan dengan kecerdasan Imam Syafii dan pada usia 15 tahun Imam Malik akhirnya mengizinkan Imam Syafii mengeluarkan fatwa. Ia juga belajar dari suku Hudzail, yang terkenal dengan kefasihannya dan kemurnian bahasanya, serta syairnya. Hingga Imam Syafii juga terkenal sebagai ulama yang bisa berbahasa Arab. Murid Imam Syafi’i banyak dan menyebarkan ilmunya, namun yang menonjol di sektenya adalah Al Muzanniy, Al Buyuthiy, Ar Robi’ bin Sulaiman Al Marodiy, perawi kitab Al Umm dan masih banyak lagi. .

Demikian, semoga membantu!

Detail Jawaban

Kelas: 10

Mapel: Agama

Bab: Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan  

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *