Jelaskan Pengertian Pembagian Kekuasaan

Jelaskan Pengertian Pembagian Kekuasaan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Pembagian Kekuasaan

Pembagian kekuasaan adalah proses pembagian wewenang, tanggung jawab, dan tugas-tugas antara berbagai pihak atau lembaga dalam suatu sistem pemerintahan.

 

Pembahasan detail tentang Pembagian Kekuasaan

Terdapat dua jenis pembagian kekuasaan yang umum di kenal, yaitu:

  1. Pembagian kekuasaan yang berdasarkan sistem konstitusi, yang terdiri dari pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta pembagian kekuasaan antara lembaga-lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
  2. Sistem federal, yang terdiri dari pembagian kekuasaan antara pemerintah federal dan pemerintah daerah.

Pembagian kekuasaan yang baik akan membantu mencegah konflik dan menjaga agar tidak terjadi otoritas yang terlalu kuat pada satu lembaga atau individu. Pembagian kekuasaan juga akan membantu mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi, seperti kontrol dan pengawasan terhadap pemerintah dan perlindungan hak-hak individu.

 

Detail Soal

Kelas:  10 SMA

Mapel:  Ppkn

Bab 6 – Sistem Politik IndonesiaKata kunci : Pengertian pembagian kekuasaan.

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *