Jelaskan Pengertian Mobilitas Sosial

Jelaskan Pengertian Mobilitas Sosial

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Mobilitas Sosial

Gerakan sosial (mobilitas sosial) adalah perubahan, pergeseran, peningkatan atau penurunan status dan peran seseorang dalam suatu kelompok sosial.

Mobilitas sosial terbagi menjadi dua jenis, yaitu mobilitas vertikal dan horizontal.

Pembahasan rinci tentang mobilitas sosial

Status seseorang dalam masyarakat tidaklah statis, tetapi dapat berubah seiring waktu dan peristiwa yang di alami, dalam proses mobilitas sosial.

Perbedaan antara mobilitas sosial horizontal dan vertikal adalah bahwa dalam mobilitas sosial horizontal terjadi perubahan posisi pekerjaan atau peran seseorang atau kelompok tanpa melibatkan perubahan posisi mereka dalam hierarki sosial. Sedangkan dalam mobilitas sosial vertikal terjadi perubahan posisi individu atau kelompok dalam hirarki sosial.

Mobilitas horizontal adalah perubahan posisi tanpa perubahan status sosial. Yang terjadi hanyalah perubahan kedudukan dalam status sosial yang sama.

Ketika seorang pekerja pedesaan datang ke kota dan menjadi pekerja industri atau manajer yang menempati posisi yang sama di perusahaan lain, tidak ada perubahan signifikan dalam posisi mereka dalam hierarki. Mobilitas sosial ini di sebut mobilitas horizontal.

Mobilitas vertikal mengacu pada perpindahan individu atau orang atau kelompok dari satu status ke status lainnya. Perubahan status ini bisa naik atau turun.

Jika seorang pekerja industri di angkat atau di angkat sebagai pengusaha atau manajer, ia telah mengubah kedudukannya dalam sistem stratifikasi sosial. Ini adalah contoh mobilitas vertikal.

Detail Soal

Kelas: IX

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 5 – Perubahan Sosial

Kata kunci: Mobilitas Sosial

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *