Jelaskan Pengertian Daya Tahan

Jelaskan Pengertian Daya Tahan

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Daya Tahan 

 

Jelaskan Pengertian Daya Tahan

Jelaskan Pengertian Daya Tahan 

Jawab :

Daya tahan atau endurance yaitu salah satu komponen penyusun kebugaran jasmani. Daya tahan adalah sebuah kemampuan dari seseorang untuk melakukan gerakan dengan seluruh tubuhnya dalam waktu yang cukup lama dan dengan tempo sedang sampai cepat tanpa adanya rasa kelelahan yang belebihan. Latihan ketahanan tubuh di bagi menjadi dua macam yaitu latihan daya tahan otot setempat atau muscular endurance (local endurance) dan latihan endurance cardiorespiratory endurance.

Pembahasan detail tentang daya tahan

Dalam konteks kesehatan manusia, “daya tahan” sering mengacu pada stamina atau daya tahan seseorang, yaitu kemampuan untuk mempertahankan usaha fisik atau mental dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah konstruksi multidimensi, termasuk faktor fisik, psikologis dan emosional yang dapat di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Selain itu, “daya tahan” juga dapat merujuk pada aspek lain dari tubuh manusia seperti sistem kekebalan tubuh, ketahanan terhadap infeksi, kemampuan untuk pulih dari penyakit, serta kondisi lingkungan seperti suhu, kelembaban dan tekanan.

Latihan endurance cardiorespiratory endurance adalah latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seluruh tubuh. Contohnya adalah jogging, berjalan, bersepeda, gerakan naik turun tangga, dan berenang.

 

Detail Soal

Kelas: 10

Mapel: Penjaskes

Kategori: Latihan dan pengukuran kebugaran jasmani

Kata Kunci: kebugaran jasmani, kekuatan, endurance

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *