Jelaskan Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Jelaskan Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Berikut letak astronomis dan letak geografis Indonesia:

  1. LOKASI ASTRONOMI: Indonesia terletak pada 6° Lintang Utara – 11° Lintang Selatan & 95° Bujur Timur – 141° Bujur Timur.
  2. LOKASI GEOGRAFIS: Indonesia terletak pada posisi silang dimana dikelilingi oleh dua benua dan juga dua samudra. Indonesia terletak di antara benua Asia dan benua Australia dan juga terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Pembahasan detail letak astronomis dan geografis Indonesia

Yang dimaksud dengan letak astronomis ialah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis memberikan banyak pengaruh terhadap kondisi suatu daerah. Posisi astronomis Indonesia sendiri memiliki pengaruh sebagai berikut:

  1. Curah hujan cenderung tinggi
  2. Dapatkan sinar matahari sepanjang tahun
  3. Tingkat kelembaban tinggi
  4. Kondisi tersebut di atas menjadikan tanah Indonesia subur, banyak hutan hujan tropis dan sebagainya.

Secara geografis, Indonesia juga berada di lokasi yang sangat strategis karena berada di jalur perdagangan internasional berbasis kapal laut. Apalagi berkat letak geografis tersebut, Indonesia memiliki dua musim, yakni kemarau dan penghujan. Kedua musim ini juga mendukung kekayaan alam Indonesia, termasuk kesuburan tanah yang mendukung kegiatan agraris.

Detail Soal

Kelas          : 1 SMP

Mapel         : IPS

Bab             : Bab 1 – Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia

Kata Kunci : Letak, Geografis, Astronomis, Indonesia, Lintang, Bujur

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *