Jelaskan Letak Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Jelaskan Letak Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Letak Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Jawab :

Indonesia terletak di sebelah barat laut Samudera Pasifik dan antara benua Asia dan Australia. Secara astronomis, Indonesia terletak di antara lintang 6°LS – 11°LS dan bujur 95°BT – 141°BT. Indonesia terletak di antara Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di sebelah timur. Indonesia juga terletak di bagian bawah benua Australia.

 

Pembahasan detail tentang Letak Wilayah Indonesia

Batas astronomi

Batas astronomis atau yang di kenal dengan letak astronomis adalah letak suatu daerah, tempat atau negara yang kemudian di lihat dari suatu posisi yaitu berdasarkan posisi lintang dan bujur. Dalam hal ini, penggunaan garis lintang itu sendiri adalah bentuk garis imajiner yang kemudian akan memanjang secara horizontal yang kemudian akan melingkari bumi itu sendiri, selain itu ada juga garis bujur yang merupakan bentuk garis imajiner yang kemudian akan menjadi vertikal. lingkaran dari bumi.

Selain itu, garis lintang dan garis bujur kemudian di bagi menjadi dua jenis, yaitu garis lintang Utara dan Selatan, yang kemudian di batasi oleh garis imajiner lain, yaitu garis khatulistiwa atau yang di sebut garis khatulistiwa itu sendiri. Kemudian dari bujur barat dan bujur timur itu sendiri kemudian di batasi dalam penggunaan Greenwich Mean Time atau yang lebih di kenal dengan GMT.

 

Kelas : 5

Pelajaran : IPS

Kategori : Bumi

Kata Kunci : Letak Astronomi, Letak Geografis, Asia

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *