Jelaskan Pengertian Ilmu Ekonomi

jelaskan pengertian ilmu ekonomi 3753

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Jelaskan Pengertian Ilmu Ekonomi

Jawaban dari soal Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.

Pembahasan : Ilmu ekonomi

Secara etimologi ekonomi berasal dari dua kata yaitu oikos dan nomos. Oikos artinya rumah sedangkan nomos artinya peraturan.

Ekonomi mempelajari kecenderungan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, manusia melakukan apa yang disebut kegiatan ekonomi.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia melakukan kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.

  • Produksi = Kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa
  • Konsumsi = Kegiatan mengurangi nilai guna suatu benda atau menikmati jasa tertentu
  • Distribusi = Usaha yang menyalurkan barang ke konsumen

Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara bagaimana orang, perusahaan, dan pemerintah membuat keputusan tentang bagaimana menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Ilmu ekonomi mempelajari bagaimana barang dan jasa di ciptakan, diperdagangkan, dan dikonsumsi, serta bagaimana keputusan tentang bagaimana menggunakan sumber daya tersebut mempengaruhi perekonomian suatu negara.

ekonomi Ilmu di bagi menjadi dua cabang utama, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. mikro Ekonomi mempelajari keputusan individu dan perusahaan tentang bagaimana menggunakan sumber daya, serta bagaimana interaksi antara individu dan perusahaan mempengaruhi harga dan jumlah barang dan jasa yang di tawarkan di pasar. Ekonomi makro mempelajari bagaimana faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, dan tingkat inflasi mempengaruhi perekonomian suatu negara secara keseluruhan.

Ilmu ekonomi menggunakan metode analitis dan teori untuk memahami fenomena ekonomi dan mengembangkan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ilmu ekonomi juga mempelajari bagaimana faktor-faktor seperti kebijakan fiskal, kebijakan moneter, dan perdagangan internasional mempengaruhi perekonomian suatu negara.

Detail Jawaban

Kelas : X

Mapel : Ekonomi

Bab : 1 (Pengenalan Ilmu Ekonomi)

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *