Contoh Blog Bisnis
katalisnet

16 Contoh Blog Bisnis Dengan Berbagai Topik

Ayo simak contoh blog bisnis yang bisa kalian jadikan referensi dalam membuat blog dengan berbagai topik yang kalian inginkan. Sejarah panjang blog mulai dari pembuatan halaman pribadi oleh Justin Hall pada tahun 1994 hingga lahirnya WordPress dan akuisisi Blogger oleh Google pada tahun 2003.

Contoh Blog Bisnis
blogspot

Enda Nasusan atau bapakIndonesia julukan itu bukan tanpa alasan. Tercatat sebagai blogger pertama di Indonesia dan memperkenalkan blogging kepada masyarakat Indonesia dalam artikel “Apa Itu Blog” pada tahun 2001.

Pada tanggal 27 Oktober 2007, Enda menjadi tuan rumah pesta blogger dengan beberapa blogger nasional lainnya, yang juga. Tujuan dari acara ini adalah sebagai wadah kumpulnya para blogger Indonesia, untuk mereka berdiskusi dan bertukar pikiran tentang blog.

Mereka yang sudah memiliki blog bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat blog yang lebih baik lagi. Bagi mereka yang tidak memiliki blog, contoh blog berikut dapat mendorong Anda untuk memulai blogging.

16 Contoh Blog Bisnis

1. Everywhereist

Butuh contoh blog traveling sebagai sumber inspirasi bisa menjadi contoh di mana-mana. Everywhere East adalah blog perjalanan Geraldine DeRuiter, yang terpilih sebagai blog terbaik tahun 2011 oleh majalah Time.

Blognya sebagian besar menampilkan cerita tentang perjalanan keliling dunia bersama suaminya. Ia juga menerbitkan buku berdasarkan catatan perjalanannya yang berjudul “All Over the Place”

2. Snack Kids

Terkadang ketika orang Indonesia ingin memutuskan ingin makan apa, mereka mencarinya terlebih dahulu di Google. Ini merupakan peluang bagi Anda yang tertarik dengan dunia kuliner. Anda dapat membuat contoh blog bisnis yang berisi ulasan tentang makanan dan restoran.

Salah satu food blogger yang terkenal di Indonesia adalah Anak Snack. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa menjalankan blog ini. Blog berbahasa Inggris ini telah memenangkan banyak penghargaan seperti Influence Asia 2017, RCTI Socmed Awards 2016 dan Dreamer Radio Selegram Award 4

3. Gary Sheng

Situs web pribadi Gary Sheng mencakup riwayat pelatihan, proyek, dan pengalaman kerjanya. Gary mampu menunjukkan keahlian rekayasa perangkat lunak dan pengembangan webnya dengan baik melalui desain situs web. Jika Anda ingin membuat situs web pribadi yang sederhana, Anda dapat mengikuti Situs Web Pribadi Gary Sheng.

4. Gary Cruze

Gary Cruz gunakan blognya sebagai portofolio sehingga ketika seseorang ingin menggunakan jasanya, mereka dapat ketahui seperti apa kualitas karya yang telah dihasilkannya.

Dia adalah seorang copywriter Amerika yang memiliki blog yang meliput pekerjaannya sebagai copywriter untuk produk seperti Slack, P&G, dan US Xpress Shipping.

5. Trinity Traveler

Contoh blog bisnis Trinity Traveler ini mungkin sudah banyak dikenal warga Indonesia. Trinity terkenal karena cerita perjalanannya ke luar negeri dengan anggaran terbatas yang dibagikan di blognya. Dan juga dikenal sebagai travel blogger pertama di Indonesia.

Trinity Traveler mulai berbagi cerita perjalanannya melalui blognya pada tahun 2005, dimulai dengan mencatat setiap kali dia bepergian. Sejak itu, banyak yang menikmati kisah perjalanan Trinity dan menginspirasi banyak orang untuk mengabadikan kisah perjalanan mereka melalui tulisan.

Trinity telah memenangkan gelar Penulis Terlaris Nasional dengan 14 buku perjalanan (beberapa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris). Buku-bukunya (Trinity, The Naked Traveler) juga diadaptasi menjadi film pada tahun 2017 yang dibintangi oleh Maudie Ayunda.

Trinity telah berbicara di acara penulisan bergengsi seperti Ubud Writers and Readers Festival dan Frankfurt Book Fair. Blog Trinity menjadi salah satu orang paling berpengaruh di Indonesia. Hal ini tentunya didukung oleh keabadian dan kualitas konten yang dibuat oleh Trinity Traveler.

6. Mira Sahid

Orang tua juga bisa membuat blog tentang parenting. Mira Sahid adalah salah satu parenting blogger terkenal di Indonesia. Ia juga pendiri blogger Emock Collection yang kini memiliki sekitar 1000 anggota.

7. Robbie Leonardi

Leonardi adalah seorang desainer grafis yang secara kreatif menggunakan situs web pribadinya sebagai resume dan portofolio. Pengunjung situs web dapat melihat resume dan portofolio Robbie melalui permainan sederhana di situs webnya.

8. Quinton Harris

Bagi yang membutuhkan inspirasi untuk membuat website pribadi untuk resume yang menarik, Anda bisa menggunakan website Quinton Harris sebagai contoh. Pada homepage websitenya, terdapat 11 aspek penting dalam hidupnya, mulai dari keluarga, riwayat pendidikan, pengalaman kerja hingga keterampilan.

9. Sudut Pandang (Nukman Luthfie)

Nukman adalah salah satu contoh blog bisnis yang memulai event Blogger 2007. Nukman adalah pakar media sosial dan pemasaran digital di Indonesia. Di tengah kesibukannya, ia masih menyempatkan diri untuk menulis di blog pribadinya, Angle of View. 

10. Blog Sugeng.id

Bagi yang sering belajar tentang WordPress, Blogspot dan SEO, pasti sudah tidak asing lagi dengan blog ini. Banyak artikel di blog ini yang masuk 3 besar hasil pencarian Google, jadi bisa dipastikan blognya banyak pengunjungnya.  

11. Kendra Schaeffer

Kendra tidak menampilkan resume dan portofolio di website pribadinya. Dia aktif menulis artikel tentang perjalanan dan teknologi di saluran blognya. Selain melihat proyek-proyek profesional Kendra, pengunjung juga dapat membaca tentang kehidupan pribadinya melalui artikel blognya.

12. Diana Ricasari

Sebagai seorang blogger, Anda harus konsisten. Salah satunya sesuai dengan topik pembahasan. Salah satu topik yang paling populer di Indonesia adalah fashion. Jika Anda tertarik dengan dunia fashion, Anda bisa menggunakan blog Diana Ricasar sebagai inspirasi.

Diana Ricasari mendesain blognya dengan konsep anak muda dan penuh warna. Ketika Anda melihat blognya, Anda akan melihat bahwa blognya adalah blog fashion. Selain blogging, Diana aktif membuat vlog di saluran YouTube-nya dan menulis buku.

13. Minimalist Baker

Jika Anak Snack lebih banyak tentang makanan dan restoran, contoh blog bisnis makanan ini menawarkan lebih banyak konten resep. Minimalist Baker dijalankan oleh pengembang resep, pembuat konten, dan fotografer makanan Dana. Dana telah menjalankan blog ini sejak 2010 dan aktif menulis buku resep.

14. Christopher Lee

Desainer grafis sering mempresentasikan karya mereka di situs Dribbble. Dengan Dribbble, desainer grafis dapat memamerkan karya mereka di situs web pribadi mereka. Seperti yang dilakukan Christopher Lee.

Christopher Lee memamerkan karya profesionalnya untuk Wendy’s, Line Corp, Honda Canada dan Nickelodeon di situs pribadinya.

15. Nick’s Car Blog

Penggemar mobil juga dapat memulai blog tentang topik ini. Anda dapat mengisi blog Anda dengan konten yang berhubungan dengan mobil, perawatan mobil, berita otomotif terbaru dan banyak lagi.

Blog mobil yang bagus adalah Blog Mobil Nick. Blog Nick Roshan sebagian besar berisi artikel tentang mobil Audi. Ia berbagi tips memilih mobil dan pengalaman dalam memodifikasi beberapa mobil.

16. Agus Mulyadi

Selain bekerja sebagai pemimpin redaksi Mojok, Agus Mulyadi aktif menulis di blog pribadinya. Blog pribadi Gus Mull sebagian besar berisi cerita dari kehidupan sehari-harinya. Blog ini menginspirasi Gus Mull untuk bertanya dan mempertanyakan #TrenSocial di BBC Indonesia.

Kesimpulan

Membuat blog kini semakin mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar dengan penyedia layanan blogging seperti Blogspot atau WordPress, ikuti petunjuk dan blog Anda siap.

Contoh blog bisnis dan website pribadi di atas bisa dijadikan inspirasi untuk memperbaiki blog atau website pribadi Anda. Gunakan prinsip mengamati, meniru, memodifikasi (ATM).

Perhatikan contoh blog dan website pribadi di atas. Kemudian putuskan apa yang bisa menajdi contoh dari blog atau website pribadi, baik itu dari segi desain, SEO atau konten. Kemudian sesuaikan agar sesuai dengan blog atau situs web pribadi Anda.