8 Contoh Bisnis Desain Grafis Modal Kecil 2023

Contoh Bisnis Desain Grafis

Lulusan desain grafis memiliki prospek kerja yang bagus karena di dukung dengan era digital saat ini yang menuntut penggunaan desain grafis seperti untuk industri kreatif dll. Berikut mimin akan bahas tentang 8 Contoh Bisnis Desain Grafis dengna modal kecil di tahun 2023.

Contoh Bisnis Desain Grafis

Jika Anda salah satunya, Anda perlu mencermati pekerjaan mana yang cocok untuk Anda. Anda bisa membuka usaha desain grafis sendiri dengan keuntungan besar.

Bacaan Lainnya

Namun, membuka usaha tentunya tidak lepas dari pemikiran modal yang di keluarkan. Anda tidak perlu khawatir karena modal untuk contoh bisnis desain pada artikel ini hanya investasi skill, laptop dan software pendukung.

Memulai bisnis desain grafis bisa di lakukan secara online, Anda hanya perlu mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial yang ada.

Sehingga, bisnis desain grafis online sering di jadikan rebutan oleh perusahaan untuk mendapatkan konten yang bagus. Bisnis desain grafis online yang satu ini juga cocok untuk masa pandemi saat ini karena Anda sebagai pemilik bisnis atau desainer lepas bisa melakukannya di rumah.

Apa saja contoh bisnis desain grafis? silahkan di simak!

8 Contoh Bisnis Desain Grafis Paling Menarik 2022

Berikut contoh bisnis desain grafis yang bisa di lakukan dengan modal kecil dan online di tahun 2022!

1. Bisnis Desain Grafis Rumah

Anda yang memiliki keahlian arsitektur bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha desain rumah. Contoh Bisnis Desain Grafis rumah ini banyak di minati, hal ini di lansir neilpatel.com, pencarian bisnis desain rumah ini sekitar 5000-6000 orang dalam sebulan.

Pekerjaan ini hanya membutuhkan laptop yang mendukung pemasangan aplikasi desain rumah. Aplikasi yang di gunakan seperti: AutoCAD, ArchiCAD, Sketch-up, dll. Bisnis ini sangat menjanjikan karena pendapatan yang di dapat dari satu proyek cukup besar.

Penghasilan dari jasa desain rumah ini tergantung dari luas bangunan atau per meter perseginya, mulai dari 100 ribu hingga 1 juta per meter.

2. Bisnis Desain Grafis Interior

Contoh Bisnis Desain Grafis yang lain dan menjanjikan dari bisnis desain grafis adalah desain interior. Sama seperti desain rumah, untuk bekerja di industri ini Anda perlu menggunakan aplikasi desain seperti di atas.

Anda bisa memulai bisnis desain grafis online untuk memudahkan promosi. Pendapatan yang di peroleh dari bisnis in-house ini juga sangat menjanjikan.

3. Bisnis Desain Logo

Contoh Bisnis Desain Grafis ini sangat di gemari, hal ini di karenakan banyak perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan dan promosinya dengan menggunakan jasa desain grafis logo sebagai branding produknya.

Dengan demikian, perusahaan dapat memberi merek atau mengiklankan produknya dengan baik.

Kegiatan ini sangat cocok untuk seorang ahli desain grafis seperti Anda. Modalnya hanya sebuah laptop yang Anda miliki dengan aplikasi Coreldraw atau Photoshop di dalamnya.

Penghasilannya juga tergantung profesionalisme Anda, mulai dari 50 ribu hingga 3 juta rupiah.

4. Bisnis Desain Kaos

Usaha desain kaos banyak di cari untuk pembuatan kaos olahraga, seragam kantor, kaos distro dan kaos tentara.

Anda yang ahli dalam mendesain mockup kaos bisa membuka usaha ini. Penghasilannya juga bervariasi dari 75 ribu hingga 2 juta.

5. Bisnis Desain Grafis Web

Menjadi desainer web adalah pekerjaan yang sangat di tuntut saat ini. Banyak blogger atau situs yang membutuhkan jasa web design untuk mempercantik tampilan websitenya sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Contoh Bisnis Desain Grafis ini sangat cocok untuk orang yang berpengetahuan luas dalam pengkodean HTML, desain grafis, SEO, dan pengembang web.

Penghasilan dari layanan ini tergantung dari kerumitan desain dan jumlah halaman yang berkisar antara 500 ribu hingga 5 juta. Adapun layanan program bahkan lebih mahal, bahkan bisa mencapai ratusan juta.

6. Bisnis Desain + Percetakan

Desain grafis biasanya sangat erat kaitannya dengan bisnis percetakan karena ada beberapa bisnis yang di satukan sekaligus untuk tidak hanya mendesainnya tetapi juga mencetaknya hingga selesai.

Tugas tersebut meliputi urusan pembuatan brosur, undangan, stiker dan kalender. Bisnis ini sangat menjanjikan karena banyak orang membutuhkan brosur, undangan, stiker dan kalender untuk berbagai keperluan.

Setelah mendesain di laptop menggunakan aplikasi seperti Coreldraw dan Photoshop, dapat di cetak dengan mesin laser A3 atau mesin offset.

7. Bisnis Layouter Koran dan Majalah

Layouter adalah jenis bidang desain grafis yang mengacu pada bidang dan grafik untuk membentuk susunan yang artistik dan teratur.

Misalnya, pager surat kabar adalah orang yang mengatur dan mengatur tata letak surat kabar atau majalah. Hal ini di maksudkan untuk menggabungkan unsur gambar dan tulisan agar lebih interaktif sehingga dapat menarik perhatian pembaca dan mudah di baca.

Seorang layouter membutuhkan software seperti Adobe in Design, Adobe Page Marker, dll. Harga yang di tawarkan untuk layanan ini bervariasi tergantung tampilan dan halaman, mulai dari 50 ribu hingga 500 ribu.

8. Bisnis Editor Video dan Foto

Editor bukan hanya orang yang mengedit teks dan esai tetapi juga dalam bidang desain grafis editor juga di perlukan untuk mengatur video agar layak di tonton atau untuk mengedit foto sesuai dengan keinginan klien.

Jasa edit foto sangat menguntungkan karena di butuhkan banyak orang untuk mengedit foto untuk kado ulang tahun atau wisuda, bisa juga edit kartu menu makanan restoran. Contoh bisnis desain grafis ini bisa Anda lakukan dengan modal skill untuk mewujudkannya.

Untuk perusahaan video editor biasanya banyak yang menggunakan jasa tersebut untuk mengedit konten iklan, vlog, animasi, dll.

Aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit video adalah Filmora, Kinemaster, video editor dan aplikasi lainnya yang bisa anda dapatkan secara gratis melalui Playstore.

4 Strategi Bisnis Jasa Desain Grafis yang Bisa Kamu Ikuti

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan dan perhatikan sebelum memulai usaha. Adalah sebagai berikut:

1. Rencanakan Bisnis dengan Matang

Pertama-tama, sebagai pebisnis, Anda perlu memikirkan rencana bisnis dengan matang. Rencana bisnis yang jelas diperlukan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar.

Misalnya, Anda dapat memikirkan nama yang cocok untuk bisnis Anda, mulailah menghitung modal dan pengeluaran lain yang diperlukan untuk bekerja di bisnis desain grafis. Tentukan juga target pasar Anda.

2. Pasang Harga yang Kompetitif

Bagian penting dari bisnis jasa desain grafis adalah masalah harga yang kompetitif dan sesuai dengan pasar.

Untuk mendapatkan gambaran, Anda bisa membuat perbandingan dengan perusahaan grafis pesaing lainnya.

Yang terjadi jika Anda menetapkan harga terlalu tinggi adalah calon klien enggan menggunakan jasa desain grafis Anda. Jika harga yang Anda tetapkan terlalu rendah, hal ini berpotensi merugikan Anda.

3. Menerapkan Strategi Marketing yang Baik

Sekarang relatif mudah untuk melakukan pemasaran. Anda bisa mulai dengan membuat portofolio desain grafis Anda di berbagai media sosial. Misalnya di Instagram atau website yang mungkin membidik target pasar Anda.

Metode pemasaran ini digunakan untuk memastikan bahwa orang tahu bahwa Anda menjalankan bisnis jasa desain grafis. Dengan begini, bisnis Anda bisa berkembang nantinya.

4. Manfaatkan Testimoni Pelanggan

Anda tidak perlu ragu untuk meminta testimoni pelanggan setelah menggunakan jasa desain grafis Anda.

Umpan balik atau ulasan pelanggan nantinya dapat membantu Anda membangun bisnis yang lebih baik.

Setelah itu, testimonial yang Anda dapatkan bisa ditampilkan di media sosial sebagai bukti bahwa bisnis Anda memiliki rating yang positif. Ulasan seperti ini dapat menarik pelanggan lain untuk menggunakan layanan Anda.

5. Perluas Relasi Bisnis

Networking dalam bisnis sangatlah penting karena nantinya dapat membantu mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Anda bisa mencoba membangun relasi dengan orang-orang yang pernah menjalankan bisnis jasa desain grafis atau mereka yang sudah memiliki nama.

Selain menambah jaringan mereka, tentunya Anda bisa bermitra dengan mereka untuk mengembangkan bisnis Anda.

Akhir Kata

Ini adalah contoh bisnis desain grafis dengan modal kecil yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulainya sekarang.

Anda bisa memilih aktivitas mana yang sesuai dengan keahlian Anda karena desain grafis ini sebenarnya bisa terdiri dari berbagai bidang. Ini bisa bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *