Beberapa Contoh Bisnis Plan Lengkap Dalam Menjalankan Usaha

bisnis plan

Jika bisnis ingin sukses, tentunya Anda perlu membuat Bisnis Plan yang baik untuk bisnis Anda. Semua rencana harus diuraikan dalam rencana bisnis yang terperinci. Belum pernah membuatnya? Anda dapat melihat contoh rencana bisnis sebelum Anda mulai merumuskannya sendiri.

Secara umum, bisnis plan ini menceritakan bisnis yang akan Anda jalankan nantinya. Oleh karena itu, sebaiknya sertakan latar belakang dan penjelasan produk yang akan di jual nantinya. Rencana bisnis juga harus menentukan nilai modal dan potensi keuntungan yang bisa diperoleh.

Bacaan Lainnya
bisnis plan

Unsur-unsur dalam contoh lengkap Bisnis Plan

plan Berjualan online sebenarnya sangat mudah. Bisnis ini juga menjanjikan banyak keuntungan yang menjanjikan. Namun, semuanya tidak akan berjalan dengan baik tanpa rencana bisnis yang lengkap.

Yuk, simak contoh bisnis plan lengkap jualan online:

1. Latar belakang bisnis

Anda perlu memulai membuat bisnis plan dengan latar belakang bisnis. Ceritakan tentang alasan Anda memulai bisnis online dan alasan mengapa Anda menyebutnya. Selain itu, lihat juga produk yang akan Anda pasarkan nantinya.

2. Struktur organisasi

Jika ingin membangun bisnis sendiri, bersama keluarga atau bersama teman, struktur organisasi ini harus dibuat jelas. Sebenarnya, struktur ini memberikan gambaran mengenai organisasi yang akan di bangun nantinya. Dengan begitu setiap orang dalam organisasi juga mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.

3. Penyajian visi dan misi

Sebuah bisnis juga harus memiliki visi dan misi yang jelas. Dua hal ini digunakan untuk kemajuan bisnis di masa depan. Selain itu, visi dan misi ini juga akan dilihat oleh pihak ketiga atau pemilik modal. Jika mereka tertarik dengan semua yang Anda rencanakan, modal usaha tentu akan lebih mudah Anda dapatkan.

4. Gambaran Produk yang Dipasarkan

Produk merupakan salah satu kekuatan dari sebuah bisnis. Anda harus menjelaskan produk yang Anda pasarkan dengan baik, jelas dan detail. Selain barang yang di jual, Anda juga harus mendeskripsikan layanan dan distribusi produk. Ini juga yang perlu di ketahui investor dan pedoman untuk menerapkan strategi pemasaran.

 5. Aset bisnis Aset

atau kekayaan bisnis juga harus di tuliskan dalam rencana bisnis. Jika Anda memiliki kedai kopi, Anda harus memiliki sejumlah mesin kopi. Maka semua kekayaan itu harus bisa di terjemahkan ke dalam nilai rupiah. Anda juga harus mendeskripsikan properti ini bahkan untuk objek dan peralatan terkecil.

6. Sumber

Saat membuat usaha, Anda juga harus cermat menghitung besaran modal. Kemudian uraikan dalam bisnis plan tentang sumber modal untuk mencapai hal tersebut. Catat jumlah yang Anda keluarkan dari kantong Anda sendiri atau dana pribadi. Kemudian tuliskan juga perkiraan dana yang di butuhkan dari pihak ketiga atau investor.

7. Perkiraan Pengeluaran Rutin

Sebagai sebuah bisnis, Anda pasti memiliki pengeluaran rutin bulanan. Pastikan Anda menghitungnya dengan benar untuk meminimalisir kerugian yang terjadi. Pengeluaran rutin ini meliputi bahan baku, gaji karyawan, sewa dan tagihan listrik.

8. Dalam Strategi pemasaran

Strategi pemasaran Investor juga membutuhkan strategi pemasaran yang baik tentunya. Anda harus menjelaskan setiap langkah yang akan di ambil nanti. Sebaiknya sesuaikan strategi pemasaran dengan produk dan target pasar. Dengan cara ini, strategi ini akan menarik lebih banyak investor.

9. Potensi keuntungan

Bagian ini paling penting untuk di tawarkan kepada calon investor. Alasannya, investor perlu mengetahui potensi keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari berinvestasi di bisnis Anda. Jadi, hasilkan potensi keuntungan yang memiliki daya tarik. Namun tetap realistis dengan memperhatikan banyak faktor. Jangan sampai desain yang Anda inginkan malah sulit untuk di capai.

10.  Rencana pengembangan bisnis

Rencana ekspansi bisnis Anda juga perlu memikirkan rencana bisnis jangka pendek, menengah, dan panjang. Langkah ini juga akan memberikan semangat baru dalam pengembangan dan inovasi bisnis. Tuliskan sejumlah prakiraan realistis dan rencana masa depan dalam rencana bisnis.

Contoh bisnis plan lengkap untuk bisnis online

Sebelum melakukannya, sebaiknya lihat dulu contoh bisnis plan. Coba sesuaikan dengan bisnis yang akan Anda jalankan di masa depan:

Kontemporer

– Latar Belakang

Bisnis kopi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jakarta. Hal ini bisa  juga di tandai dengan menjamurnya kedai kopi. Alasan ini pula yang menjadi dasar terbentuknya Kopi Kekinian di kawasan Jakarta Selatan.

Bisnis ini berfokus pada minuman ringan dengan bahan dasar kopi, susu dan teh. Bahan kopi dan teh yang digunakan berasal dari petani daerah sekitar Jakarta. Kopi Kekinian juga membuka peluang bagi para UMKM di sekitar tempat usaha untuk memposting dan menjual produknya secara bersama-sama.

Secara tidak langsung, kedai kopi ini juga akan mempromosikan bisnis lainnya. Langkah ini juga di yakini akan berdampak positif bagi kemajuan bisnis di masa mendatang.

– Struktur organisasi

pimpinan usaha : Suparto

Manager Operasional : Gilang Sudirga

Manager Keuangan : Tuti Sulistiawati

– Visi dan Misi Usaha

Usaha kopi di harapkan menjadi salah satu usaha yang dapat memajukan petani kopi dan teh Indonesia. Di harapkan juga bisnis ini akan menjadi penggerak ekonomi bagi lingkungan setempat berkat kerjasama dengan UMKM.

Untuk itu, Kopi Kekinian harus menggiatkan bisnisnya dengan mengajak para UMKM untuk membuat produk terbaiknya. Kualitas dan rasa harus menjadi yang terdepan dalam penyebaran produk kepada konsumen.

– Produk kopi kekinian

Produk andalan toko ini adalah kopi susu gula aren yang notabene paling banyak di cari oleh masyarakat. Selain itu, Kopi Kekinian juga menawarkan menu teh dan susu bagi pelanggan yang mungkin tidak suka minum kopi.

Selain itu, Kopi Kekinian juga menawarkan makanan ringan bagi peminum sejati. Jajanan ini nantinya di bagi menjadi dua kategori, yaitu produk yang di hasilkan oleh Kopi Kekinian dan produk yang dihasilkan oleh UMKM lokal.

– Kekinian Coffee Bats Kopi

Kekinian sudah memiliki satu set mesin kopi untuk memulai operasional bisnis. Selain itu, tersedia pula peralatan memasak untuk membuat menu makanan ringan lainnya. Sebagai modal awal, Kopi Kekinian memiliki nilai aset Rp 150 juta. Penyaluran aset tetap Rp 70 juta dan dana baru Rp 80 juta.

– Sumber modal

Kopi Kekinian Capital diambil dari dana pribadi Rp 120 juta. Saat ini, sebagian modal dialihkan ke peralatan dan bahan baku lainnya. Modal Rp 30 juta diterima dari investor.

– Pengeluaran Rutin Bulanan

Berikut adalah beberapa pengeluaran rutin yang harus dibayarkan setiap bulannya:

BiayaNilai
Gaji Karyawan (3 orang)Juta
Bahan BakuRp 15 Juta
Rp2 Juta
InternetRp 1 Juta
Biaya Lembur (opsional)Rp 500 Ribu
biaya perawatan Rp 1,5 jt
TOTALRp 29 jt

– Strategi pemasaran Kopi Kekinian

pasti akan menjadi partner untuk semua layanan pemesanan online yang ada. Langkah ini akan memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian dari mana saja. Selain itu, Kopi Kekinian juga menawarkan layanan antar gratis dengan radius sekitar 3 km dari tempat tersebut.

Kopi Kekinian tetap menyediakan layanan take-in atau dine-in dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sesuai. Akses internet berkecepatan tinggi juga tersedia bagi pelanggan yang berkunjung.

Strategi pemasaran di media sosial juga diperkuat. Sejumlah kampanye diskon juga akan ditawarkan melalui media sosial.

Potensi keuntungan Dilihat dari lokasi dan harga yang ditawarkan, Kopi Kekinian menargetkan penjualan rata-rata 70 cup per hari. Berikut perhitungan dan potensi keuntungannya: Laba

kotor – pengeluaran rutin bulanan = Laba bersih

Rp 35.000.000 – Rp 29.000.000 = Rp 6.000.000

– Pengembangan Usaha

Sebagai rencana jangka pendek, Kopi Kekinian akan membangun ekosistem untuk komunitas UMKM. Komunitas inilah yang membantu pemasaran meningkatkan penjualan di masa depan. Apalagi dibukanya tempat baru sebagai tempat para UMKM ini menjual produknya.

Jika berjalan lancar, Kopi Kekinian akan membuka cabang di wilayah Jakarta lainnya. Dengan demikian, akan semakin banyak UMKM yang bisa diajak berkolaborasi. Rencana ini harus bekerja dalam 2-3 tahun ke depan.

Jadi, ini adalah contoh rencana bisnis yang lengkap. Anda dapat membuat rencana bisnis dari bisnis yang akan dijalankan dalam waktu dekat. Buat rencana bisnis yang baik meskipun Anda hanya menjalankan bisnis online rumahan, seperti toko kelontong atau penjualan pulsa.

Nah itu dia guys mengenai beberapa contoh bisnis plan yang bisa saya sampaikan kepada kalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *