Tuliskan Letak Astronomis Indonesia

Tuliskan Letak Astronomis Indonesia

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Tuliskan Letak Astronomis Indonesia

 

LETAK ASTRONOMIS

Secara astronomis, wilayah Indonesia berada di antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT.

Wilayah Indonesia yang berada paling utara adalah Pulau Weh yang terletak pada 6° Lintang Utara. Sementara wilayah Indonesia paling selatan yakni Pulau Roti terletak pada 11° Lintang Selatan.

Sementara wilayah Indonesia paling barat yakni ujung Pulau Sumatera terletak pada 95° Bujur Timur dan wilayah paling timur yakni Merauke ada pada 141° Bujur Timur.

Pembahasan detail tentang Letak Astronomis Indonesia

Indonesia berada di antara Benua Asia dan Australia, dan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Negara ini memiliki posisi geografis yang unik dan strategis, membuatnya menjadi salah satu negara yang berada di garis khatulistiwa, atau sekitar 8° LS sampai 11° LU. Letak astronomis Indonesia membuat negara ini memiliki iklim yang tropis, dengan suhu rata-rata sekitar 26°C-27°C dan tingkat kelembapan yang tinggi sepanjang tahun. Kondisi ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa, termasuk berbagai spesies tumbuhan dan hewan endemik. Letak astronomis Indonesia juga membuat negara ini berada di jalur paling penting bagi pelayaran laut, dan menjadi salah satu pintu gerbang penting bagi perdagangan antar benua.

 

Detail Soal

Kelas           : VIII (2 SMP)

Pelajaran     : IPS

Kategori      : Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Kata Kunci  : Astronomis, Geografis, Tugas IPS

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *