Apa Yang di Maksud Dengan Tangga Nada

Apa Yang di Maksud Dengan Tangga Nada

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Apa Yang di Maksud Dengan Tangga Nada

 

Apa Yang di Maksud Dengan Tangga Nada

Apa Yang di Maksud Dengan Tangga Nada

Jawab :

Salah satu unsur dalam seni musik yang memiliki peranan sangat penting dalam penciptaan komposisi lagu yang menarik dan indah adalah tangga nada. Pengertian dari tangga nada yaitu susunan nada di mana setiap jaraknya di pisahkan oleh jarak tertentu yang di sebut dengan interval.

Pembahasan detail tentang Tangga Nada

Nada yaitu bentuk pengembangan dari suara atau bunyi dan juga menjadi unsur utama yang di gunakan pada seni musik. Pengertian dari nada sendiri adalah suatu bunyi yang beraturan dan memiliki suatu frekuensi tunggal tertentu. Nada-nada ini akan di susun oleh seorang musisi secara teratur untuk bisa menciptakan melodi. Melodi inilah yang kemudian akan di berikan unsur keindahan lain hingga bisa menjadi lagu yang utuh dan indah. Namun, dalam suatu lagu, musisi hanya akan menggunakan nada yang ada pada suatu tangga nada.

Tangga nada yaitu susunan nada yang setiap nadanya di pisahkan oleh jarak tertentu. Jarak yang ada pada tangga nada ini di sebut dengan interval.

Berikut ini jenis tangga nada yang sering di gunakan pada lagu yaitu:

  • Tangga nada diatonis: jenis tangga nada yang tersusun dari 7 buah nada dan bisa di bedakan menjadi tangga nada diatonis mayor dan diatonis minor. Contoh dari tangga nada diatonis adalah tangga nada C mayor yang terdiri dari nada C – D – E – F – G – A – B – C.
  • Tangga nada pentatonis: jenis tangga nada yang tersusun dari 5 buah nada dan merupakan jenis tangga nada yang paling banyak di gunakan pada lagu modern. Tangga nada pentatonis bisa di bedakan menjadi tangga nada pelog dan slendro.

 

Detail Soal

Kelas: 8

Mapel: Seni budaya

Ba: 4 – Teknik Bermain Musik Tradisional

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *