Apa Pengertian Tangga Nada Mayor

Apa Pengertian Tangga Nada Mayor

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Apa Pengertian Tangga Nada Mayor

  1. Konsep tangga nada mayor yaitu jenis tangga nada diatonis sehingga tersusun dari 7 nada dan jarak antar nada adalah 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2.
  2. Dengan asumsi bahwa skala mayor di gunakan, berikut adalah sepasang karakteristiknya:
  • Lagu tersebut memiliki kesan gembira atau heboh.
  • Banyak di gunakan pada lagu-lagu yang bertemakan perjuangan atau tema anak-anak.
  • Nada do akan di gunakan untuk memulai lagu sekaligus mengakhirinya.

Pembahasan detail tentang Tangga Nada

Tangga nada merupakan salah satu unsur utama dalam seni musik yang merupakan susunan nada-nada yang setiap nada di pisahkan dengan menggunakan jarak tertentu. Penggunaan tangga nada dalam sebuah lagu harus di perhatikan dan di pikirkan secara matang oleh penciptanya, karena setiap tangga nada dapat menimbulkan kesan yang berbeda pada hasil akhir lagu. Tangga nada yang di gunakan dalam seni musik ini dapat kita bedakan berdasarkan jumlah nada dalam tangga nada tersebut.

nada diatonis merupakan salah satu jenis tangga nada dalam musik. Tangga nada di atonis ini terdiri dari 7 nada utama. Tangga nada di atonik juga merupakan salah satu jenis tangga nada yang paling umum di gunakan dalam lagu. Berdasarkan jarak yang di gunakan pada setiap nada, tangga nada di atonis ini dapat di bedakan menjadi tangga nada mayor dan tangga nada minor. Secara sederhana, tangga nada mayor di gunakan untuk membuat lagu gembira, sedangkan tangga nada minor di gunakan untuk membuat lagu sedih atau sedih.

Detail Soal

Kelas: 8

Mapel: Seni budaya

Ba: 4 – Teknik Bermain Musik Tradisional

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *