Alat Musik Angklung Berasal Dari Daerah

Alat Musik Angklung Berasal Dari Daerah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak di tanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Alat Musik Angklung Berasal Dari Daerah

Alat Musik Angklung Berasal Dari Daerah

Jawab :

Bacaan Lainnya

Angklung berasal dari derah Jawa Barat atau sunda. Angklung merupakan alat musik tradisional terbuat dari bambu yang di mainkan secara beregu atau berkelompok.

Pembahasan detail tentang Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat atau sunda karena memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Terciptanya angklung berasal dari pandangan hidup masyarakat sunda yang agraris, di mana sumber kehidupan mereka salah satunya adalah dari makanan pokok berupa padi yang memunculkan mitos legenda Dewi Sri.

Dewi Sri yang di anggap sebagai pemberi kehidupan, menjadi perenungan bagi masyarakat sunda dalam mengelola pertanian dan perkebunan mereka. Bentuk perenungan di wujudkan dalam syair lagu sebagai  penghormatan pada Dewi Sri dan tolak bala agar sawah dan ladang mereka tidak mendatangkan petaka.

Saat ini angklung menjadi alat musik tradisional yang bisa mengiringi sebuah lagu. Karena mampu menghasilkan nada tertentu, sehingga angklung bisa di mainkan secara bersama-sama dalam sebuah kelompok, hingga dapat menjadi rangkaian nada sebuah lagu.

Detail Soal

Kelas : Sekolah Menengah Atas

Mata pelajaran : Bahasa Indonesia

Ba : 2 – Teks cerita sejarah

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *