12 Jenis Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Terbukti!

Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
cdn0-production-assets-kly.akamaized.net

Jika jerawat muncul di wajah Anda dan mengganggu penampilan serta mempengaruhi kepercayaan diri Anda, tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendiri. Tak perlu khawatir mimin berikan tips 12 jenis Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
cdns.klimg.com

Jerawat adalah masalah yang dihadapi hampir setiap orang dengan jenis kulit yang berbeda. Apakah Anda memiliki kulit berminyak, kulit kering atau kulit kombinasi. Selain mempengaruhi kepercayaan diri, jerawat aktif bisa membuat stres bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk mengobati jerawat. Berbagai bentuk perawatan kulit seringkali menjadi pilihan untuk mencegah timbulnya jerawat.

Bacaan Lainnya

Jika perawatan kulit yang Anda gunakan tidak membuat perbedaan dan justru menimbulkan masalah baru pada kulit, jangan ragu untuk berhenti menggunakannya. Anda bisa mengganti berbagai produk perawatan kulit dengan berbagai jenis tanaman obat yang lebih alami, aman dan tanpa efek samping.

Berikut 12 Jenis Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

1. Kunyit

Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat yang pertama digunakan untuk mengobati jerawat adalah kunyit yang telah lama dikenal sebagai bumbu tradisional yang kaya akan manfaat kesehatan dan kecantikan. Kunyit mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat mencerahkan kulit sekaligus membantu pengelupasan kulit.

Kurkumin dapat mendukung proses penyembuhan luka. Kunyit juga efektif sebagai anti inflamasi. Sangat mudah untuk mendapatkan manfaat kunyit, berikut langkah-langkahnya:

  • Campur bubuk kunyit atau parutan kunyit dengan air jeruk lemon secukupnya.
  • Campur semua bahan sampai menjadi pasta.
  • Kemudian oleskan ke seluruh area kulit yang terkontaminasi.
  • Tunggu beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. bawang putih

Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat yang digunakan untuk mengobati jerawat selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa sulfur thiacremonone yang memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda mungkin hanya perlu menyiapkan 1 siung bawang putih dan haluskan terlebih dahulu. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan biarkan hingga 10 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

3. Betel Merah

Bit diketahui mengandung tanin yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat. Selain itu, buah bit juga mengandung minyak atsiri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Pada saat yang sama, kandungan antioksidan dalam buah bit mampu meregenerasi kulit yang rusak akibat polusi dan radikal bebas.

4. Pisau kelor

Selama ini mungkin kita hanya tahu bahwa daun kelor disajikan sebagai sayuran dan hanya ibu menyusui yang paling diuntungkan. Namun sebenarnya, daun kelor juga bisa bermanfaat untuk kecantikan.

Beberapa manfaat yang mungkin Anda rasakan dari mengkonsumsi daun kelor adalah membuat bibir Anda terasa terhidrasi, kulit Anda terasa lebih ringan, memperlambat penuaan, dan melawan jerawat.

5. Daun mint

Selain daun kelor, ada juga daun mint yang juga bisa digunakan sebagai sejenis Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat. Daun mint kaya akan vitamin A, yang dapat bertindak sebagai penghilang bekas luka jerawat.

Vitamin A berfungsi untuk mengontrol produksi minyak pada kulit dan membuatnya tetap lembut. Cara mengobatinya sangat sederhana, yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa lembar daun mint.
  • Hancurkan daun mint dan saring untuk mendapatkan jusnya.
  • Oleskan jus daun mint ini pada bekas jerawat.
  • Diamkan sampai benar-benar kering atau sekitar 30 menit.
  • Bersihkan wajah dengan membilasnya dengan air dingin.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mencerahkan kulit lurik. Minyak zaitun juga dapat menjaga keseimbangan antara kadar air kulit karena mengandung asam linoleat. Anda bisa menuai manfaat minyak zaitun dengan cara berikut ini:

  • Siapkan 4 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu murni.
  • Campur semua bahan dan aduk hingga rata.
  • Oleskan pada kulit belang sampai halus.
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

7. Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan. Ini membuatnya menjadi bumbu yang ampuh untuk melawan jerawat secara alami. Namun, kayu manis adalah bumbu yang ampuh dan tidak boleh dioleskan langsung ke kulit, Anda bisa menggunakan campuran kayu manis sebagai masker untuk jerawat.

Pastikan untuk mencampurnya dengan masker berbasis krim seperti madu atau susu. Tetapi kayu manis paling baik bila dicampur dengan madu, karena madu melembabkan kulit Anda dengan lembut sambil menyembuhkan bekas jerawat yang ada.

8. Kunyit

Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat yang digunakan untuk mengobati jerawat adalah kunyit. Kunyit termasuk dalam daftar rempah-rempah yang paling ampuh mengatasi berbagai masalah kulit.

Menurut laporan dari ndtv.com via KOMPAS.com, kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah berkembangnya jerawat serta menghilangkan kemerahan dan pembengkakan.

Cara menggunakan kunyit untuk mengobati jerawat adalah dengan mencampurkannya dengan susu hingga menjadi pasta lalu oleskan pada area jerawat di wajah.

9. Lidah buaya

Direview oleh genylifestyles.com via KOMPAS.com, Ekstrak Aloe Vera memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang memberikan banyak manfaat pada tanaman ini untuk kulit dan rambut.

Oleskan ekstrak gel lidah buaya murni dari daun yang baru dipotong dan ke area jerawat untuk mengurangi munculnya jerawat.

Lidah buaya dapat dikombinasikan dengan lemon dan madu. Selain itu, jus lidah buaya di pagi hari bisa menghilangkan jerawat.

10. Pala

Pala tidak hanya mampu menambah cita rasa pada masakan, namun rempah ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi jerawat.

Metode:

  • Campurkan 1 sdt susu dan 1 sdt pala bubuk lalu aduk hingga rata.
  • Oleskan pada kulit selama 20-30 menit.
  • Gosok perlahan dengan gerakan memutar.

11. Mentimun

Mentimun atau yang juga dikenal dengan ketimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu menutrisi dan menghidrasi kulit.

Mentimun juga memiliki sifat antioksidan dan mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Mentimun dapat dioleskan langsung atau digunakan sebagai masker wajah dengan campuran bahan lain seperti tomat, madu, dan lidah buaya.

Mengkonsumsi jus mentimun segar juga telah terbukti membantu membuang racun dan mempercantik kulit.

12. Madu dan jus lemon

Jus lemon yang dikombinasikan dengan madu adalah cara alami untuk mengobati jerawat.

Lemon memiliki asam sitrat yang bisa kurangi penciptaan minyak di kulit, sebaliknya madu mempunyai watak antibakteri yang bisa menghentikan perkembangan mikroba pemicu jerawat.

Metode:

  • Campurkan 1 sendok makan jus lemon dan 1 sendok makan madu, aduk rata.
  • Oleskan campuran kedua bahan tersebut ke area wajah yang berjerawat
  • Tunggu 20 menit agar semua bahan meresap ke dalam kulit.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya campurkan semua bahan dengan air agar larutan menjadi lebih encer.

13. Minyak Kelapa

Kelapa dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang kuat. Oleh karena itu, minyak kelapa memiliki khasiat untuk mengobati jerawat pada kulit wajah.

Minyak kelapa dapat menenangkan dan dengan mudah menembus kulit, membunuh bakteri dan kuman, menetralkan peradangan dan membantu mengobati jerawat.

Minyak kelapa berpadu paling baik dengan minyak alami lainnya, termasuk minyak jojoba.

Campuran madu, jus lidah buaya, dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama juga dapat mengobati masalah jerawat pada kulit.

Itulah artikel tentang 12 Jenis Tumbuhan Yang Bisa Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Terbukti! Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *