Kegiatan Yang Menunjukkan Kewenangan Presiden Sebagai Kepala Negara Adalah

Kegiatan Yang Menunjukkan Kewenangan Presiden Sebagai Kepala Negara Adalah

Selamat datang di Uspace.id, blog untuk berdiskusi seputar pembahasan soal pelajaran dari SD, SLTP, SMU Sampai Perguruan Tinggi. Kali ini kami akan bahas sebuah pertanyaan yang banyak ditanyakan di Soal Ujian Sekolah, Pertanyaannya adalah : Kegiatan Yang Menunjukkan Kewenangan Presiden Sebagai Kepala Negara Adalah

 

Kegiatan Yang Menunjukkan Kewenangan Presiden Sebagai Kepala Negara Adalah

Kegiatan Yang Menunjukkan Kewenangan Presiden Sebagai Kepala Negara Adalah

Jawab :

 

Presiden mempunyai kewenangan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Berikut ini adalah kekuasaan presiden sebagai kepala negara, antara lain:

  • Presiden Tetap Kekuasaan Asli (Inherent Power of Head of State). Dalam sistem presidensial, presiden adalah kepala negara yang memegang semua kekuasaan negara.
  • Presiden Sebagai Panglima Angkatan Bersenjata (Chief of Armed Forces). Pasal 10 UUD menyatakan bahwa “Presiden mempunyai kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara”. Sehingga komando tertinggi angkatan bersenjata ada di tangan seorang presiden (menggerakkan seluruh kekuatan yang dimiliki oleh TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI dan menjaga perdamaian dunia).
  • Presiden memiliki kekuasaan untuk memberikan pengampunan (Pardon Power of Head of State), yaitu pengampunan, rehabilitasi, amnesti, dan abolisi.

Penjelasan detail tentang Kekuasaan Presiden

Sedangkan kewenangan presiden sebagai kepala pemerintahan (kekuasaan melaksanakan undang-undang), yaitu:

  • Membuat peraturan pemerintah dan peraturan presiden.
  • Penyampaian RUU ke DPR
  • Kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan menteri (Kabinet yang sedang dan akan bekerja).
  • Kekuasaan Administratif Negara (Administration Power), yaitu mengatur urusan pemerintahan yang meliputi administrasi, keamanan, ketertiban, pelayanan umum, dan kesejahteraan umum.
  • Kekuasaan penyelenggara hubungan luar negeri (diplomatic power). Adanya kekuasaan untuk membuat perjanjian dengan negara lain, menyatakan perang dengan negara lain, berdamai dengan negara lain, dan mengangkat duta besar dan konsul negara lain, serta menerima duta besar dan konsul negara lain.

Detail Soal

Kelas: 11

Mapel: PpKN

Bab: Mengupas penyelenggaran kekuasaan negara

 

Inilah Pembahasan yang sudah kami rangkum oleh Tim Uspace dari berbagai sumber belajar. Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa jika mempunyai jawaban lain kalian bisa menghubungi admin. Terimakasih