18 Bahaya Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Bawang Putih Mentah

Bawang putih adalah rempah-rempah yang paling banyak digunakan di dunia. Orang telah menggunakan bawang putih selama berabad-abad untuk tujuan pengobatan atau untuk menambah rasa pada masakan. Bawang putih bukan hanya makanan yang lezat, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Namun bawang putih jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya, Berikut mimin akan membahas 18 Bahaya Makan Bawang Putih Mentah untuk kesehatan.

Bahaya Makan Bawang Putih Mentah
image-cdn.medkomtek.com

Allium, senyawa utama dalam bawang putih, mengandung antioksidan kuat dan senyawa yang memberikan manfaat kesehatan. Saat ini bawang putih banyak digunakan untuk beberapa kondisi yang berhubungan dengan sistem darah dan jantung, antara lain aterosklerosis (aterosklerosis), kolesterol tinggi, serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan hipertensi.

Bacaan Lainnya

Tak jarang bawang bombay utuh dimakan, baik mentah maupun matang. Bawang putih juga sebagai antioksidan dan antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit.

Namun dibalik manfaat kesehatannya, bawang putih juga memiliki sejumlah kelemahan. Jika tertelan salah atau tidak sesuai dosis, bawang putih bisa berdampak negatif. Berikut Bahaya Makan Bawang Putih Mentah bagi tubuh.

18 Bahaya Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

1.Mual, Muntah, dan Mulas

Bahaya Makan Bawang Putih Mentah dapat menganggu pencernaan. Ini bisa terjadi dalam bentuk kembung, diare, dan sakit perut.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh National Cancer Institute, menelan ekstrak bawang putih segar atau minyaknya saat perut kosong dapat menyebabkan mual, muntah, dan mulas. Beberapa penelitian observasional juga menunjukkan bahwa menelan bawang putih melalui mulut dapat menyebabkan mulas dan mual.

2.Menimbulkan masalah lambung

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, Bahaya Makan Bawang Putih Mentah juga dapat menyebabkan GERD (gastroesophageal reflux disease). Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh University of Maryland Medical Center mencantumkan bawang putih sebagai salah satu makanan yang harus dihindari dalam mengobati GERD.

3.Peningkatan Risiko Pendarahan

Bawang putih memiliki sifat antikoagulan alami. Meskipun ini dapat bermanfaat bagi jantung dan sirkulasi, NCCIH dan Mayo Clinic memperingatkan bahwa efek ini dapat menimbulkan risiko perdarahan bagi orang yang menggunakan antikoagulan atau obat pengencer darah, seperti warfarin. Ini adalah efek samping yang paling serius.

4.Meurunkan tekanan darah secara berlebihan

Bawang putih dikenal sebagai obat alami untuk tekanan darah tinggi. Kandungan bawang putih telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun, konsumsi bawang putih yang juga dibarengi dengan obat antihipertensi, bisa berdampak kecil pada tekanan darah. Tekanan darah akan turun secara signifikan dan menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya. Mengkonsumsi bawang putih juga tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah.

5.Menyebabkan Pusing

Dalam sebuah penelitian, 1.997 orang menerima bawang putih yang tidak berbau selama 16 minggu, di mana 1,3% di antaranya melaporkan tanda-tanda pusing. Efek ini secara khusus direkam ketika para peserta berdiri. Para ahli berspekulasi bahwa efek ini mungkin akibat dari penurunan tingkat tekanan darah yang berlebihan.

6.Menyebabkan perubahan pengelihatan

Bahaya Makan Bawang Putih Mentah yang berlebihan telah terbukti menyebabkan kondisi yang disebut hyphema, yang mengacu pada pendarahan ke dalam ruang mata, ruang antara iris dan kornea. Menelan bawang putih dosis besar, antikoagulan, telah terbukti menyebabkan atau memperburuk hifema. Hifema dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

7.Menimbulkan iritasi

Bawang putih juga memiliki manfaat kulit yang baik sebagai antibakteri. Meskipun penuh manfaat, paparan bawang putih dalam waktu lama dapat menyebabkan iritasi kulit. Satu studi menunjukkan bahwa enzim dalam bawang putih, yang disebut alliin lyase, dapat mengiritasi dan memicu eksim.

8.Memberi efek lepuh

Menerapkan bawang putih langsung ke kulit juga bisa membakar dan mengelupas. Senyawa belerang dalam bawang putih dapat membakar dan mengiritasi kulit.

Tingkat keparahan luka bakar yang disebabkan oleh bawang putih tergantung pada jumlah dan durasi waktu yang berlalu, serta sensitivitas kulit. Beberapa kasus kulit melepuh ditemukan setelah penggunaan bawang putih pada kulit dalam waktu lama.

9.Sebabkan bau badan

Bahaya Makan Bawang Putih Mentah diketahui menyebabkan bau mulut atau bahkan bau badan setelah memakannya. Ini karena senyawa allicin yang dikandungnya.

Allicin, yang juga ditemukan dalam belerang, menyebabkan bau belerang menembus kulit dan melalui pori-pori dan menyebabkan bau mulut dan bau badan. Bau bawang putih tetap ada di mulut lama setelah disikat. Jadi pastikan Anda tidak menggunakan bumbu ini secara berlebihan dalam memasak.

10.Membuat infeksi jamur memburuk pada organ kewanitaan

Faktor penting yang perlu diingat adalah jangan menggunakan bawang putih sebagai pengganti obat yang diresepkan. Salah satu hal penting yang harus diingat ketika menderita infeksi vagina adalah menghindari makan bawang putih karena dapat memperburuk infeksi jamur dengan mengiritasi jaringan lunak vagina.

11. Halitosis

Bau mulut atau bau mulut bisa terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi bawang putih. Karena ramuan tersebut mengandung senyawa belerang yang memberikan aroma kuat yang sangat khas.

Risiko bau mulut bisa meningkat berkali-kali lipat jika Anda mengonsumsi bawang bombay mentah dan dalam jumlah berlebihan.

12. Memperparah infeksi jamur di vagina

Apakah Anda menderita infeksi jamur pada vagina? Jika iya, sebaiknya hindari mengonsumsi bawang putih, terutama dalam jumlah berlebihan.

Bawang putih dipercaya dapat mengiritasi jaringan lunak vagina. Jika Anda memiliki infeksi jamur pada saat yang sama, gejala Anda mungkin bertambah buruk.

13. Gatal dan ruam merah

“Bahaya Makan Bawang Putih Mentah terlalu banyak bisa menyebabkan gatal dan ruam merah,” kata dr. kamu harus

Risiko gatal dan ruam bisa sangat tinggi pada orang dengan kulit sensitif atau alergi.

Belum lagi jika dikonsumsi, penderita alergi bawang putih bisa mengalami efek samping tersebut hanya dengan menyentuh atau menghirup aromanya.

14. Sakit kepala

Siapa sangka bawang putih yang terlalu banyak berkontribusi terhadap terjadinya sakit kepala. Menurut dr Devia, gangguan tersebut bisa terjadi karena bawang putih dikatakan mampu merangsang saraf trigeminal.

“Akibat efek ini, bawang putih dapat melepaskan neuropeptida yang memicu sakit kepala,” tambah dr. kamu harus

15. Meningkatkan risiko pendarahan

“Orang yang lagi komsumsi obat pengencer darah semacam warfarin ataupun yang baru saja menempuh pembedahan hendaknya menjauhi mengkonsumsi bawang putih secara kelewatan,” kata dokter. kalian harus

” Ini sebab makan bawang putih dalam jumlah besar bisa tingkatkan resiko pendarahan jangka panjang,” katanya.

16. Menginduksi sakit perut

“ Orang yang pada dasarnya mempunyai kendala lambung asam bisa jadi hadapi indikasi yang lebih kurang baik dari komsumsi bawang putih,” kata dokter. kalian wajib

“Bahaya Makan Bawang Putih Mentah bisa memperparah mual dan muntah, memicu gejala mulas, atau membuat dada terasa panas seperti terbakar,” lanjutnya.

Seperti diketahui, mual dan muntah yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan akhirnya menjadi dehidrasi.

Jika dehidrasi berlanjut, dapat menyebabkan ketidaksadaran dan bahkan kematian.

17. Hipotensi

Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pada penderita tekanan darah tinggi, manfaat ini tentu sangat bermanfaat.

Sebaliknya, bagi orang yang umumnya memiliki tekanan darah rendah, konsumsi bawang putih secara berlebihan dapat menurunkan tekanan darah dengan sangat signifikan.

Dalam kedokteran, kondisi ini disebut hipotensi dan salah satu komplikasinya adalah hilangnya nyawa.

Itulah artikel tentang 17 Bahaya Makan Bawang Putih Mentah untuk kesehatan yang harus di perhatikan, semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *