25 Manfaat Rebusan Air Daun Kelor Untuk Kesehatan, Simak Penjelasannya!

Manfaat Rebusan Air Daun Kelor
foto.kontan.co.id

Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai obat di daerah tropis. Manfaat Rebusan Air Daun Kelor untuk kesehatan sangat beragam, sehingga sering digunakan untuk berbagai keperluan. Di Indonesia, tanaman ini tidak sulit ditemukan, biasanya ditanam di pekarangan rumah.

Daun kelor mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, potasium, kalsium, vitamin C, vitamin A dan asam folat. Karena kandungan tersebut, daun kelor menjadi rujukan dalam pengobatan herbal dengan Manfaat Rebusan Air Daun Kelor yang tak terhitung.

Bacaan Lainnya

Manfaat Rebusan Air Daun Kelor Untuk Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan, Anda mungkin juga ingin menggunakan daun kelor ini sebagai pengobatan alternatif. Ada beberapa Manfaat Rebusan Air Daun Kelor untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Berikut penjelasannya.

1. Mencegah diabetes

Penyakit ini bisa menjadi momok yang menakutkan karena jika menyerang sangat sulit untuk disembuhkan. Diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi.

Untuk mencegah penyakit ini, perlu untuk memastikan bahwa gula tetap stabil atau normal pada waktu tertentu. Daun kelor memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula karena daun ini dapat meningkatkan kinerja hormon insulin. Hormon ini berperan dalam pertahanan tubuh terhadap diabetes.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Selain mampu mengontrol gula dalam darah, Manfaat Rebusan Air Daun Kelor selanjutnya adalah dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap normal. Memiliki tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Kandungan potasium dan antioksidan dalam daun ini berperan aktif dalam menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Otak merupakan organ vital yang dimiliki oleh manusia. Jika fungsi otak terganggu, maka fungsi organ lain juga bisa terganggu. Untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak, Anda bisa menggunakan daun kelor.

Tanaman herbal ini memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi untuk mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Daun kelor juga dipercaya dapat meningkatkan daya ingat di otak dan membuat daya ingat lebih tajam.

4. Mencegah kanker

Manfaat tambahan daun kelor untuk kesehatan adalah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Daun kelor memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, kelor juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar dan kanker pankreas.

5. Obat anti inflamasi

Daun kelor dapat digunakan untuk mengobati peradangan karena mengandung bahan yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan seperti infeksi atau luka. Biasanya, daun kelor diekstraksi terlebih dahulu sebelum akhirnya digunakan untuk mengobati peradangan.

6. Menumbuhkan daya tahan tubuh

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat meningkatkan stamina. Keadaan ini sangat penting agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Daun kelor mempunyai keahlian buat melindungi badan dari bermacam kuman serta virus pemicu penyakit. Oleh sebab itu, daun kelor berarti buat menguatkan sistem imun badan

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat Rebusan Air Daun Kelor dalam menjaga kesehatan mata. Manfaat daun kelor untuk mata adalah terdapat beberapa kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan organ penglihatan. Bahan-bahan ini termasuk senyawa fenolik, flavonoid, beta karoten, zeaxanthin dan lutein.

8. Mengatasi Asam Lambung

Manfaat Rebusan Air Daun Kelor untuk lambung adalah daun ini mengandung beberapa senyawa baik seperti tanin dan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan dan iritasi serta mengatasi gejala luka. Kemampuan mengatasi peradangan menjadikan daun kelor sebagai salah satu obat herbal yang digunakan untuk mengobati asam lambung.

9. Mengurangi kolesterol jahat

Kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit jantung karena itu perlu diobati untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Daun kelor merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi masalah tersebut karena mengandung berbagai senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Rebusan Air Daun Kelor untuk Wajah

Daun kelor tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa menjadi bahan alami dalam perawatan wajah. Penasaran apa saja Manfaat Rebusan Air Daun Kelor untuk wajah? Berikut penjelasannya.

1. Menunda penuaan dini

Daun kelor sebenarnya bisa digunakan untuk menunda penuaan dini dengan cara menghilangkan kerutan, flek hitam dan garis halus yang biasanya muncul sebagai tanda penuaan dini. Manfaat daun kelor adalah tanaman yang satu ini mampu melawan radikal bebas yang merusak kulit.

2. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Masalah wajah berikutnya yang biasanya terjadi adalah warna kulit yang tidak rata dan pucat. Daun kelor sudah terbukti khasiatnya untuk mencerahkan warna kulit dan juga memperbaiki corak wajah agar halus dan merata. Anda bisa menggunakan daun kelor secara rutin sebagai masker untuk hasil yang maksimal.

3. Mengangkat komedo

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat menghilangkan komedo yang sering muncul di beberapa bagian wajah. Komedo hitam ini jika dibiarkan dapat menimbulkan jerawat yang menimbulkan rasa sakit. Jadi jika kamu merasa memiliki komedo yang membandel, segeralah berhati-hati, salah satunya dengan menggunakan daun kelor.

Daun ini dapat menghambat produksi minyak penyebab komedo. Dengan perawatan rutin, Anda akan mendapatkan kulit mulus dan bersih tanpa komedo.

4. Menghilangkan jerawat

Selain komedo, jerawat juga menjadi masalah wajah yang umum terjadi. Jerawat bahkan dapat menyebabkan rasa sakit yang membakar karena iritasi dan peradangan. Manfaat daun kelor juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Daun kelor memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Moringa juga dapat membantu mengurangi minyak berlebih, yang merupakan pemicu jerawat lainnya.

5. Mengecilkan pori-pori

Untuk mendapatkan kulit yang halus dan mulus, salah satu syaratnya adalah wajah harus memiliki pori-pori yang lebih kecil. Jika pori-pori di wajah besar, maka ada indikasi wajah terlalu banyak debu dan mikropartikel lainnya. Jika tidak diobati, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.

Untuk membantu mengecilkan pori-pori sebenarnya bisa menggunakan daun kelor karena bahan alami ini mengandung minyak yang dapat membersihkan wajah jauh ke dalam pori-pori dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

6. Menjadi masker bibir alami

Tidak hanya kulit yang membutuhkan perawatan, tetapi juga bibir. Salah satu perawatan yang biasa dilakukan adalah perawatan untuk mengatasi bibir kering. Kondisi tante yang kering bisa membuat tidak nyaman, bahkan bibir yang kering pun bisa berubah dan berujung pada infeksi jika tidak segera ditangani. Anda bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari daun kelor. Bahan alami ini mengandung asam oleat yang baik untuk melembabkan bibir dan membuat bibir sehat dan indah.

Manfaat Rebusan Air Daun Kelor untuk Wanita

Bagi wanita, mengkonsumsi daun kelor mungkin bukan hal yang baru. Daun kelor dipercaya baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Namun ternyata manfaat daun kelor untuk wanita banyak sekali. Manfaat Rebusan Air Daun Kelor meliputi;

1. Mencegah anemia pada ibu hamil

Anemia merupakan penyakit yang berisiko bagi ibu hamil. Karena kadar darah dalam tubuh ibu hamil diperlukan untuk menjaga kesehatan dirinya dan anak yang dikandungnya. Selain itu, anemia juga berbahaya saat melahirkan. Untuk mengatasi resiko anemia pada ibu hamil, mengkonsumsi daun kelor bisa menjadi solusi. Daun kelor memiliki kemampuan untuk meningkatkan hemoglobin, sehingga risiko anemia dapat dicegah.

2. Pencegahan risiko komplikasi pada ibu hamil

Komplikasi selama kehamilan bisa terjadi pada siapa saja. Untuk mencegahnya, ibu hamil harus mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dan vitamin. Daun kelor bisa menjadi pilihan yang sehat untuk ibu hamil. karena daun ini mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan.

3. Meningkatkan produksi ASI

ASI atau air susu ibu diperlukan karena setelah bayi lahir, asupan nutrisi utama berasal dari ASI. Sayangnya, tidak semua wanita bisa langsung memproduksi ASI setelah melahirkan, terkadang dibutuhkan booster agar ASI bisa keluar.

Daun kelor memiliki efek galaktogenik yang sama dengan daun katuk. Efek ini dapat menyebabkan produksi ASI meningkat. Jumlah ASI yang cukup dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

4. Meningkatkan antioksidan setelah menopause

Kandungan antioksidan pada perempuan sesungguhnya dapat menurun sebab penyusutan penciptaan hormon estrogen. Untuk meningkatkan antioksidan tersebut, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk bubur. Daun kelor dipercaya dapat meningkatkan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara merawat daun kelor yang benar

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor, Anda perlu mengetahui cara merawatnya. Ada beberapa cara menanam daun kelor seperti berikut ini:

1. Dimasak

Cara ini merupakan cara yang paling umum. Namun dengan cara ini, seluruh bagian daun kelor bisa dimanfaatkan. Air rebusannya bisa diminum dan daun rebusannya bisa dijadikan lalapan.

2. Sayuran

Sayuran berdaun kelor juga terbukti tidak hanya enak tetapi juga kaya akan manfaat. Daun kelor bisa dijadikan lalapan dengan jagung manis dan beberapa bumbu yang membuat rasanya lebih kaya.

3. Diolah menjadi teh

Mengobati daun kelor dengan cara ini. Anda perlu memastikan daun kelor dalam keadaan kering. Kemudian masukkan daun kelor ke dalam cangkir dan seduh seperti sedang membuat teh. Anda juga bisa menambahkan gula atau madu untuk menambah rasa.

Itulah artikel tentang Manfaat Rebusan Air Daun Kelor untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *