Berikut Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung Simak Apa Saja!

Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung

Tahukah Anda betapa pentingnya fungsi lambung bagi tubuh? Fungsi lambung sangat vital karena organ ini bertanggung jawab untuk menyimpan makanan dan memecah, mengolah dan mengolah makanan. Lalu apa saja Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung Berikut simak artikelnya!

Tidak hanya fungsi lambung di dalam tubuh. Perut juga bertanggung jawab untuk mendorong dan memindahkan makanan ke dalam usus. Nah, untuk memenuhi tugasnya dalam proses pencernaan, lambung memproduksi berbagai enzim. Mau tahu apa saja Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung ? Berikut ulasan lengkapnya.

Bacaan Lainnya

Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung

Fungsi utama enzim dalam lambung adalah untuk memecah zat-zat dalam makanan. Tujuannya agar makanan mudah dicerna dan diserap dengan baik dari usus ke dalam sistem pencernaan.

Nah berikut ini beberapa Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung

1. Lambung

Gastrin adalah hormon penting yang diproduksi oleh sel G di lambung. Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung ini adalah untuk merangsang produksi asam lambung dan membantu lambung bergerak selama pencernaan makanan.

2. Pepsin

Pepsin disekresikan dari lambung untuk memecah protein menjadi peptida, atau kelompok asam amino yang lebih kecil, yang diserap atau dipecah lebih lanjut di usus kecil. Dengan kata lain, Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung pepsin adalah memecah protein dalam makanan menjadi partikel yang lebih kecil.

Baca juga: Obat Tradisional Asam Lambung Paling Ampuh

3. Musin

Selain dua hal yang disebutkan di atas, ada enzim lain yang diproduksi oleh lambung, yaitu enzim musin. Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung musin adalah untuk melindungi dinding lambung dari efek asam lambung. Enzim ini diproduksi oleh sel-sel mukosa pada permukaan bagian dalam lambung.

4. Asam klorida (HCl)

Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung klorida dalam lambung sangat beragam. Fungsi utama enzim ini adalah untuk memecah protein dalam makanan. Selain itu, asam kalori juga berfungsi untuk memerangi serangan virus atau bakteri yang datang bersama makanan. Akhirnya, fungsi enzim ini adalah mengubah pepsinogen menjadi pepsin.

Nah, itulah beberapa jenis dan fungsi enzim yang ada di lambung. Anda yang ingin tahu lebih banyak atau sedang sakit perut bisa bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Anda tidak perlu keluar rumah, Anda bisa menghubungi dokter berpengalaman kapan saja, di mana saja. Berguna, kan?

Baca juga: Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Dengan Bahan Alami

Bukan hanya di Lambung

Perlu ditekankan bahwa enzim pencernaan ini tidak hanya terdapat di lambung. Karena ada juga organ lain yang bisa menghasilkan enzim pencernaan.

Misalnya, mulut usus kecil atau pankreas. Masing-masing organ tersebut menghasilkan enzim yang berbeda untuk memudahkan proses pencernaan makanan.

Nah, berikut ini beberapa enzim pencernaan lainnya:

1. Amilase

Amilase penting untuk pencernaan karbohidrat. Fungsi enzim ini adalah untuk memecah pati menjadi gula. Amilase disekresikan oleh kelenjar ludah dan pankreas. Mengukur kadar amilase dalam darah kadang-kadang digunakan sebagai bantuan dalam mendiagnosis berbagai penyakit pankreas atau gangguan lain pada saluran pencernaan.

2. maltase

Maltosa dikeluarkan dari usus kecil dan bertanggung jawab untuk memecah maltosa (gula malt) menjadi glukosa (gula sederhana), yang digunakan tubuh untuk energi.

Sepanjang pencernaan, pati sebagian diganti jadi maltosa oleh amilase. Maltosa kemudian mengubah maltosa menjadi glukosa, yang digunakan segera oleh tubuh atau disimpan di hati sebagai glikogen untuk penggunaan di masa mendatang.

Baca juga: 16 Obat Sakit Asam Lambung Yang Ampuh Secara Tradisional

3. Laktase

Laktase (juga disebut laktase-phlorizine hidrolase) adalah jenis enzim yang memecah laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu, menjadi gula sederhana, glukosa, dan galaktosa.

Laktase diproduksi oleh sel yang dikenal sebagai enterosit, yang melapisi saluran usus. Laktosa yang tidak diserap difermentasi oleh bakteri dan dapat menyebabkan gas dan ketidaknyamanan usus. 3

4. Lipase

Fungsi enzim lipase adalah memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (gula alkohol sederhana). Enzim ini diproduksi dalam jumlah kecil oleh mulut dan lambung dan dalam jumlah yang lebih besar oleh pankreas.

Nah, itulah beberapa enzim dalam lambung dan sistem pencernaan yang berperan penting dalam tubuh.

Itulah artikel tentang Fungsi Zat Yang Dihasilkan Lambung yang wajib diketahui, semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *