10 Bank Terbaik di Dunia Sebagai Keuangan Negara

Bank Terbaik di Dunia

Menurut edisi Forbes, bank terbaik di dunia beroperasi di Indonesia, yang dimiliki oleh Indonesia dalam hal layanan dan aset. Jadi mari kita tahu lebih banyak tentangnya dalam diskusi menarik ini. Jadi inilah daftar bank terbaik yang perlu Anda ketahui.

Bank Terbaik di Dunia
tstatic

Bank adalah salah satu lembaga keuangan utama di negara ini dan merupakan perusahaan yang sangat menguntungkan. Apalagi di bank terbesar di dunia, sudah bisa dibayangkan jumlah dana yang bisa mencapai ratusan bahkan ribuan triliunan. Mereka memainkan peran penting dalam dunia keuangan global, terutama di Cina dan mendominasi dunia keuangan Amerika.

10 Bank Terbaik di Dunia

1. DBS Bank

DBS Bank berkantor pusat di Singapura merupakan salah satu bank terbaik di dunia menurut Euromoney, sebuah publikasi keuangan terkemuka Inggris. Memenangkan gelar Bank Digital Terbaik Dunia adalah gelar kedua yang diberikan dalam tiga tahun.

Sejarah Singkat DBS Didirikan di Singapura pada tahun 1968, juga didanai oleh pemerintah Singapura. Hingga saat ini, DBS memiliki lebih dari 100 cabang di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Ini adalah yang terbesar di Asia dengan aset hanya $491,9 miliar.

DBS telah menunjukkan kemampuannya dengan sangat jelas, sehingga berhasil mendapatkan kedua gelar dan mendapatkan pengakuan dunia. Hal ini dikarenakan DBS mampu bertahan di masa krisis (terutama saat terkena dampak pandemi Covid-19) dan terus berinovasi agar tetap lebih baik lagi. Selama pandemi Covid-19, bank terbaik dunia menyetujui lebih dari 12.000 pinjaman senilai 66 triliun rupiah (S$6,2 miliar) kepada nasabahnya tanpa agunan atau jaminan.

2. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC)

Bank terbesar dan terkaya di dunia adalah Industrial and Commercial Bank of China (ICBC), yang berkantor pusat di Beijing, China dan saat ini memiliki lebih dari 450 ribu karyawan. Berdasarkan data terbaru tahun 2020, ICBC kini memiliki aset sebesar $4,913 miliar dan kapitalisasi pasar sebesar $231 miliar. Pemerintah memiliki 70% sahamnya, dan juga mengendalikan aktivitas keuangan minimal di negara ini di bawah tirai bambu.

Secara historis, ICBC telah ada sejak tahun 1984, dan pada saat berdirinya, itu adalah peristiwa sejarah yang signifikan bagi perekonomian China dan reformasi besar sistem perbankan. Jika kita lihat prosesnya sampai sekarang, perkembangan ICBC sangat pesat, berperan penting di seluruh sektor perekonomian nasional, sehingga modal dan keuntungannya berkembang pesat.

3. HSBC Holdings PLC ADR

HSBC Holdings plc ADR adalah bank terbesar di dunia yang berkantor pusat di London, Inggris, namun sebelumnya didirikan pada tahun 1865 di Hong Kong. Keuntungan karena HSBC Holdings didirikan di Inggris. Dari Hong Kong dan China untuk mengatur transaksi bisnis di berbagai negara Eropa. Seiring dengan perdagangan, raksasa keuangan terbesar dunia itu merambah ke berbagai sektor ekonomi.

HSBC adalah singkatan dari nama tempat yang awalnya didirikan pada Maret 1865, termasuk Hong Kong dan Shanghai Banking Corporation Limited. HSBC Holdings didirikan oleh Scott Thomas Sutherland, yang bekerja untuk Peninsular and Oriental Steam Navigation Company. Di Hong Kong, Thomas Sutherland menyadari bahwa pantai Cina membutuhkan layanan perbankan lokal.

HSBC Holdings PLC ADR telah melalui beberapa peristiwa bersejarah sejak kantor pusatnya di London pada tahun 1992. Pengalaman ini membuatnya bertahan dari banyak rintangan hingga abad ke-21. Aset yang dimiliki HSBC Holdings tidak main-main dan bernilai USD 2,95 triliun.

4. Bank of America (BoA)

Bank of America (BoA) adalah bank terbaik di dunia terbesar kelima di dunia dengan total aset $91,2 miliar dan kapitalisasi pasar $387 miliar, berkantor pusat di Charlotte City, North Carolina, AS. Amerika Serikat.. Didirikan pada tahun 1928 di Los Angeles, dan pada 2019 telah melayani 66 juta pelanggan di seluruh dunia, dengan lebih dari 16 ribu ATM dan lebih dari 4 ribu distributor keuangan dan lebih dari 40 juta pengguna aktif. Dunia

BoA dinobatkan sebagai bank investasi terbesar ketiga di dunia pada tahun 2018. Pada tahun yang sama, BoA juga mengelola aset senilai $1,081 triliun, menjadikannya sebagai pengelola kekayaan terbesar di dunia setelah UBS. Pada tahun 2018, bank ini menempati peringkat ke-24 dalam Fortune 500, salah satu perusahaan AS terbesar di dunia berdasarkan total aset.

5. Bank Central Asia (BCA)

Rupanya salah satu bank swasta di Indonesia, sebut saja Bank Central Asia atau BCA. BCA didirikan oleh Sodono Salim atau yang lebih dikenal dengan Lim Siow Leong, dimana pada tahun 1955 dibentuk dari perusahaan perdagangan dan industri Semarang Knitting Factory NV yang merupakan pabrik rajut.

Kemudian NV Semarang Knitting Factory Trade and Industry Company berubah nama menjadi NV Bank Central Asia setelah dua tahun beroperasi. Sodono Salim akhirnya memutuskan untuk berganti nama setelah memindahkan kantor pusatnya dari Semarang ke Asemka pada tanggal 2 September 1975, secara permanen menjadi PT Bank Central Asia seperti yang kita kenal sekarang.

Seiring berjalannya waktu, BCA tumbuh dan berinovasi untuk terus memenuhi kebutuhan nasabahnya dengan lebih baik, sehingga tidak heran jika BCA menjadi bank terbaik di dunia versi Forbes. BCA merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan aset sebesar Rp1.288,3 triliun per akhir Desember 2021. Aset tersebut tumbuh 14,2 persen year-on-year (yoy).

6. Bank Mandiri

Mandiri adalah bank Indonesia milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, menurut edisi Forbes, Bank Mandiri berhasil meraih predikat bank terbesar di dunia dan tempat bekerja terbaik dari segi aset, layanan, dan fasilitas. Didirikan di Indonesia pada tanggal 2 Oktober 1998 ketika pemerintah menghadapi tantangan berupa krisis ekonomi sejak tahun 1997.

Mandiri merupakan hasil merger dari empat bank Indonesia antara lain Bank Bumi Daya, Bank Dagong Negara, Bank Ekspor-Impor (EXIM). Dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 1999. Setelah peristiwa sejarah yang panjang, candi telah mampu mempekerjakan lebih dari 40 ribu karyawan, memiliki lebih dari 450 cabang dan 7 cabang asing.

Mandiri memiliki aset Rp 1,726 triliun, naik 66,8 persen year-on-year. Kini dengan perkembangan teknologi, Mandiri selalu berusaha untuk berkembang dan berinovasi untuk kepentingan nasabahnya dan terus memberikan pelayanan yang profesional dan baik.

7. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI merupakan bank terbaik di dunia berdasarkan edisi Forbes dan berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yaitu Bank Rakyat Indonesia atau biasa dikenal dengan BRI. Raden Be Aria Wirjatmadjan didirikan di Pervokerto, Jawa Tengah dengan nama asli De Porvokertosche Halp en Sparbank der Inlandsche Hoofden dengan tujuan melayani warga negara Indonesia. Itulah mengapa 16 Desember 1985 dikenal sebagai hari lahir BRI. 

Setelah beberapa peristiwa bersejarah, BRI kini memiliki aset sebesar Rp 1,68 kuadriliun pada tahun 2021, menjadikannya bank terbesar di Indonesia. BRI terus melakukan inovasi melalui berbagai produk perbankan sekaligus berupaya meningkatkan pelayanan yang profesional dan lebih baik kepada nasabahnya.

8. JPMorgan Chase

Bank terbesar kedua di dunia JPMorgan Chase adalah lembaga keuangan terbesar di Amerika Serikat dengan total aset 3,24 triliun USD. Berkantor pusat di Manhattan, New York, JPMorgan Chase juga dikenal sebagai perusahaan investasi global.

JPMorgan Chase didirikan pada tahun 2000, dan sebenarnya lembaga keuangan ini merupakan penggabungan dari beberapa bank yang dipimpin oleh CEO-nya Jamie Dimon. JPMorgan Chase saat ini memiliki total aset sebesar $3,246 miliar dan kapitalisasi pasar sebesar $423 miliar, menjadikannya salah satu bank terkaya di dunia dan salah satu yang terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

9. Bank of China Ltd.

Bank of China Ltd. Termasuk lembaga keuangan tertua dan terpercaya di China, didirikan pada tahun 1912 dan masih memimpin sektor perbankan nasional. Bank of China memiliki total neraca sebesar $3,627 miliar dan kapitalisasi pasar sebesar $108 miliar. Tidak hanya melayani pelanggan lokal atau nasional, tetapi juga pelanggan dari luar negeri seperti New York, Lisbon, Paris, Karachi dan Montreal, tidak heran jika mereka sudah memiliki cabang di 20 negara.

Sebagai bank terbesar di dunia, Bank of China secara konsisten masuk dalam daftar Fortune 500 dan juga aktif dalam kegiatan keuangan dan partisipasinya dalam perdagangan internasional. Di Makau dan Hong Kong lembaga keuangan ini adalah pencetak mata uang lokal. Di Indonesia sendiri, cabangnya dibuka di Jakarta pada tanggal 15 April 2003.

10. Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG)

Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) merupakan salah satu bank terbaik dan terbesar di dunia dan merupakan penantang raksasa bank China, negara ASEAN kelima terbesar. Sejarah singkat MUFG ini merupakan penggabungan atau peleburan Bank of Tokyo Mitsubishi (1 April 1996) dan UFJ (1 Oktober 2001) di Chiyoda, yang kemudian resmi pada 2 Januari 2006.

Sebagai bank terbaik di dunia dan di Jepang, MUFG memiliki aset sebesar USD 3,294 triliun dan beroperasi di 40 negara termasuk Indonesia. Berkantor pusat di Osaka, Jepang.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai 10 bank terbaik di dunia pada tahun 2022. Semoga informasi seputar perbankan ini bermanfaat bagi sobat Uspace semua. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *