10 On The Top Bank Terbaik di Dunia 2022

Bank Terbaik di Dunia

Bank adalah salah satu lembaga keuangan terpenting di suatu negara dan merupakan salah satu bisnis yang paling menguntungkan. Apalagi dengan bank terbesar di dunia, sudah bisa di bayangkan berapa aset yang mencapai ratusan bahkan ribuan triliunan. Mereka memiliki peran penting dalam dunia keuangan global, terutama di China dan Amerika yang mendominasinya.

Menurut Forbes, beberapa bank terbaik di dunia beroperasi di Indonesia dan di miliki oleh Indonesia. 

Bacaan Lainnya

baik dari segi layanan maupun aset. Jadi mari kita cari tahu lebih banyak tentangnya dalam diskusi menarik ini.

Daftar bank terbaik di dunia yang harus Anda ketahui

1. DBS Bank

DBS Bank adalah bank yang berbasis di Singapura yang diakui sebagai salah satu bank terbaik di dunia menurut Euromoney, publikasi keuangan terkemuka di Inggris. menjadi bank digital terbaik , menjadikannya ijazah kedua yang bisa diperoleh dalam waktu tiga tahun.

Sejarah singkat DBS yang di dirikan di Singapura pada tahun 1968 dan juga di danai oleh pemerintah Singapura. DBS saat ini memiliki 100 cabang di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Ini menjadikannya yang terbesar di Asia, dan kekayaannya sendiri mencapai 491,9 miliar USD.

DBS menunjukkan kemampuannya dengan sangat jelas, sehingga tidak heran jika DBS mendapatkan kedua gelar tersebut dan di akui dunia. Hal ini di karenakan DBS dapat bertahan di saat krisis (terutama saat terkena dampak pandemi Covid-19) bahkan terus berinovasi untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Selama pandemi Covid-19, bank terbaik dunia menyetujui lebih dari 12.000 pinjaman tanpa jaminan kepada nasabah senilai 66 triliun rupiah (S$6,2 miliar).

2. Industrial ICBC 

Bank Terbaik di Dunia , selanjutnya yang berkantor pusat di Beijing, China dan saat ini mempekerjakan lebih dari 450 ribu karyawan. 2020 Menurut data terakhir, aset ICBC saat ini US$4,913 miliar dan kapitalisasi pasarnya US$231 miliar. Pemerintah memiliki 70% sahamnya dan bahkan menguasai setidaknya aktivitas keuangan di negeri tirai bambu itu.

Secara historis, ICBC telah ada sejak tahun 1984, dan pendiriannya merupakan peristiwa sejarah yang signifikan bagi perekonomian Tiongkok, serta reformasi penting sistem perbankan. Jika kita melihat prosesnya selama ini, perkembangan ICBC sangat pesat, bahkan berperan penting di seluruh sektor ekonomi nasional, sehingga modal dan keuntungannya terus tumbuh pesat.

3. HSBC Holdings PLC ADR

HSBC Holdings PLC ADR adalah bank terbesar di dunia, berkantor pusat di London, Inggris, namun sebelumnya didirikan di Hong Kong pada tahun 1865.di HSBC Holdings Inggris Raya adalah melakukan transaksi komersial untuk kepentingan Hong Kong dan Cina dan beberapa negara Eropa. Tak hanya perdagangan, raksasa keuangan terbesar dunia itu juga merambah ke berbagai sektor ekonomi.

HSBC adalah singkatan dari tempat di mana ia awalnya di dirikan pada Maret 1865, termasuk Hong Kong dan Shanghai Banking Corporation Limited. HSBC Holdings di dirikan oleh orang Skotlandia Thomas Sutherland, yang bekerja untuk Peninsular and Oriental Steam Navigation Company. Thomas Sutherland menyadari perlunya fasilitas perbankan lokal di Hong Kong di pesisir Cina.

HSBC Holdings PLC ADR melewati beberapa peristiwa sejarah hingga akhirnya memiliki kantor pusat di London pada tahun 1992. Pengalaman inilah yang memungkinkannya bertahan dari berbagai rintangan hingga abad ke-21. Aset yang dimiliki HSBC Holdings tidak main-main, sebesar 2,95 triliun USD.

4. Bank of America (BoA)

Bank of America (BoA) adalah bank terbesar kelima di dunia dengan total aset USD 91,2 miliar dan kapitalisasi pasar USD 387 miliar, berkantor pusat di Charlotte City, North Carolina, AS. Amerika Serikat. Di dirikan pada tahun 1928 di Los Angeles dan pada tahun 2019 telah layani 66 juta pelanggan di seluruh dunia, memiliki lebih dari 16 ribu ATM dan lebih dari 4 ribu dealer keuangan dan lebih dari 40 juta peng guna aktif di dunia.

Pada tahun 2018, BoA dinobatkan sebagai Bulge Bracket, yang berarti bank investasi terbesar ketiga di dunia. Kemudian, di tahun yang sama, BoA juga mengelola aset senilai USD 1,081 triliun,

menjadikannya sebagai pengelola aset terbesar di dunia setelah UBS. Pada tahun 2018, bank ini menduduki peringkat ke-24 dalam Fortune 500 sebagai salah satu perusahaan Amerika 

5. Bank Central Asia (BCA)

Bank Terbaik di Dunia

Bank Terbaik di Dunia Nampaknya salah satu bank swasta Indonesia juga terbesar di dunia, Bank Central Asia atau BCA. BCA di dirikan oleh Soedono Salim atau yang lebih di kenal dengan Liem Sioe Liong, di mana sebelumnya di dirikan pada tahun 1955 oleh Semarang Knitting Factory Kerskedelmi és Ipari Vállalat NV yang merupakan pabrik rajut.

Kemudian NV Semarang Knitting Factory Trade and Industry Company berganti nama menjadi NV Bank Central Asia setelah dua tahun beroperasi. Soedono Salim akhirnya memutuskan untuk mengganti nama setelah memindahkan kantor pusatnya dari Semarang ke Asemka pada tanggal 2 September 1975.

akhirnya menjadi PT Bank Central Asia seperti yang kita kenal sekarang. Seiring berjalannya waktu, BCA terus berkembang dan berinovasi untuk terus berusaha melayani kebutuhan nasabahnya dengan lebih baik,

sehingga tidak heran jika BCA menjadi bank terbaik di dunia versi Forbes.

BCA merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, dengan aset senilai Rp1.288,3 triliun pada akhir Desember 2021. Aset tersebut tumbuh 14,2 persen year-on-year (y/y).

6. Bank

Mandiri adalah bank Indonesia yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun menurut versi Forbes, Bank Mandiri meraih predikat bank terbesar di dunia dan terbaik dari segi fasilitas, pelayanan dan kenyamanan tempat kerja. Berdiri di Indonesia sejak 2 Oktober 1998, ketika pemerintah menghadapi tantangan berupa krisis ekonomi sejak 1997.

Mandiri merupakan penggabungan dari empat bank Indonesia, antara lain Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor-Impor ( Eksim).

Aset Mandiri senilai Rp 1,726 triliun, meningkat 66,8 persen di bandingkan tahun sebelumnya. Menyikapi perkembangan teknologi, Mandiri selalu berupaya meningkatkan dan berinovasi dalam kenyamanan nasabahnya, serta terus berupaya memberikan layanan yang profesional dan lebih baik.

7. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank terbaik di dunia versi Forbes dan berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yaitu Bank Rakyat Indonesia yang juga dikenal dengan BRI. Di dirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah, awalnya bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden, yang misinya melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia. Maka tanggal 16 Desember 1985 di peringati sebagai hari lahir BRI. 

Melalui berbagai peristiwa sejarah, BRI memiliki aset sebesar Rp 1,68 kuadriliun pada tahun 2021, menjadikannya bank terbesar di Indonesia. BRI juga terus berinovasi melalui berbagai produk perbankan, dengan tetap berupaya mengembangkan layanan yang profesional dan lebih baik bagi nasabahnya.

8. JP Morgan Chase

Bank terbesar berikutnya di dunia adalah JP Morgan Chase yang juga merupakan lembaga keuangan terbesar di Amerika Serikat dengan total aset USD 3,24 triliun. Berkantor pusat di Manhattan, New York, JP Morgan Chase juga di kenal sebagai perusahaan pengelola dana investasi global.

JP Morgan Chase di dirikan pada tahun 2000, dan sebenarnya lembaga keuangan ini merupakan gabungan dari beberapa bank yang di pimpin oleh CEO-nya, Jamie Dimon. Aset JP Morgan Chase saat ini berjumlah USD 3,246 miliar dan total kapitalisasi pasarnya adalah USD 423 miliar, menjadikannya salah satu bank terkaya di dunia dan kapitalisasi pasarnya termasuk yang tertinggi di dunia.

9. Bank of China Ltd

Nah ,Bank of China Ltd adalah lembaga keuangan tertua dan terpercaya di China, di dirikan pada tahun 1912 dan masih menjadi pemimpin di sektor perbankan nasional. Bank of China memiliki total aset USD 3,627 miliar dan kapitalisasi pasar USD 108 miliar. Melayani tidak hanya klien lokal atau nasional, tetapi klien asing seperti New York, Lisbon, Paris, Karachi dan Montreal, tidak mengherankan jika mereka sudah memiliki cabang di 20 negara.

Sebagai bank terbesar di dunia, Bank of China termasuk dalam Fortune 500 dan juga aktif dalam kegiatan keuangan dan perdagangan internasional. Tidak hanya di Makau dan Hong Kong, lembaga keuangan ini adalah pencetak uang lokal. Di Indonesia, cabang di buka di Jakarta pada tanggal 15 April 2003.

10. Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG)

Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) adalah salah satu bank terbesar di dunia dan penantang bank-bank raksasa China, juga di China. Negara-negara ASEAN termasuk yang terbesar kelima. Sejarah singkat MUFG adalah penggabungan atau peleburan Bank of Tokyo Mitsubishi Chiyoda (1 April 1996) dan Osaka UFJ (1 Oktober 2001), yang kemudian resmi beroperasi pada 2 Januari 2006.

Sebagai bank papan atas di dunia dan di Jepang, MUFG memiliki aset USD 3,294 triliun dan beroperasi di 40 negara, termasuk Indonesia. Berbasis di Osaka, Jepang.

Demikian beberapa Bank Terbaik di Dunia yang bisa saya sampaikan  untuk kalian , semoga bermanfaat untuk kalian ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *