Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah

Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah

Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah

a.. menggunakan teknik fermentasi
b. produksi barang dan jasa untuk tujuan komersial
c. menggunakan bioteknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen
d. memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat yaitu d. memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

Pembahasan Umum

Pernahkah Anda mendengar istilah bioteknologi? Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah menghasilkan barang dan jasa dalam skala besar secara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme.

Materi lengkap tentang bioteknologi industri bisa Anda dapatkan di buku IPA MT SMP Kelas 9. Tapi apa sebenarnya yang di maksud dengan bioteknologi industri?

Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah

Memahami Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah

Pengertian Bioteknologi Industri

Bioteknologi berasal dari kata bio yang berarti makhluk hidup dan teknologi. Oleh karena itu, bioteknologi adalah pemanfaatan makhluk hidup secara keseluruhan atau bagian-bagiannya untuk menghasilkan atau memodifikasi produk yang bermanfaat melalui prinsip atau teknologi tertentu.

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup berupa bakteri, jamur, virus, hewan, tumbuhan, enzim dan lain-lain untuk menghasilkan barang dan jasa.

Bioteknologi kini telah berkembang mencakup bidang ilmu lain seperti industri, biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika, kimia, farmasi dan lain-lain.

Kemajuan bioteknologi berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. Penerapan bioteknologi memiliki keunggulan dalam memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan teknik rekayasa genetika, seperti menambahkan gen dari organisme lain atau memodifikasi gen asli organisme tersebut.

Sedangkan Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah penerapan bioteknologi untuk mencapai tujuan kegiatan industri, antara lain manufaktur, bioenergi, dan biomaterial. Ini juga mencakup penggunaan sel dan komponen seluler seperti organel dan enzim untuk menghasilkan produk.

Manfaat Bioteknologi Industri

Kegunaan Prinsip Pada Bioteknologi Industri Adalah  mampu mempengaruhi berbagai industri kimia karena banyak produknya dapat di produksi secara efisien dengan bioteknologi. Selain itu, bioteknologi membuat banyak industri terkait secara signifikan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Manufaktur penisilin dapat menjadi contoh bagaimana bioteknologi tumpang tindih dengan industri lain seperti farmasi.

Bioteknologi industri erat kaitannya dengan perubahan iklim, terutama dalam kemampuannya menggunakan bahan biologis untuk menangkap karbon di udara selama proses produksi dan produksi bioenergi untuk bahan bakar industri. Bioenergi juga menghasilkan emisi seperti bahan bakar pada umumnya, tetapi tergolong ekologis karena selama proses produksi sejumlah karbon dioksida di serap dari udara.

Bioteknologi industri di nilai mampu mengurangi penggunaan lahan yang biasanya di gunakan untuk menanam pangan. Bioteknologi industri juga mampu menghasilkan makanan bernutrisi lengkap di laboratorium menggunakan alga. Selanjutnya, penerapan produk bioteknologi industri dapat di gunakan pada lahan pertanian, misalnya pupuk organik untuk di terapkan pada tanaman pertanian dalam rangka peningkatan produksi pangan.

Bioteknologi industri dapat mengurangi persaingan antara kebutuhan bahan bakar dan kebutuhan pangan karena mampu mengubah bahan non pangan (seperti selulosa dan lemak nabati non pangan (minyak jarak, minyak nyamplung)) menjadi bahan bakar. (DNR)