Cara Menghilangkan Lemak Di Perut
cdn-2.tstatic.net

Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Secara Alami

Lemak perut, juga dikenal sebagai lemak visceral, adalah jenis lemak berbahaya yang mengelilingi organ di perut. Berikut 15 Cara Menghilangkan Lemak Di Perut secara alami

Dengan meluncurkan WeBMD, lemak visceral dapat melepaskan hormon yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, masalah jantung, stroke, kanker, dan masalah kesehatan lainnya.

Cara Menghilangkan Lemak Di Perut
asset.kompas.com

Untuk alasan ini, lemak perut kadang-kadang di sebut sebagai “lemak aktif” karena peran aktifnya dalam memproduksi berbagai hormon. Jenis lemak perut ini kurang terlihat di bandingkan lemak subkutan, yang berada tepat di bawah kulit.

Namun, peningkatan lingkar pinggang yang nyata dapat mengindikasikan akumulasi atau peningkatan lemak visceral. Lemak visceral di kenal sangat responsif terhadap apa yang di makan seseorang.

15 Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Secara Alami

Itu membuat perubahan pola makan yang besar, dan melakukan jenis olahraga yang tepat dapat mengurangi tingkat jenis lemak ini.  Berikut ini beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan lemak perut:

1. Fokus pada makanan rendah kalori

Ringkasan Berita Medis Hari ini, salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan lemak tubuh adalah dengan makan lebih sedikit kalori daripada yang di bakar tubuh Anda.

Diet ini dapat menyebabkan hilangnya lemak di seluruh tubuh, termasuk perut. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Makan lebih sedikit kalori daripada yang di konsumsi tubuh Anda akan menciptakan defisit kalori. Ini dapat membantu membakar kelebihan lemak visceral dan subkutan.

Selain itu, makanan rendah kalori seringkali lebih bergizi daripada makanan berkalori tinggi.

Makan lebih sedikit makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi, seperti makanan olahan, makanan yang di panggang dan kentang goreng, adalah cara yang berguna untuk menciptakan defisit kalori dan meningkatkan kesehatan.

Cobalah mengganti makanan ini dengan pilihan bergizi rendah kalori, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Hindari minuman manis

Konsumsi gula berlebih tampaknya menjadi penyebab utama kenaikan berat badan, terutama di daerah perut.

Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan kadar lemak visceral dengan meningkatkan resistensi insulin dan memicu peradangan di seluruh tubuh.

Padahal, sangat mudah bagi kita untuk bisa mengonsumsi gula dalam kadar tinggi dalam minuman tanpa kita sadari.

Jadi ke depannya, coba cek kandungan gula pada minuman seperti soda dan teh manis atau kopi.

Terlalu banyak orang dapat mengurangi jumlah gula dalam minuman panas dan menghilangkan soda menghilangkan kelebihan gula dari makanan mereka.

Makan lebih sedikit karbohidrat olahan

Karbohidrat sederhana atau olahan, rendah nilai gizi tetapi tinggi kalori.

Karbohidrat ini di temukan dalam roti putih, biji-bijian olahan dan makanan dan minuman manis.

Penelitian juga mengaitkan karbohidrat olahan dengan perkembangan lemak perut.

Jadi cobalah mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks sebagai cara untuk menghilangkan lemak perut.

Karbohidrat kompleks di temukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

4. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran dapat menyediakan karbohidrat kompleks, yang merupakan alternatif rendah kalori yang sehat untuk karbohidrat sederhana.

Buah-buahan dan sayuran juga menambahkan serat ke dalam makanan. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, suatu kondisi yang terkait dengan akumulasi lemak visceral dan obesitas, dan membantu mengatur gula darah.

5. Pilih protein tanpa lemak

Sumber protein tanpa lemak termasuk kacang-kacangan, kacang-kacangan dan daging tanpa lemak.

Menambahkan makanan ini ke dalam diet harian Anda dapat membantu meningkatkan rasa kenyang setelah makan dan mengurangi keinginan untuk makanan manis.

Pada saat yang sama, konsumsi protein tanpa lemak dapat membantu mengurangi atau menghilangkan konsumsi daging berlemak, seperti daging sapi dan daging olahan.

Itu pasti lebih baik untuk kesehatan.

6. Pilih lemak sehat

Beberapa lemak di perlukan dalam diet sehat, tetapi tidak semua sumber lemak sama-sama bermanfaat.

Lemak jenuh dan lemak trans dapat merusak jantung, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Senyawa ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan terkait erat dengan perkembangan lemak visceral.

Di sisi lain, mengonsumsi lemak sehat justru dapat membantu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan dan memiliki sejumlah manfaat.

Makanan sehat yang tinggi lemak antara lain:

  • Alpukat
  • biji chia
  • telur
  • Ikan gemuk
  • Kacang dan selai kacang
  • Minyak zaitun

7. Kembangkan olahraga

Olahraga dapat menyebabkan penurunan berat badan di seluruh tubuh, termasuk di sekitar perut.

Rasanya tidak mungkin olahraga hanya bisa mengurangi lemak di area tertentu saja.

Ini berarti bahwa latihan yang di targetkan, seperti crunch dan crunch, tidak serta merta membakar lemak perut lebih baik daripada latihan lainnya. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Namun, latihan ini dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut sehingga terlihat lebih kencang.

8. Tingkatkan aktivitas secara keseluruhan

Peningkatan tingkat aktivitas di siang hari dapat membantu membakar kalori. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Bergerak lebih banyak juga dapat memperkuat otot dan meningkatkan mood.

Baca juga: Bagaimana Latihan yang Tepat untuk Meningkatkan Daya Tahan?

Tips meningkatkan level aktivitas harian yang baik untuk dicoba, yaitu:

  • Lakukan gerakan peregangan secara teratur saat duduk dalam waktu lama
  • Naik tangga, bukan lift
  • Berjalan kaki atau bersepeda daripada mengemudi atau naik transportasi umum
  • Parkir jauh dari tujuan
  • Menggunakan meja berdiri

9. Coba kardio

Latihan kardiovaskular atau kardio dapat membuat jantung memompa.

Latihan ini juga dapat membakar kalori, membantu mengurangi lemak tubuh dan memperkuat otot.

Beberapa latihan kardio yang bisa di lakukan antara lain:

  • Pergi
  • balapan
  • Penggunaan sepeda olahraga
  • Renang

10. Cobalah latihan interval intensitas tinggi

Latihan interval intensitas tinggi adalah latihan yang memadukan latihan intensif dengan periode aktivitas yang kurang intens untuk membakar kalori.

Misalnya, latihan interval intensitas tinggi mungkin melibatkan siklus berjalan selama 3 menit dan kemudian berlari selama 30 detik. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) dapat mengurangi lemak tubuh lebih efektif daripada bentuk latihan lainnya.

Karena pendek, latihan interval intensitas tinggi juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memudahkan rutinitas latihan Anda.

11. Cobalah latihan kekuatan

Latihan kekuatan dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena berfokus pada pembentukan massa otot, dan otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Latihan kekuatan juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. Ini karena otot yang lebih kuat lebih mampu menopang tubuh, mengurangi stres pada tulang dan persendian.

Seseorang dalam kesehatan yang baik dapat melakukan latihan kekuatan 2 hari seminggu.

12. Kurangi tingkat stres

Dengan meluncurkan Health Line, stres dapat menyebabkan perut seseorang bertambah berat dengan menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan penyimpanan lemak perut. Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres.

Peningkatan kortisol semakin menambah lemak di sekitar bagian tengah tubuh.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres.

Berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.

Itulah tips Cara Menghilangkan Lemak Di Perut secara alami yang bisa dilakukan di rumah