15 Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan
cdnt.orami.co.id

Khasiat sawi (choy sum) sebagian besar sudah dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tumbuhan dari marga Brassica juga dikenal sebagai sayuran bakso atau sayuran pasta. Karena sering menjadi pelengkap sajian mie ayam dan bakso. Lalu Apa saja Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan Yuk simak artikel berikut!

Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan
www.harapanrakyat.com

Selain itu, ada juga sawi putih yang biasa dibuat sup atau dibuat asinan. Serta sesendok mustard, dengan nama lain pakcoy atau bok choy. Berbagai jenis sawi menjadi salah satu sayuran yang populer di kalangan masyarakat Tionghoa.

Bacaan Lainnya

Cara mengobatinya sangat sederhana, daun hijau bisa direbus, direbus atau dikukus. Sering juga ditambahkan ke daging dan salad. Hal ini semakin diminati karena memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi.

Tak hanya itu, sawi juga mengandung kalsium, kalium dan serat makanan. Mustard adalah sumber nutrisi yang baik dan rendah kalori. Hingga disebut-sebut sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat.

Berikut beberapa Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan yang dikemas dengan nutrisi dan wajib dikonsumsi.

15 Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan

1. Sumber vitamin A

Laporan DrHealthBenefits mengandung vitamin A tingkat tinggi dan karotenoid hijau mustard. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa menelan karotenoid dapat mengurangi degenerasi makula di mata.

Artinya, vitamin A akan mempengaruhi kesehatan mata dan mencegah katarak, degenerasi makula dan glaukoma. Selain itu, vitamin A berperan dalam meningkatkan kesehatan saluran pernapasan, saluran kemih, dan usus. Untuk mendapatkan Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan yang luar biasa ini, Anda perlu memperhitungkan konsumsi harian Anda.

2. Mencegah Kanker

Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan sama dengan sayuran silangan lainnya, yaitu beberapa antikanker. Penelitian dari National Cancer Institute menunjukkan bahwa beberapa orang makan lebih banyak mustard. Ini mempunyai resiko lebih rendah terserang kanker paru- paru, prostat, serta usus besar.

Selain itu, mengandung folat, yang berperan dalam produksi dan perbaikan DNA. Mencegah terbentuknya sel kanker akibat mutasi DNA. Ini juga mengandung vitamin C, vitamin E dan beta-karoten.

Nutrisi lengkap ini adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, mustard juga mengandung mineral selenium.

Selenium membantu detoksifikasi beberapa karsinogen dalam tubuh. Selain mencegah peradangan dan mengurangi laju pertumbuhan tumor.

3. Sumber serat makanan

Salah satu Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan adalah sebagai sumber serat makanan. Walhasil, serat dalam choy sum hendak berguna buat melindungi kesehatan pencernaan. Serat membuat tinja bergerak. Itu membuat usus tetap sehat dan mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

Makanan berbasis serat juga memberi makan bakteri usus yang sehat, yang memengaruhi kesehatan, metabolisme, dan pencernaan secara keseluruhan. Serat juga dapat mencegah sembelit dan kembung. Selain itu, serat diketahui memiliki kemampuan untuk melindungi kesehatan jantung.

4. Menjaga kesehatan tulang

Dikutip dari Medical News Today, manfaat sawi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng dan vitamin K. Semuanya berkontribusi dalam membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Zat besi serta seng memainkan kedudukan berarti dalam penciptaan serta perkembangan kolagen. Fosfor serta kalsium keduanya berarti dalam struktur tulang.

Vit K menolong melindungi penyeimbang kalsium dalam tulang, yang berarti bisa menolong kurangi resiko patah tulang.

5. Menurunkan tekanan darah

Kalium, kalsium, dan magnesium semuanya ada dalam manfaat mustard. Mereka dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Menurut sebuah artikel di American Journal of Clinical Nutrition, orang harus meningkatkan asupan potasium mereka. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi 4.700 miligram kalium per hari dapat menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium yang berlebihan.

6. Mencegah anemia

Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Karena kandungan zat besinya akan membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Sebagai saran, Anda bisa menambahkan konsumsi makanan berbasis zat besi lainnya, seperti daging merah untuk mencegah anemia secara parah.

7. Menjaga kesehatan jantung

Mengandung asam folat, potasium, vitamin C dan vitamin B-6. Semua untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian dari National Health and Nutrition Examination (NHANES) menemukan risiko penyakit kardiovaskular yang jauh lebih tinggi di antara orang-orang yang mengonsumsi terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium.

Vitamin B-6 dan folat dalam sawi dipercaya mampu mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein. Karena ketika ada kelebihan homosistein dalam tubuh, maka dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

8. Meningkatkan kekebalan

Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan sangat penting dalam kondisi sekarang ini, yaitu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Terkait dengan adanya vitamin B6.

Pada titik ini, vitamin B6 dalam sawi akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mengatur kadar gula darah. Serta kandungan antioksidannya akan melindungi tubuh dari infeksi dan kerusakan akibat radikal bebas.

9. Sumber vitamin C.

Sayuran sawi diketahui mengandung vitamin C atau asam askorbat tingkat tinggi. Jika Anda mengonsumsi 100 gram, Anda mendapatkan 45 miligram vitamin C atau setara dengan 75% kebutuhan harian Anda.

Dalam hal ini, vitamin C akan mencegah infeksi tubuh dan peradangan di dalam tubuh. Hal ini juga dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Bagus untuk kulit

Seperti disebutkan di atas, sawi mengandung kolagen, sistem pendukung kulit, dan bergantung pada vitamin C. Vitamin C sebagai nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, polusi, dan rokok.

Vitamin C juga mampu meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kerutan. Ini juga meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

11. Meredakan peradangan

Mengutip National Institute of Health (NIH), kolin membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kandungan nutrisi sayur sawi ini membantu sel-sel tubuh untuk mempertahankan bentuknya. Manfaat lain yang didapat adalah membantu menyerap lemak dan mengurangi peradangan kronis.

12. Cocok untuk penderita diabetes tipe 2

Beberapa penelitian NIH menunjukkan bahwa mustard dan crucifers dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah. American Diabetes Association menggambarkan sayuran non-tepung, termasuk sawi, sebagai penekan nafsu makan yang aman.

13. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan mineral seperti potasium diketahui memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Ada juga kandungan lain dalam sawi putih, seperti vitamin C, folat dan vitamin B2, yang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Penting juga untuk diketahui bahwa risiko penyakit jantung dapat meningkat ketika Anda kekurangan asupan kalium.

Kemudian manfaat lain dari vitamin B dan folat adalah mencegah penumpukan homosistein (asam amino alami).

Homocysteine ​​​​dalam jumlah banyak dapat merusak pembuluh darah dan memicu masalah jantung.

14. Melindungi tubuh dari peradangan

Seperti buah-buahan berwarna dan sayuran hijau, sawi putih juga mengandung antioksidan.

Kandungan dalam sawi putih ini memiliki manfaat atau khasiat untuk membantu tubuh melawan peradangan (radang) serta kerusakan sel.

Apalagi jika Anda memilih sawi putih dengan warna daun yang agak gelap, karena merupakan sumber flavonoid yang baik untuk tubuh.

Ada juga senyawa kolin dalam sawi putih, yang memiliki sifat untuk memelihara sel, membantu menyerap lemak dan mengurangi peradangan kronis.

Itulah artikel tentang Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan Semoga bermanfaat dan Salam Sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *