15 Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil Simak Ulasannya!

Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil
static.republika.co.id

Apakah Anda sering mendengar atau mampukah Anda minum air kelapa muda saat hamil? Selain mitos ibu hamil seputar air kelapa, ternyata minuman ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kehamilan. Lantas apa saja Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil Simak ulasan berikut!

Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil
cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil untuk ibu hamil

Selain rasanya yang segar, air kelapa juga sering disebut sebagai minuman penambah stamina. Apakah itu benar?

Mengutip dari data komposisi makanan Indonesia, 100ml air kelapa muda mengandung:

  • Energi: 17 kal
  • Karbohidrat: 3,8 gram
  • Kalsium: 15 mg
  • Kalium: 149 mg
  • Fosfor: 8 mg
  • Vitamin C: 1 mg

Air kelapa juga mengandung elektrolit tingkat tinggi yang membantu menutupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Air kelapa juga dipercaya memiliki berbagai Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil di antaranya:

1. Mencegah dehidrasi

Sekitar 95 persen kandungan air kelapa adalah air murni, yang dapat mencegah dehidrasi dan mengurangi rasa lelah dan lemas.

Air kelapa muda berperan dalam menggantikan kadar elektrolit dalam tubuh yang hilang melalui keringat.

Keseimbangan elektrolit dalam air kelapa muda sesuai dengan tubuh. Namun, air tetap merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Mengurangi mual dan muntah

Selain mencegah dehidrasi, air kelapa muda juga memiliki Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil dalam mengurangi mual dan muntah (morning sickness) pada ibu hamil.

Dalam suatu riset yang diterbitkan dalam Indian Journal of Public Health Research and Development, air kelapa muda bisa menolong melindungi kandungan pH dalam badan.

Hasilnya, air kelapa dapat mengatur keasaman lambung, mengurangi mual dan meningkatkan metabolisme.

Air kelapa juga memiliki manfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat mual dan muntah pada ibu hamil.

Baca juga: Kenali Apa Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Simak Apa Saja!

3. Meningkatkan perkembangan janin

Selama kehamilan Anda membutuhkan vitamin dan mineral untuk mendukung perkembangan janin. Anda bisa mendapatkannya dalam air kelapa muda, yang kaya akan vitamin dan mineral.

Dalam jurnal yang diterbitkan dalam Advanced Biomedical Research, mineral dalam air kelapa muda memiliki Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil dalam mengurangi risiko berat badan lahir rendah (BBLR) dan preeklamsia.

Namun, bukan berarti ibu hamil hanya minum air kelapa untuk vitamin dan mineral. Anda juga harus makan makanan sehat lainnya yang diperlukan untuk kesehatan janin dan ibu.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Air kelapa muda dikatakan dapat mencegah infeksi saluran kemih. Dikatakan bahwa air kelapa muda dapat membantu membersihkan saluran kemih dan kandung kemih.

Selain itu, air kelapa muda dikatakan dapat meningkatkan fungsi ginjal dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan potasium pada air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: 25 Manfaat Lulur Kunyit Untuk Kecantikan dan Atasi Penuaan Dini

5. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin dan mineral air kelapa muda memungkinkan air kelapa muda untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Antioksidan dalam air kelapa memiliki manfaat dalam melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai penyakit.

Tingginya kadar asam laurat dalam air kelapa muda juga menghasilkan monolaurin (yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri) di dalam tubuh.

Kandungan asam laurat ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Selain air kelapa muda, asam laurat juga terdapat pada minyak kelapa.

6. Menurunkan tekanan darah

Jika ibu mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) saat hamil, air kelapa memiliki manfaat untuk menurunkannya. Namun, jika Anda memiliki tekanan darah rendah selama kehamilan, hindari minum air kelapa.

Penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menunjukkan bahwa minum air kelapa selama dua minggu menurunkan tekanan darah pada 71 responden.

Namun, minuman ini tidak bisa menjadi pengganti obat tekanan darah tinggi atau preeklamsia. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi Anda.

7. Rendah lemak dan kalori

Jika Anda melihat kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan, cobalah minum air kelapa muda secara teratur.

Air kelapa muda rendah kalori dan bebas lemak, sehingga memiliki manfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil.

Air kelapa muda menjadi pilihan tepat bagi ibu hamil yang ingin minum minuman segar dibandingkan teh, kopi dan soda kemasan.

Baca juga: Kenali Apa Manfaat Dari Keong Sawah Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya!

8. Meningkatkan energi

Air kelapa muda mengandung kalium, kalsium dan klorida, yang merupakan mineral terbaik untuk meningkatkan energi pada ibu hamil. Selain itu, air kelapa mengandung proporsi elektrolit alami yang tinggi. Ini juga mengandung berbagai nutrisi yang baik seperti serat, mangan, vitamin C dan riboflavin.

9. Mencegah penyakit kardiovaskular

Menurut penelitian, orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar potasium yang rendah dalam tubuhnya. Oleh karena itu, Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil yang secara alami mengandung potasium dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian terbaru juga mengklaim bahwa air kelapa muda dapat membantu meningkatkan HDL, atau kolesterol baik, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, air kelapa muda dapat membantu Anda mencegah penyakit kardiovaskular.

10. Mencegah dehidrasi

Elektrolit alami dalam tubuh sering terbuang saat mual terjadi saat hamil. Untuk itulah, air kelapa muda dapat menggantikan elektrolit tubuh dan mencegah dehidrasi. Moms bisa minum air kelapa muda dua kali sehari untuk menjaga sistem pencernaan dan menambah cairan tubuh. Masalah dehidrasi saat hamil bisa membahayakan janin lho Bun.

11. Mencegah gangguan pencernaan

Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil berikutnya adalah Gangguan pencernaan seperti sembelit adalah gejala yang cukup umum pada wanita hamil. Jika tidak segera diobati, tinja menumpuk di organ pencernaan dan menyebabkan penyakit. Air kelapa muda dapat berperan sebagai antibiotik alami yang dapat melawan bakteri pada organ pencernaan. Ini karena air kelapa muda dapat mengubah asam larut menjadi monolarium, yang merupakan antivirus yang melawan bakteri pencernaan.

12. Meningkatkan sirkulasi darah

Nyeri yang biasa dialami ibu hamil biasanya terjadi karena peredaran darah tidak bekerja maksimal. Aliran darah yang tidak teratur juga dapat menyebabkan kurangnya suplai oksigen ke janin. Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa muda dapat membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Ini akan membuat sirkulasi darah lebih lancar dan menghilangkan rasa sakit selama kehamilan.

13. Mencegah infeksi saluran kemih

Perubahan hormonal dan perkembangan rahim yang menekan kandung kemih dapat menyebabkan masalah infeksi. Karena ada air seni yang tidak sepenuhnya dikeluarkan, sehingga menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Air kelapa muda, yang merupakan diuretik alami, dapat membantu membersihkan saluran kemih dan kandung kemih. Urine juga bisa dikeluarkan tanpa masalah.

Baca juga: 21 Manfaat Jus Pare Mentah Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

14. Keluarkan cairan ketuban

Selama kehamilan, bayi menelan cairan ketuban dan mengeluarkannya dalam bentuk urin, kemudian menelannya kembali untuk menjaga volume cairan ketuban tetap stabil. Namun, jika Anda menelan cairan ketuban yang keruh, bayi Anda dapat mengalami sindrom aspirasi mekonium, yang dapat menyebabkan infeksi, masalah pernapasan, dan bahkan kematian. Hal ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi air kelapa. Tinggi elektrolit dan antioksidan, air kelapa muda menyerap lendir dan kotoran dari cairan ketuban, menjaganya tetap jernih

Itulah artikel tentang Manfaat Air Degan Untuk Ibu Hamil semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *