Kenali Apa Manfaat Dari Keong Sawah Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya!

Manfaat Dari Keong Sawah

Keong sawah atau Pila ampulaceal merupakan jenis keong air tawar yang mudah ditemukan di aliran sungai parit, persawahan, sungai dan danau. Biasanya siput dikenal dengan sebutan tutut. Keong mas biasanya dikonsumsi oleh sejumlah orang sebagai pengganti protein daging hewani. Bahkan sebagian orang menganggap keong atau tutu memiliki kelebihan. Lalu Apa Manfaat Dari Keong Sawah Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya!

Kenali Apa Manfaat Dari Keong Sawah Bagi Kesehatan

1. Kandungan nutrisi yang tinggi

Keong mas atau keong air mengandung sekitar 12% protein, 217 miligram kalsium, rendah kolesterol, 81 gram air dan sisanya mengandung energi, protein, kalsium, karbohidrat dan fosfor, semuanya terdiri dari 100 gram Keong . Pusat Sumber Daya tentang Positive Deviance.

2. Mengembangkan kinerja otak

Selama ini masyarakat mengenal minyak ikan sebagai sumber omega 3 dan omega 6 sebagai nutrisi otak. Tapi tahukah Anda apa lagi yang bisa dimakan selain minyak ikan?

Ternyata nasi atau Keong mengandung omega 6 yang berperan dalam perkembangan otak. Selanjutnya, kedua asam lemak ini juga baik untuk menjaga hormon, kulit, kuku, rambut, mencegah kerusakan sel dan meredakan gejala sesak napas.

3. Menurunkan kolesterol

Apa Manfaat Dari Keong Sawah salah satunya yaitu menurunkan kolesterol. Apakah Anda terganggu oleh terlalu banyak kolesterol? Salah satu bahan alami yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL adalah konsumsi keong mas atau keong air. Kandungan asam lemak omega 9 Keong membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan LDL, menjaga mood, menurunkan alzheimer dan meningkatkan energi.

4. Mengatasi diabetes

Jika keluarga Anda memiliki riwayat gula darah atau diabetes, sebaiknya mulai konsumsi keong mas pada waktu-waktu tertentu. Kandungan asam lemak omega 3, omega 6 dan omega 9 dapat meningkatkan kemampuan sensitivitas insulin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lemak tak jenuh mengurangi tingkat peradangan yang memicu diabetes.

5. Pengobatan wasir

Apa Manfaat Dari Keong Sawah untuk kesehatan sebagai obat ambeien sudah lama diketahui masyarakat daerah Indonesia. Konsumsi Keong sebagai camilan, sate, diaduk atau digoreng sebagai alternatif pengobatan alami wasir.

Baca juga: 21 Manfaat Jus Pare Mentah Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

6. Baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang

Dikutip dari Liputan6.com, menurut Asih Setriarini Ir Msc., Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), ‚ÄúSiput beras memiliki protein yang baik. Selama masa pertumbuhan seorang anak, apa yang mereka butuhkan adalah protein,”

Apa Manfaat Dari Keong Sawah selanjutnya tentunya berasal dari kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi. Dari 100 gram keong atau keong air, Anda mendapatkan sekitar 210 miligram jeruk nipis yang setara dengan segelas susu.

Berdasarkan hasil penelitian lain yang ditemukan di Cianjur, pemberian makan anak keluarga miskin dinilai baik karena ternyata anak kecil diberi makan Keong oleh orang tuanya.

7. Menjaga kesehatan rambut

Keong mas mengandung omega 3, sejenis asam esensial yang harus diberikan kepada tubuh karena tidak dapat memproduksi sendiri.

Omega 3 keong atau siput air ini akan menjadi agen anti inflamasi yang mampu mengatasi berbagai masalah rambut, seperti membantu pertumbuhan, menjaga folikel, meningkatkan elastisitas dan kekuatan, penebalan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

8. Mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit

Apa Manfaat Dari Keong Sawah selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah lendirnya. Lendir telah diolah oleh beberapa negara besar sebagai produk kosmetik dan perawatan kecantikan. Ternyata lendir Keong baik untuk mengatasi jerawat yang meradang, membantu mengurangi kerutan dan proses regenerasi kulit. Lendir memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi, sehingga baik untuk membersihkan area jerawat dari bakteri.

Baca juga: 15 Manfaat Sayuran Sawi Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui!

9. Sebagai antiseptik penyembuhan

Apa Manfaat Dari Keong Sawah berikutnya masih berkutat dengan ngiler. Secara tradisional masyarakat Indonesia menggunakan lendir Keong sebagai obat untuk mengobati luka berdarah dan lecet pada kulit.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya hanya dengan mengoleskan slime siput air ini pada kulit yang rusak menggunakan bola kapas. Sifat lendir Keong sebagai antiseptik alami yang dapat membantu Anda saat berada di alam.

10. Mencegah Kanker

Kanker akibat radikal bebas dan kerusakan sel pada organ tubuh tertentu. Tubuh yang sehat membutuhkan regenerasi sel yang normal, semakin cepat regenerasi semakin baik kesehatannya.

Adanya berbagai vitamin dan nutrisi yang lengkap baik membantu regenerasi dan menjaga kekebalan tubuh sebagai pencegah kanker.

11. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Apa Manfaat Dari Keong Sawah atau keong air untuk kesehatan yang lebih baik adalah kandungan vitamin A, C dan asam folat yang tinggi. Selain berbagai nutrisi lain itu baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

12. Bahaya konsumsi batok nasi secara berlebihan

Hampir semua makanan yang kita konsumsi selama ini tentunya memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Seperti padi atau keong air, dengan tempat bersarang yang dipenuhi air dan lumpur.

Kemungkinan besar menyebabkan cacingan karena merupakan tempat tumbuhnya telur dan cacing dengan mudah, salah satunya adalah cacing schistosome. Cacing ini akan menyebabkan penderita diare berkepanjangan dan mengalami peradangan. Rasa sakit selanjutnya bisa mual dan muntah karena terlalu banyak makan siput.

Baca juga: 25 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol dan Kesehatan Simak Penjelasannya!

13. Nutrisi tinggi.

Keong sawah mengandung protein 12%, kalsium 217 miligram, air 81 gram dan sisanya adalah kandungan energi dan fosfor setiap 100 gram keong sawah. Selain itu, makanan ini juga rendah kolesterol.

14. Mengembangkan kinerja otak.

Asupan omega 3 dan 6 sangat baik untuk otak, yang biasanya bisa didapat dari minyak ikan. Nah, selain minyak ikan ternyata kita juga bisa mendapatkan omega 6 dari keong mas lho. Kemudian, dengan mengkonsumsinya, otak akan ternutrisi.

15. Menurunkan kolesterol.

Keong mas juga mengandung omega 9. Kandungan ini baik untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, menurunkan alzheimer, menyehatkan gigi, dan yang terpenting dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

16. Mengatasi kencing manis.

Semua asam lemak omega yang dimiliki Keong dapat bekerja meningkatkan kemampuan sensitivitas insulin. Jadi penderita diabetes bisa makan makanan ini. Namun, Anda tetap perlu ke dokter untuk porsinya dan Anda bisa makan Keong kapan saja, ya.

Baca juga: 25 Manfaat Zat Gizi Pada Tempe Untuk Kesehatan Yang Harus Diketahui!

17. Pengobatan wasir.

Keong mas terkenal dengan khasiatnya dalam mengobati wasir. Dengan mengkonsumsi makanan ini, berarti telah menjadikannya sebagai pengobatan alternatif alami untuk menghilangkan wasir.

18. Baik untuk pertumbuhan tulang anak.

Laporan liputan6.com, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Asih Setriarini Ir Msc. mengatakan protein dalam keong sawah baik untuk tumbuh kembang anak. Kalsium juga tinggi dibandingkan dengan segelas susu.

19. Rambut sehat.

Omega 3 pada Keong dapat berperan sebagai agen anti inflamasi yang dapat mengatasi masalah rambut. Cara kerjanya adalah membantu pertumbuhan rambut, menutrisi folikel, meningkatkan elastisitas dan kekuatan, mengentalkan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

20. Mengatasi jerawat.

Apa Manfaat Dari Keong Sawah ternyata juga bisa mengatasi jerawat lohh, Lendir pada Keong baik untuk mengatasi jerawat yang meradang. Oleh karena itu, Anda sering menemukan bahan ini di beberapa produk perawatan kulit. Selain itu, slime Keong juga dapat mengurangi kerutan dan meregenerasi kulit.

Baca juga: 25 Manfaat Rebusan Air Daun Kelor Untuk Kesehatan, Simak Penjelasannya!

21. Mengatasi luka.

Nah, slime Keong selain bagus untuk mengatasi jerawat juga ampuh untuk mengobati luka. Lendir ini telah dianggap sebagai pengobatan tradisional untuk luka berdarah dan lecet kulit. Oleskan saja lendirnya pada luka dan rasakan manfaatnya.

22. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Keong mas mengandung vitamin A, C dan asam folat yang tinggi. Semua bahan tersebut sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Makan Keong dijamin bikin badan sehat.

Itulah artikel tentang Apa Manfaat Dari Keong Sawah bagi kesehatan yang harus Anda coba konsumsi. Namun, pastikan Anda menelan jumlah yang tepat dan mencucinya secara menyeluruh sebelum perawatan. Jadi itu juga menyeimbangkan asupan buah dan sayuran Anda. Semoga ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *