25 Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan Simak Apa Saja!

Manfaat Mengunyah Permen Karet
cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Mengunyah permen karet di waktu senggang adalah kegiatan yang menyenangkan. Permen karet dirancang untuk dikunyah, bukan ditelan. Permen ini terbuat dengan mengombinasikan pemanis serta perasa yang nyaman digunakan. Lalu apakah Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan? Simak Ulasan berikut!

Manfaat Mengunyah Permen Karet
cdn.gadis.co.id

Dalam sebuah penelitian, manfaat mengunyah permen karet bisa mengurangi stres. Tindakan mengunyah telah dikaitkan dengan penurunan kadar hormon stres kortisol.

Bacaan Lainnya

Selain gerakan mengunyah yang dapat memberikan manfaat, beberapa jenis permen karet seringkali mengandung bahan-bahan yang juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari permen karet, Anda bisa memilih permen karet bebas gula.

Permen karet bebas gula mengandung kurang dari 5 kalori dan permen karet bebas gula mengandung 10 kalori.

Jadi, selain menikmati sensasi mengunyah saat mengunyah, Anda juga bisa menikmati berbagai manfaat mengunyah permen karet.

15 Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan

Berikut Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan

1. Mencegah Asam Lambung Naik

Penelitian oleh Rebecca Moazzez dari Kings College London, Inggris menunjukkan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan makanan berlemak tinggi dapat mengurangi kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan.

Manfaat Mengunyah Permen Karet diduga dapat meningkatkan produksi asam salisilat, yang menyebabkan lebih sering menelan dan membantu menetralkan pH asam di perut. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa tidak semua permen karet memiliki manfaat ini.

Disarankan untuk mengunyah permen karet bikarbonat rendah gula. Bikarbonat bekerja di sini dengan menetralkan asam yang naik ke kerongkongan. Di sisi lain, menurut Healthline, penderita GERD harus menghindari permen karet peppermint.

Hal ini karena rasa dapat membuka sfingter esofagus bagian bawah atau siklus otot sehingga menyebabkan keasaman lambung meningkat.

2. Mengurangi stres dan pertajam ingatan Anda

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengunyah permen karet, tingkat stres seseorang bisa berkurang. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa dan dikatakan terjadi penurunan hormon stres kortisol.

Riset pula menampilkan kalau mengunyah permen karet bisa tingkatkan guna otak. Hal ini karena saat Anda mengunyah, aliran darah ke otak menjadi lebih cair guna memaksimalkan kinerjanya.

Otak akan lebih mudah mengingat saat Anda mengunyah permen karet, jadi disarankan agar Anda makan sambil belajar atau ingin menghafal sesuatu.

3. Menyegarkan bau mulut

Manfaat mengunyah permen karet selanjutnya adalah dapat meredakan bau mulut. Untuk menuai manfaat ini, pastikan untuk tidak menelan permen karet yang rasanya terlalu manis. Kelebihannya akan berdampak negatif pada gigi karena gula yang terkandung di dalamnya menjadi makanan bagi bakteri di dalam mulut.

Untuk itu perlu mengkonsumsi permen karet yang mengandung xylitol. Permen mencegah munculnya bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut. Mengunyah permen karet yang tertelan setelah makan dapat meningkatkan produksi air liur.

Peningkatan ini mempengaruhi proses cuci mulut dengan air liur. Gula dan sisa makanan yang menjadi makanan bagi bakteri akan dihilangkan jika terdapat banyak air liur di dalam mulut.

4. Membuat gigi dan gusi lebih sehat

Menurut American Dental Association, mengunyah permen karet efektif melawan plak dan memperkuat email gigi. Mengunyah permen karet mengaktifkan produksi air liur, yang dapat membersihkan gula, asam, dan partikel makanan lainnya di dalam mulut.

Dengan sering mengunyah permen karet, gigi Anda menjadi lebih sehat dan risiko kerusakan gigi berkurang.

5. Kendalikan nafsu makan Anda

Bagi riset, nafsu makan dapat dikendalikan dengan mengunyah permen karet. Puaskan keinginan Anda akan makanan manis dengan mengunyah permen karet rasa stroberi alih-alih mengunyah sepotong kue stroberi dengan kalori puluhan kali lebih banyak.

Terkadang otak Anda akan merasa sedikit puas.

6. Membakar kalori

Manfaat Mengunyah Permen Karet yang lain dari mengunyah permen karet adalah penurunan berat badan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, mengunyah permen karet dapat membakar 1.000 kalori per jam.

Kalori ini mungkin dapat diabaikan dibandingkan dengan olahraga, tetapi masih jauh lebih baik daripada duduk dan tidak melakukan apa-apa.

7. Tingkatkan kewaspadaan

Manfaat mengunyah permen karet bisa lebih meningkatkan kewaspadaan. Saat merasa mengantuk di tengah aktivitas, Anda bisa mengunyah permen karet agar tubuh tetap sejuk.

Mengunyah permen karet juga bisa membuat Anda merasa lebih baik. Menurut dokter, gerakan rahang saat mengunyah permen karet merangsang saraf dan meningkatkan aliran darah. Dikombinasikan dengan rasa mint efektif yang langsung membantu meningkatkan mood.

8. Membantu berhenti merokok

Merokok memang sulit dihentikan. Namun, mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membantu Anda melakukannya.

Mengunyah permen karet membuat mulut Anda sibuk, sehingga mengurangi keinginan untuk merokok.

9. Membantu memulai BAB

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengunyah permen karet dapat memberikan efek pada usus. Studi menyimpulkan bahwa mengunyah permen karet dapat merangsang pergerakan usus dengan meningkatkan produksi jus lambung.

Untuk itulah, mengunyah permen karet ternyata memiliki manfaat untuk melancarkan buang air besar, salah satunya adalah sembelit.

10. Meningkatkan memori

Studi telah menemukan bahwa mengunyah permen karet saat bekerja dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, kewaspadaan, memori, pemahaman dan pengambilan keputusan.

Orang yang mengunyah permen karet saat ujian menunjukkan hasil 24 persen lebih baik pada pengujian memori jangka pendek dan 36 persen pada pengujian memori jangka panjang.

Tetapi bagaimana mengunyah permen karet meningkatkan daya ingat belum sepenuhnya dipahami. Satu teori mengatakan bahwa ini terkait dengan peningkatan aliran darah ke otak karena mengunyah permen karet.

Sementara itu, penelitian lain menyebutkan mengunyah permen karet bisa mengurangi stres dan meningkatkan kewaspadaan.

11. Kurangi stres

Pada mahasiswa, mengunyah permen karet terbukti dapat menurunkan tingkat stres selama dua minggu, terutama yang berkaitan dengan beban kerja akademik.

Temuan ini mungkin terkait dengan aktivitas mengunyah, yang telah terbukti mengurangi hormon stres seperti kortisol.

12. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengunyah permen karet saat mengerjakan suatu tugas pada awalnya merupakan gangguan. Namun dalam jangka panjang, aktivitas ini justru bisa meningkatkan fokus.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, AS, mengunyah permen karet memberikan keuntungan kinerja. Peningkatan performa ini ternyata bertahan selama 15-20 menit pertama.

13. Menurunkan berat badan dan nafsu makan

Mengunyah permen karet bisa membantu Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Karena mengunyah permen karet rendah kalori. Sehingga tidak akan mengganggu pola makan Anda sehingga Anda tidak perlu merasa “berdosa”.

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa mengunyah permen karet setelah makan siang mengurangi rasa lapar dan kebiasaan ngemil di kemudian hari hingga 10 persen.

Mengunyah permen karet juga dikenal dapat meningkatkan metabolisme. Para relawan membakar 19 persen lebih banyak kalori daripada kelompok yang tidak mengunyah permen karet.

Namun, penelitian ini perlu diteliti lebih lanjut. Perlu dikaji ulang apakah bisa membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang

Itulah artikel tentang 25 Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan, Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *