20 Manfaat Daun Sirih Keraton Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Keraton
asset-a.grid.id

Selamat datang di Uspace.id – Taukah kamu Manfaat Daun Sirih Keraton banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Tanaman sirih sendiri banyak dibudidayakan di Indonesia. Dengan berbagai manfaat, daun ini mengandung protein, yodium, natrium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenol dan minyak atsiri.

Ada dua jenis daun sirih yang banyak dijumpai yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Keduanya memiliki beragam manfaat kesehatan.

Bacaan Lainnya

20 Manfaat Daun Sirih Keraton

Ada beberapa Manfaat Daun Sirih Keraton untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Apa keuntungannya?

1. Menyembuhkan luka

Bit mengandung saponin yang memiliki efek antiseptik. Senyawa ini berperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, buah bit juga mengandung tanin yang membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat menutup.

2. Mencegah infeksi bakteri

Manfaat Daun Sirih Keraton selanjutnya adalah mencegah infeksi bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid dalam buah bit dapat mencegah risiko infeksi. Daunnya juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

Baca juga: Kenali Apa Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Simak Apa Saja!

3. Obat rematik

Asam urat atau rheumatoid arthritis merupakan penyakit sendi yang sering dialami oleh sebagian orang. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Mereka yang menderita radang sendi umumnya bergantung pada minum obat kimia untuk menghilangkan rasa sakit. Penggunaan obat kimia secara terus menerus tentu tidak baik dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan di kemudian hari.

Menyadari hal ini, banyak penderita arthritis mulai beralih ke pengobatan herbal. Salah satunya menggunakan bit. Flavonoid dan fenol dalam buah bit memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada penderita arthritis.

4. Melawan radikal bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya karena dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Beberapa flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid yang ditemukan dalam bit sangat baik dalam menangkal radikal bebas karena merupakan antioksidan. Penyakit seperti jantung, kanker dan alzheimer juga bisa dicegah.

5. Obat diabetes

Diabetes juga bisa diobati dengan obat tradisional seperti buah bit. Kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin dalam buah bit dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Bahkan, penelitian menyebutkan daun sirih dapat menurunkan gula darah sebesar 10% hingga 38%.

Berdasarkan informasi di situs hellosehat.com, daun sirih yang kaya antioksidan ini juga dapat menurunkan kadar gula darah. Antioksidan yang dikandungnya dapat mengurangi stres yang memicu ketidakseimbangan hormon insulin. Jika hormon insulin seimbang, maka kadar gula dalam darah juga bisa lebih stabil dan diabetes bisa dicegah. Namun, Anda tetap perlu menyeimbangkannya dengan pola hidup sehat, seperti: B. diet teratur dan olahraga.

6. Mencegah plak gigi

Kandungan minyak atsirinya dapat mencegah pertumbuhan Streptococcus mutans, Lctobacillus caesal dan bakteri kental actinomycete penyebab plak gigi. Bahan ini juga terdapat pada buah bit, sehingga dengan mengkonsumsi daun ini anda dapat terhindar dari resiko berkembangnya plak pada mulut anda.

Baca juga: 13 Manfaat Daun Meniran dan Cara Mengolahnya Tanaman Liar Kaya Khasiat

7. Menjaga kesehatan jantung

Sehatq.com menjelaskan bahwa Manfaat Daun Sirih Keraton juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga irama jantung tetap teratur. Dengan cara ini, kesehatan jantung bisa diselamatkan dari risiko gangguan kesehatan.

8. Mengobati diare

Manfaat Daun Sirih Keraton selanjutnya yang diperkenalkan oleh website Healthq.com adalah dalam mengobati diare. Tanaman herba ini terbukti memiliki kemampuan membunuh mikroba, terutama bakteri E.coli penyebab diare. Hal ini karena sirih mengandung sterol yang bekerja melawan mikroba jahat di dalam tubuh.

9. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Berdasarkan penjelasan drg. Callista Argentina dari KlikDokter.com, daun sirih mengandung antioksidan alami dan memiliki sifat antibakteri. Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam daun sirih baik untuk kesehatan mulut.

Sifat antibakteri dari buah pinang memungkinkan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri dan mengurangi produksi asam. Daun herbal ini juga dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit kesehatan mulut lainnya, termasuk sakit tenggorokan, karena mengandung vitamin B, vitamin C, dan alkaloid yang memiliki efek antiinflamasi.

Baca juga: 25 Manfaat Rebusan Air Daun Kelor Untuk Kesehatan, Simak Penjelasannya!

Manfaat Daun Sirih Keraton untuk Wanita

Sampai saat ini sirih selalu dikaitkan dengan kesehatan wanita. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO (2016), masalah kesehatan reproduksi wanita menyumbang 33% dari semua penyakit yang menyerang wanita. Angka ini jelas sangat tinggi. Untuk menjaga kesehatan wanita, manfaat daun sirih memainkan beberapa peran penting. Honestdocs.id menyebutkan manfaat daun sirih untuk wanita sebagai berikut:

1. Menghilangkan bau tidak sedap di area intim

Antioksidan, eugenol, dan chavicol dalam sirih digunakan untuk membunuh mikroba inflamasi yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Cara menggunakannya, Anda bisa merebus daun sirih lalu meminum air rebusannya.

2. Kurangi keputihan

Masalah kesehatan wanita lainnya yang sering dirasakan oleh wanita adalah keputihan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kesehatan ini. Masalah ini bisa diatasi dengan mencampurkan air rebusan daun sirih dan bahan alami lainnya seperti kunyit atau bumbu lain yang direkomendasikan.

3. Mengurangi nyeri haid

Wanita yang mengalami nyeri saat menstruasi merupakan hal yang wajar, namun bila nyeri tersebut sudah mengganggu aktivitas, maka harus dilakukan langkah-langkah untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Menggunakan daun sirih dengan tambahan kunyit dapat meredakan nyeri saat haid. Selain kunyit, penambahan Mahkota Dewa dan Rempah Dewa beserta rebusan sirih juga dapat digunakan sebagai pereda nyeri haid.

4. Menghilangkan rasa gatal di area intim

Gatal juga bisa dirasakan di area intim wanita. Rasa gatal ini bisa diredakan dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan area intim atau dengan meminumnya langsung.

Dr Dyah Novita menjelaskan di website Klikdokter.com bahwa penggunaan daun sirih tidak boleh dioleskan terus menerus, padahal daun sirih mengandung sifat antiseptik. Hal ini karena sirih dapat menyebabkan perubahan pH pada sistem reproduksi wanita. Jadi penggunaan daun sirih harus dilakukan dengan benar. Jika gangguan kesehatan tidak kunjung hilang, lebih baik segera konsultasikan ke dokter.

Baca juga: 15 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Simak Apa Saja!

Manfaat Daun Sirih Keraton untuk Wajah

Bahan aktif di dalamnya juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan wajah. Beberapa masalah kulit wajah dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami ini. Dilansir Sehatq.com, ada berapa banyak manfaat daun sirih untuk wajah. Berikut penjelasannya.

1. mengatasi masalah jerawat

Jerawat merupakan masalah yang sering dikeluhkan. Penyebab jerawat tentu sangat beragam, mulai dari produksi minyak yang berlebihan hingga infeksi bakteri. Cara mengatasi jerawat membandel bisa menggunakan daun sirih yang dimasak karena mengandung tanin, flavonoid dan saponin yang bersifat antibakteri.

2. Mengobati cedera wajah ringan

Goresan paling banyak terjadi di area wajah, yang penyebabnya tentu sangat berbeda dan berkisar dari goresan yang tidak disengaja atau penyebab lainnya. Goresan yang tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi karena bakteri dapat dengan mudah menembus lapisan kulit melalui luka. Untuk menyembuhkan lukanya, Anda bisa menggunakan sirih hijau. Hal ini karena sirih mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteri.

3. mengobati alergi

Gatal-gatal alergi juga bisa dirasakan di area wajah. Tentunya kondisi ini sangat menyesakkan bagi siapa saja yang merasakannya. Untuk mengatasi alergi ini, Anda bisa menggunakan campuran daun sirih dengan kunyit lalu dijadikan masker. Bahan aktif sirih dan kunyit juga dikatakan dapat meredakan alergi gatal pada wajah.

Manfaat Daun Sirih Keraton Untuk Lambung

Manfaat Daun Sirih Keraton selanjutnya adalah mengatasi masalah perut. Dikutip dari hellosehat.com, daun sirih dapat meningkatkan produksi lendir sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Lendir juga dapat mencegah kerusakan pada usus dan lambung.

Selain itu, sirih juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala GERD dan berperan dalam menetralkan kadar pH yang tinggi di lambung. Dengan demikian, konsumsi sirih dapat meredakan gejala sakit maag, mengatasi asam lambung yang naik dan meredakan kembung pada lambung.

Daun herba ini juga dapat meredakan gejala penyakit asam lambung dan membantu mengatasi masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Baca juga: Penampang Melintang Daun

Manfaat Daun Sirih Keraton untuk Mata

Daun sirih sering digunakan untuk mengobati sakit mata. Tapi apakah itu benar? Berikut beberapa Manfaat Daun Sirih Keraton untuk mata yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi peradangan pada konjungtiva mata

Berdasarkan penelitian dari American Journal of Clinical and Experimental Immunology, daun sirih dapat digunakan pada penderita konjungtivitis atau konjungtivitis mata. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa sifat antibakteri sirih dapat membunuh bakteri penyebab penyakit.

2. Membersihkan mata

Berdasarkan informasi dari jurnal Fitofarmaka tahun 2015, daun sirih banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, termasuk untuk membersihkan mata. Menggunakan rebusan atau ekstrak daun sirih juga dinilai lebih aman karena mengandung senyawa alami. Senyawa alami yang terdapat dalam daun sirih, seperti minyak atsiri, terdiri dari fenol, kardin, kariofil, terpem, terpin, eter logam, mentin, dan seskuiterpen.

3. Mengatasi mata gatal dan merah

Dikutip dari litbang.pertanian.go.id, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati mata gatal dan merah. Caranya adalah dengan merebus enam lembar daun sirih lalu dinginkan agar bisa langsung digunakan untuk mencuci mata. Jika mata merah dan gatal tidak kunjung hilang, segera temui dokter mata.

Itulah beberapa Manfaat Daun Sirih Keraton untuk kesehatan. Meski banyak manfaatnya, namun tetap harus pintar menggunakan bahan-bahan alami. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, dan jika gejala penyakit tidak kunjung hilang, segera temui dokter untuk evaluasi lebih lanjut.